Password BIOS

Cara Membuka Password BIOS Komputer, Pasti Berhasil

Posted on 56 views

Lama tidak menulis artikel tentang tutorial komputer akhirnya ada teman yang bertanya bagaimana cara membuka password BIOS pada laptop Sony Vaio. Sebelum menjawab bertanya dulu kepada teman apakah sebelumnya dipassword? beliau menjawab, ini laptop bekas baru beli dan ketika mau install Windows untuk memilih boot priority ternyata BIOSnya dipassword.

Ini merupakan kasus yang cukup rumit, pengguna tidak bisa melakukan apa-apa pada laptopnya kalau tidak tahu passwordnya. Mau mengganti settingan BIOS juga tidak bisa karena terkunci oleh password. Bila Anda mempunyai masalah yang sama seperti lupa password BIOS jangan panik dan buru-buru dibawa ketukang service karena akan dijelaskan cara membuka password tersebut.

Jujur jarang sekali menemui pengguna komputer/ laptop yang memberi password pada BIOSnya, kalaupun ada berarti mereka benar-benar paham tentang komputer. Tujuan dari diberikannya password BIOS adalah untuk melindungi komputer dari orang jahat.

Proteksi BIOS bisa dilakukan secara menyeluruh dimana ketika komputer dinyalakan langsung diminta memasukkan password atau sebagian pada sistem BIOS. Kalau sistemnya dipassword, untuk merubah settingan BIOS harus membukanya terlebih dahulu.

 

Mengatasi Lupa Password BIOS Komputer/ Laptop

Cara membuka password BIOS pada komputer/ laptop pada dasarnya sama yaitu dengan melepas baterai CMOS. Lepas baterai CMOS kemudian pasang kembali, InsyaAllah password BIOS akan hilang. Untuk laptop tentu sedikit lebih ribet karena harus melepas baut kecil-kecil yang jumlahnya banyak sekali ketika ingin melepas casingnya.

Melepas Baterai CMOS Laptop

Ukuran baterai CMOS pada laptop lebih kecil daripada CPU, biasa dibungkus plastik warna kuning. Terkadang dijumpai juga yang tanpa pembungkus dan langsung menempel pada motherboard.

Kenapa dengan melepas baterai CMOS, password BIOS bisa hilang? dalam keadaan mati sebenarnya motherboard dialiri daya melalui baterai CMOS untuk menghidupkan BIOS. Dengan melepas baterai CMOS maka semua pengaturan pada sistem BIOS akan hilang termasuk password.

Untuk itu setelah memasang kembali baterai CMOS dan berhasil masuk BIOS, jangan lupa mengatur waktu sesuai dengan hari ini karena kembali ke awal sesuai rilisnya motherboard.

Baca: Jam Komputer Sering Berubah-Ubah Periksa Bateri CMOS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.