Cara Memperbaiki Pompa Air Otomatis Yang Mati

Posted on 0 views

Pompa air adalah mesin untuk menyedot air dari sumur. Jenis pompa air yang dijual di pasaran ada 2 yaitu tipe otomatis dan biasa. Perbedaan diantara keduanya adalah terletak pada cara menghidupkan dan mematikan pompa air.

Apapun mereknya, pompa air otomatis dapat hidup sendiri dengan membuka kran dan mati ketika kran ditutup. Pompa air biasa/ manual baru bisa hidup bila mencolokan jek listrik ke stop kotak.


Dari segi kepraktisan dan efisiensi pasti lebih unggul pompa air otomatis daripada biasa, namun dari segi keawetan pasti awet yang tipe biasa. Permasalahan umum yang sering terjadi pada pompa air otomatis adalah tidak mau menyala ketika kran dibuka.

Bila Anda mempunyai masalah seperti yang dijelaskan pada artikel ini jangan panik dan buru-buru panggil tukang service, ayo perbaiki sendiri dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan TERAA.NET.

Sebelum menuju tahap pembahasan alangkah baiknya kita ketahui dulu penyebab kenapa pompa air otomatis jadi mati. Tapi pastikan dulu kabelnya telah terhubung dengan arus listrik dan kondisinya tidak padam.

Kalau masalah listrik beres, tinggal periksa otomatisnya. Komponen ini mudah dilepas untuk diganti, orang awam pasti bisa melakukannya. Sebelum mengalami kerusakan biasanya ada gejala yang muncul seperti ketika menutup kran air pompanya tidak segera mati atau sering hidup sendiri meskipun tidak ada kran yang dibuka.

 

Cara Memperbaiki Pompa Air Yang Tidak Menyala Dengan Mengganti Otomatisnya

Setelah diketahui penyebab kenapa pompa air otomatis tidak mau hidup atau mati sendiri langkah selanjutnya adalah membeli otomatisnya. Sparepart pompa air mudah ditemui di toko bangunan terdekat rumah Anda, sebelum membeli catat dulu tipe pompa airnya apa.

Di sini dincotohkan otomatis untuk Shimizu PS-135 E, maka otomatisnya juga yang sesuai dengan tipe tersebut. Kalau originalnya tidak ada bisa pakai merek lain yang penting ukuran dratnya sama dengan bawaannya.

Harga otomatis pompa air Shimizu, Panasonic, Uchida, National, Wasser
Contoh otomatis Shimizu

Otomatis pompa air harganya tidak terlalu mahal, untuk Shimizu PS-135 E kisaran 70 ribu hingga 80 ribu rupiah, aftermarket lainnya malah dibawah 50 ribu.

Silahkan ganti otomatis pompa air yang rusak dengan memutar ke arah kiri, jangan lupa lepaskan kabelnya juga. Setelah itu ganti dengan otomatis yang baru, pasang dengan cara memutar ke kanan kemudian sambungkan kabelnya.

Selamat kini Anda berhasil mengganti otomatis pompa air, silahkan coba membuka kran… kalau langsung hidup berarti pemasangan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.