membuat spektrum di Wondershare Filmora

Cara Membuat Spektrum di Wondershare Filmora

Posted on 230 views

Beberapa hari yang lalu ada salah satu netizen yang bertanya bagaimana cara membuat spektrum di Wondershare Filmora. Pertanyaan tersebut diajukan melalui komentar video YouTube milik admin TERAA.NET yang membahas tentang tutorial Wondershare Filmora.

Untuk mencari jawaban atas pertanyaan tersebut silahkan simak pembahasan berikut ini karena akan dijelaskan secara detail membuat spektrum di Wondershare Filmora.

Spektrum adalah sebuah animasi bergerak yang mengikuti tinggi rendahnya suara. Sebelum dunia digital hadir, spektrum ini sebenarnya telah ada di amplifier yang menggunakan susunan lampu LED. Semakin canggihnya dunia komputer sekarang spektrum juga bisa diaplikasikan pada pemutar video seperti Windows Media Player.

Wondershare Filmora sendiri mempunyai kemampuan terbatas dalam membuat spektrum sehingga harus menggunakan video spektrum yang telah ada. Aplikasi buatan Wondershare ini memang unggul dari segi kemudahan pengguna, untuk membuat animasi disarankan menggunakan Adobe After Effect atau aplikasi animasi lain.

Baca: Cara Menggunakan Audio Keyframe di Wondershare Filmora

Meskipun begitu tidak perlu berkecil hati karena Anda tetap bisa membuat spektrum menggunakan Wondershare Filmora dengan cara menggabungkan spektrum yang telah ada.

Sekarang ini banyak YouTuber yang menggunakan spektrum untuk video pengajian ceramah, meskipun thumbnailnya ada gambar kiyainya namun setelah diputar hanya berisi rekaman suara.

 

Membuat Spektrum di Wondershare Filmora

Berikut ini ada 2 cara membuat spektrum yang akan diaplikasikan pada Wondershare Filmora, cara yang pertama adalah dengan merekam tampilan spektrum. Silahkan buka Windows Media Player kemudian putar suara ceramahnya, setelah itu aktifkan Visualizations > Bars. Maka tampi spektrum seperti berikut ini.

Silahkan Anda rekam spektrum tersebut menggunakan aplikasi screen recorder atau dari aplikasi Wondershare Filmora Scrn juga bisa. Simpan hasil rekaman kemudian import ke dalam Wondershare Filmora, silahkan edit sesuai selera maka spektrum telah jadi.

Cara kedua dengan menggunakan video spektrum yang Anda, untuk itu download dulu file videonya lalu import ke Wondershare Filmora. Silahkan edit kemudian export maka spektrum telah jadi.

 

Kelebihan dan Kekurangan Membuat Spektrum

Di atas telah dijelaskan 2 cara membuat spektrum melalui Windows Media Player atau file spektrum. Keunggulan cara pertama adalah grafik yang tampil akan mengikuti tinggi rendahnya suara karena berasal dari suara itu sendiri sedangkan cara kedua tidak bisa mengikuti tinggi rendahnya suara namun grafiknya aktif naik turun.

Cara pertama memang sedikit ribet jika dibandingkan cara kedua namun hasilnya sangat efisien, selanjutrnya terserah Anda mau menggunakan cara yang mana.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.