Memutuskan Koneksi Internet

Memutuskan Koneksi Internet Tanpa Mematikan Router

Posted on 395 views

Memutuskan koneksi internet untuk komputer yang terhubung dengan kabel jaringan/ LAN tidak semudah ketika menggunakan Wifi, karena harus mematikan router atau mencabut kabel LAN. Melalui pengaturan di Network Connections ternyata bisa memutuskan koneksi internet hanya dengan klik dan klik.

Ada beberapa alasan kenapa pengguna komputer ingin memutuskan koneksi internet diantaranya adalah untuk install aplikasi. Ada program tertentu yang mengharuskan untuk disable internet baru bisa install aplikasinya. Sifat memutuskan koneksi internet di sini bersifat sementara, setelah selesai install aplikasi bisa disambungkan kembali.

Tanpa menggunakan Wifi, komputer dapat terhubung dengan internet melalui kabel LAN. Kabel ini disalurkan dari router menuju komputer. Bila ingin memutuskan koneksi secara manual bisa melalui 2 cara yaitu mencabut kabel LAN yang terhubung ke komputer atau mematikan langsung melalui router.

Cara tersebut tentunya sedikit ribet, berikut ini cara termudah memutuskan koneksi internet melalui pengaturan di Network Connections yang ada di Control Panel Windows. Selengkapnya simak penjelasannya berikut ini.

 

Cara Disable Koneksi Internet Dengan Mudah

1. Ketik “View Network Connections” tanpa tanda kutip di pencarian Windows (Type here to search)
2. Berikut ini adalah contoh tampilan Network Connections, untuk disable koneksi internet klik kanan pada Ethernet kemudian pilih Disable
Memutuskan Koneksi Internet Orang Lain
3. Dalam sekejab internet di komputer akan terputus
4. Untuk menyambungkannya kembali tinggal klik kanan pada Ethernet kemudian Enable.

Selain digunakan untuk memutuskan jaringan internet yang menggunakan LAN, cara tersebut juga bisa diterapkan pada jaringan Wifi tetapi tidak direkomendasikan karena ada cara yang paling mudah yaitu melalui icon Wifi di Komputer/ Laptop.

Baca: Mengatasi Tanda Seru Ketika Komputer Terhubung Kabel Jaringan (LAN)

Demikianlah informasi cara memutuskan koneksi interne melalui Network Connections, melalui fitur inilah Anda dapat memodifikasi jaringan internet yang terhubung ke komputer dengan mengganti IP Address.

Caranya klik kanan pada Ethernet kemudian pilih Propertis > Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) kemudian masukkan IP seperti berikut ini.

Pilih Use the following IP address
Masukkan 192.168.1.235 pada kolom IP address
Masukkan 255.255.255.0 pada kolom Subnet mask
Masukkan 192.168.1.1 pada kolom Default gateway.

Setelah itu, pilih Use the following DNS server address, dan masukkan angka-angka berikut ini:
Masukkan 8.8.8.8 pada kolom Preferred DNS server
Masukkan 8.8.4.4 pada kolom Alternate DNS server.

Fungsi mengganti DNS default dengan DNS Google adalah untuk membuka situs website yang diblokir untuk kepentingan tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.