Cara memperbaiki Google Authenticator error

Memperbaiki Google Authenticator Yang Error Pada Android

Posted on

Cara melindungi akun Google dari oknum yang tak bertanggung jawab adalah dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah. Di sini TERAA.NET juga menggunakan verifikasi keamanan untuk akun Google AdSense, YouTube, dan AdMob yang saling terintegrasi dalam 1 email. Opsi yang digunakan adalah verifikasi melalui nomor handphoe dan authenticator.

Verifikasi 2 langkah baru bekerja ketika Anda membuka salah satu layanan Google di perangkat yang belum pernah digunakan sebelumnya atau masih baru. Dengan mengaktifkan fitur kemanan ini maka bila sewaktu-waktu ada orang lain yang ingin mengakses akun Anda dari perangkat lain maka akun telindungi oleh Google.

Ketika mengaktifkan verifikasi 2 langkah melalui nomor handphone dan authenticator maka yang bekerja duluan adalah authenticator. Seandainya authenticatornya error atau tidak bisa login ke akun Google maka opsi kedua melalui nomor handphone.

Bicara tentang Google Authenticator, di sini admin mempunyai pengalaman menarik yaitu tidak bisa terhubung dengan authenticator yang ada pada Android. Masalah ini bermula ketika mereset Android ke settingan pabrik sehingga untuk bisa menggunakan authenticator harus disetting ulang dari awal.

Mungkin diantara pembaca ada yang mempunyai masalah sama seperti yang dijelaskan di atas, maka tepat sekali membaca artikel ini karena akan diberitahukan cara menghubungkan kembali Google Authenticator dengan Android. Untuk pengguna iPhone kurang lebih caranya adalah sama, selengkapnya simak penejelannya berikut ini.

Cara Menghubungkan Kembali Google Authenticator dengan Android

1. Download dan install Google Authenticator di smartphone Android
2. Buka browser kemudian masuk ke verifikasi 2 langkah Gogle Two Step Verification
3. Kemudian login ke akun Google Mail (GMAIL), bila sebelumnya Anda telah login maka tinggal memasukkan passwordnya saja
4. Setelah berhasil masuk 2 Step Verification silahkan hapus Authenticator App (Default) untuk menghubungkannya kembali ke Google Authenticator yang ada pada smartphone Android. Anda juga bisa memilih opsi Change Phone bila ingin mengganti nomor hape yang baru
5. Masih di halaman 2 Step Verification geser ke bawah sampai menemukan menu Authenticator App > pilih Set Up
6. Get codes from the Authenticator app > pilih Android atau iPhone kemudian Next
7. Set up Authenticator > maka muncul barcodenya. Buka aplikasi Authencitator pada smartphone Android atau iPhone kemudian Scan a Barcode

8. Arahkan kamera ke barcode yang ada di monitor hingga Google behasil membacanya > Next
9. Enter Code > masukkan kode yang ada pada aplikasi Authenticator > Verify
10. Selamat, kini Google Authenticator berhasil terhubung kembali dan Anda bisa menggunakannya.

Demikianlah informasi cara memperbaiki Google Authenticator yang error atau tidak bisa login kembali, semoga bermanfaat untuk Anda khususnya yang menggunakan verifikasi 2 langkah dengan authenticator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.