Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Yang Rusak

Posted on 21 views

Memperbaiki pengering mesin cuci yang tidak berfungsi atau tidak bisa mutar merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Bocor.”

Rasanya ada yang kurang bila permasalahan tentang rusaknya pengering mesin cuci tidak dibagikan di sini. Bila diantara pembaca mengalami kerusakan pada pengeringnya maka tepat sekali membaca artikel ini karena akan menemukan jawaban atas permasalahan tersebut.

Penyebab kenapa pengering mesin cuci tidak berfungsi itu sangat beragam mulai dari putusnya kawat rem, kabel timer dimakan tikus, dan kerusakan pada timernya. Permasalahan yang sering terjadi karena putusnya kawat rem sehingga menjadikannya selalu dalam kondisi OFF meskipun tuasnya diputar menjadi ON.

Penghuni rumah yang kurang bersih menjadikannya sebagai sarang tikus, terkadang tikus ini suka membawa kotoran yang dimasukkan ke dalam mesin cuci. Parahnya lagi kabel di dalamnya dimakan tikus sehingga menyebabkan aliran listrik putus. Permasalahan rusaknya timer pengering juga bisa terjadi tetapi jarang yang mengalaminya. Rata-rata sparepart timer ini durabilitasnya lama hingga 5 tahun lebih.

Nah sekarang coba periksa penyebab kerusakan pengering mesin cuci Anda apa? setelah mengetahuinya mari perbaiki dengan langkah-langkah berikut ini.

 

Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Yang Tidak Mutar

 

1. Mengganti Kawat Rem Pengering Mesin Cuci

Bila kerusakan disebabkan karena putusnya kawat rem, Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Sparepart ini mudah ditemui di toko peralatan elektronik atau marketplace. Biasanya putusnya berada di ujung pengait yang disambung menggunakan las.

Rem pengering pada mesin cuci
Rem pengering pada mesin cuci

Bila sulit mendapatkan kawat rem pengering bisa pakai kawat rem sepeda pancal, tinggal menyesuaikan panjang pendeknya saja. Setelah berhasil menggantinya coba hidupkan mesin cuci dan coba pengeringnya, pasti berhasil bukan?

 

2. Mengganti Kabel dan Timer Pengering Mesin Cuci

Di bawah ini adalah gambar timer lengkap dengan kabelnya. Kalau kabelnya putus silahkan sambung kemudian pada sisi luarnya beri solasi supaya bila terkena air tidak nyetrum.

Timer pengering mesin cuci
Timer pengering mesin cuci

Bila rusaknya pada timer, maka ganti timer pengering. Harganya cukup terjangkau namun bila Anda serahkan pada tukang service biaya totalnya lebih dari 200 ribu rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.