Gambar Bebas Hak Cipta

Gambar Bebas Hak Cipta Untuk Postingan Blog

Posted on 15 views

Supaya bisa diterima Google AdSense maka gambar yang diupload pada postingan blog harus jauh dari pelanggaran, untuk itu mendapatkan gambar bebas hak cipta/ copyright sangatlah penting. Peran gambar dapat memperkuat pesan dari apa yang ditulis sehingga pembaca mudah memahaminya.

Blog tanpa gambar kelihatan kurang menarik, paling tidak disetiap postingan artikel minimal mencantumkan satu gambar. Selain itu gambar juga merupakan salah satu syarat supaya konten diterima Google AdSense.

Menambahkan gambar pada postingan blog mudah-mudah gampang, Anda bisa mengambil gambar yang diambil melalui kamera SLR maupun kamera smartphone. Bisa juga mengambil gambar yang ada dipencarian internet, namun yang sulit adalah mencari sesuai dengan topik yang dibahas.

Pada kesempatan kali ini TERAA.NET akan membagikan tips mencari gambar bebas hak cipta/ copyright yang siap diterapkan pada blog Anda. Selengkapnya baca penjelasannya sampai habis.

 

Cara Mencari Gambar Bebas Copyright

 

1. Foto Sendiri

Cara paling aman terhindar dari pelanggaran adalah mengambil gambar dari jepretan kamera sendiri baik itu SLR maupun kamera smartphone. Abadian setiap momen penting maka suatu saat fotonya bisa digunakan pada postingan blog.

2. Bikin Gambar

Mungkin Anda pernah menjumpai blog yang menggunakan gambar kartun seperti Wikihow, gambar tersebut dibuat oleh adminnya sendiri. Bila Anda mempunyai ketrampilan menggambar bisa mencoba teknik ini pasti bebas hak cipta.

3. Dari Sosial Media

Tidak punya kamera bagus dan ketrampilan membikin gambar, silahkan ambil dari sosial media. Facebook, Instagram, dan Pinterest menyediakan beragam gambar dari unggahan netizen. Cari gambar yang sesuai dengan topik artikel kemudian download.

4. Dari Mesin Pencari Lain

Kalau tujuannya untuk daftar Google AdSense, jangan sekali-kali mendownload gambar dari Google Image karena pasti ditolak. Manfaatkan Bing dan Yahoo untuk mendukung pencarian gambar.

Disarankan mendownload gambar dari platform selain blogger.com, misalnya WordPress dan Joomla. Kenapa harus begitu karena kalau dari blogger.com semua database tersimpan di harddisknya Google sedangkan Google AdSense adalah miliknya Google.

5. Screenshot

Mengambil gambar dari internet dengan cara download pasti kena pelanggaran, meskipun telah direname mesin deteksi Google menciumnya. Tekniknya silahkan foto gambar tersebut menggunakan aplikasi Screen Capture/ Screenshot.

Yang mengetahui teknik ini hanya sedikit, untuk itu coba sreenshot setiap gambar yang ingin diupload pada postingan blog. Melakukan editing sederhana dengan crop, resize, dan menambahkan title juga lebih bagus.

Baca: Level Blogger Dari Yang Terendah Hingga Paling Tinggi

Demikianlah informasi cara mendapatkan gambar bebas hak cipta, semoga bermanfaat untuk Anda dan jaga terus rasa saling menghargai dengan tidak mengambil gambar milik orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.