Cara Menampilkan Penggaris (Ruler) Microsoft Office Word 2016

Posted on 25 views

Microsoft Office Word adalah program pengolah kata buatan Microsoft yang paling banyak dipakai orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Untuk mendapatkan program ini harus beli yang asli atau mendownloadnya langsung di internet. Untuk membuat laporan penelitian, karya ilmiah, dan laporan skripsi membutuhkan Office Word. Sebenarnya ada program lain yang fungsinya sama-sama mengolah kata seperti Open Office Org, Libre Office, namun keduanya kalah popular dengan Microsoft Office.

Microsoft Office 2016 hadir dengan 3 pilihan theme yaitu hitam, biru,dan putih. Karena tampilannya baru maka orang yang baru pertama kali menggunakan program ini sedikit kesulitan dan perlu penyesuaian terhadap letak menu. Sebagian besar pengguna Office 2016 permasalahannya terletak pada ruler/ penggaris. Mereka tidak menemukan cara untuk menampilkan penggaris padahal fitur tersebut sudah include dengan Penggaris. Berikut ini penjelasan singkat mengenai fitur-fitur terbaru pada Microsoft Office Word 2016.

Fitur Terbaru Microsoft Office Word 2016

1. Skype

Microsoft telah mengintegrasikan Skype dengan cara yang cerdas untuk memungkinkan proses editing secara kolaborasi. Anda bisa mengedit dokumen Word bersama dengan teman tanpa menyimpan atau berbagi dokumen. Fitur ini mirip dengan Google Drive. Dengan Office 2016, Anda dapat langsung menghubungi kontak via Skype.

2. Smart Lookup

Kita bisa menggunakan fitur cerdas yang disebut Smart Lookup untuk menemukan informasi dimana saja di web. Fitur yang terintegrasi dalam semua aplikasi Microsoft Office. Bisa menggunakan Lookup di Word, PowerPoint, Excel, Outlook. User experience nya juga sangat ringkas. Anda bisa menyorot kata, klik kanan dan pilih Smart Lookup. Sidebar akan terbuka dengan sendirinya.

3. Wunderlist

Wunderlist membantu untuk membuat dan memelihara daftar yang akan dikerjakan (to-do list) Anda. Daftar tersebut dapat di share dengan teman, keluarga dan rekan. Aplikasi ini memiliki basis pengguna yang besar. Microsoft mengakuisisi Wunderlist pada bulan Juli tahun ini. Wunderlist telah ditambahkan ke Office 2016, integrasi aplikasi ini akan menambah pegalaman pengguna untuk office 2016.

4. Planner

Planner pada dasarnya adalah dashboard untuk mengelola waktu dan pekerjaan. Alat ini membantu manager untuk membuat dan mengatur ulang dashboard untuk mengelola proyek. Anda dapat menetapkan proyek, melacak progress dan mengatur ulang tanggung jawab. Planner juga memberitahukan Anda ketika seseorang di tim memodifikasi sesuatu dalam rencana (plan) yang sudah dibuat.

Cara Memunculkan Penggaris Pada Microsoft Office Word

1. Buka Microsoft Office Word, contoh ini menggunakan Office 2016
2. Pilih tab View maka muncul pilihan Ruler Gridlines, dan Navigation Pane
Menampilkan Penggaris Office Word

3. Untuk memunculkan penggaris beri tanda centang pada Ruler
4. Kini penggaris sudah muncul di Microsoft Office Word.

Cara di atas berlaku untuk semua versi Microsoft Office, yang membedakan hanya pada tampilan dan tata letak menunya. Bila Ada yang kurang jelas dan belum dipahami silahkan bertanya pada kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *