memperbaiki mesin cuci yang bocor

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Bocor

Posted on 18 views

Permasalahan umum yang sering terjadi pada mesin cuci adalah terjadinya kebocoran pada saluran pembuangan air, kalau dibiarkan berlarut maka tidak bisa digunakan mencuci pakaian. Untuk itu memperbaiki mesin cuci yang bocor merupakan suatu keharusan.

Memperbaiki kebocoran mesin cuci ini mudah sekali asalkan tahu pada bagian mana yang harus diperbaiki atau diganti suku cadangnya. Daripada manggil teknisi lebih baik perbaiki sendiri dengan membaca artikel ini sampai habis.

Mesin cuci diciptakan lengkap dengan saluran pembuangan air yang fungsinya untuk membuang air bekas cucian. Dalam mode mencuci saluran ini tertutup rapat, jangan sampai bocor sehingga airnya habis dari tabung pencucian.

Baca: Cara Memperbaiki Kebocoran Pada Kompor Gas

Kalau sampai bocor, mau diisi seberapapun banyak airnya tetap bocor. Biasanya kebocoran ini kecil yang lama-kelamaan menjadi besar sehingga airnya deras seperti pembuangan.

Perhatikan gambar di atas:

1. Tiang
2. Seal/ Karet
3. Per.

 

Penyebab Mesin Cuci Bocor

 

1. Seal Karet Pembuangan Mesin Cuci Kotor

Kasus bocornya mesin cuci pada saluran pembuangan air banyak terjadi pada mesin cuci 2 tabung (manual) dimana tidak ada pemisah/ saringan air kotor dan air bersih. Seiring berjalannya waktu, kotoran ini akan menyumbat seal pembuangan sehingga terjadi kebocoran.

2. Seal Karet Pembuangan Mesin Cusi Sudah Usang

Sama seperti bahan karet lainnya, bila digunakan secara terus menerus maka sealnya bisa usang. Harga seal pembuangan ini cukup terjangkau, kisaran Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000.

3. Per Pembuangan Mulai Lemah

Per yang terpasang bersamaan seal pada saluran pembuangan lama-kelamaan daya tekannya berkurang sehingga tidak bisa menutupi saluran pembuangan secara rapat yang menyebabkan kebocoran.

4. Kesalahan Dalam Pemasangan Tali Pembuangan

Memasang tali pembuangan yang menghubungkan tuas pembuka dan penutup pada mesin cuci bukanlah perkara gampang karena terbuat dari tali biasa yang tidak bisa disetel panjang pendeknya. Biasanya kalau terjadi kebocoran, pemasangan talinya terlalu kencang. Terlalu kendor maka airnya tidak bisa dibuang, jadi harus berada di tengah-tengahnya.

Baca: Cara Memperbaiki Pompa Air Tiba-Tiba Mati

 

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Bocor

Setelah memahami penyebab kenapa bisa bocor, maka langkah selanjutnya memperbaiki berdasarkan penyebab kebocoran pada mesin cuci. Selengkapnya simak penjelasannya berikut ini.

1. Membersihkan Seal Karet Pembuangan Mesin Cuci

Silahkan buka tutup belakang mesin cuci, kemudian lepas seal karet yang berada di dalam tabung pipa pembuangan. Cara melepasnya mudah sekali, putar ke kiri untuk mengendorkan kemudian lepas talinya.

Bersihkan seal menggunakan kain hingga bersih kemudian pasang kembali. Sekarang coba isi air, apakah terjadi kebocoran?

2. Mengganti Seal Karet Pembuangan Mesi Cuci

Pastikan Anda telah membeli sealnya terlebih dahulu kemudian menggantinya dengan yang baru. Pisahkan seal dengan tiangnya kemudian masukkan tiang ke dalam seal yang baru. Pasang kembali dan lihat hasilnya, InsyaAllah tidak bocor lagi.

3. Mengganti Pear Pembuangan Mesin Cuci

Lepas per pembuangan yang sudah usang kemudian ganti yang baru. Tips membeli per pembuangan adalah ukur panjang dan diameternya karena kebanyakan yang dijual universal dan pembeli harus tahu ukurannya. Tanyakan pada penjual apakah pernya keras, semakin keras malah bagus.

4. Memasang Tali Pembuangan Denan Benar

Pada poin ini harus berhati-hati memasangnya, kalau perlu ukur dulu kebutuhan panjang tali kemudian disesuaikan dalam pemasangan. Sambil baca basmalah pasang talinya dengan cermat dan lihat hasilnya.

Demikianlah informasi penyebab kebocoran pada mesin cuci dan cara memperbaikinya. Bila ada yang kurang jelas ajukan pertanyaan melalui kolom komentar berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.