Cara Menampilkan Ruler atau Penggaris Adobe Photoshop

Posted on 16 views

Sebelumnya Teraa.net telah menulis artikel tentang Cara Menampilkan Penggaris (Ruler) Microsoft Office Word 2016, rasanya ada yang kurang bila tidak membagikan informasi cara menampilkan penggaris/ ruler pada Adobe Photoshop. Kegunaan penggaris pada program ini adalah untuk membantu kita dalam mengolah photo atau mendesain sesuatu sehingga tata letaknya sesuai dengan yang diinginkan. Ruler atau penggaris memang terlihat sebagai garis skala yang tepat berada di tepi atas dan di pinggir kanan photo

Bagi mereka yang kerjaannya setiap hari menggunakan Adobe Photoshop tentu memunculkan penggaris sangatlah mudah, namun bagi yang baru belajar dan mengenal Photoshop mungkin pernah merasa kesulitan gimana cara menampilkan penggaris. Bila Anda termasuk yang belum tahu caranya, berikut ini dijelaskan cara memunculkan penggaris/ ruler pada Adobe Photoshop.

Dengan adanya penggaris/ ruler ini tidak perlu lagi menempelkan pengukur di layar monitor, cukup memunculkan penggaris dan mau di ukur dibagian mana. Fungsi penggaris adalah untuk membuat ukuran sesuai dengan keinginan, selain itu bisa mendesain menjadi lebih rapi seperti saat membuat Web Design di Photoshop, Kolase, dan lain sebagainya.

Adobe Photoshop adalah program pengolah photo buatan Adobe. Program ini banyak dipakai oleh para Photographer dan desainer untuk mengedit gambar. Setiap tahun Adobe mengupdate seri Photoshop dengan yang baru misalnya di tahun ini diberi nama Adobe Photoshop CC2017. Sebenarnya cara memunculkan penggaris disetiap seri Photoshop caranya adalah sama mungkin yang membedakan hanya tampilan menunya saja.

Cara Memunculkan Penggaris (Ruler) Adobe Photoshop

1. Contoh kali ini menggunakan Adobe Photoshop CS6
2. Jalankan Adobe Photoshop kemudian buka gambar atau membuka project baru dengan menekan Ctrl+N secara bersamaan
3. Atur ukuran kertasnya kemudian pilih OK
Buat Project Baru
4. Pilih tab View kemudian Ruler, atau langsung dengan menekan perintah Ctrl+R


5. Penggaris/ ruler pada Adobe Photoshop berhasil ditampilkan.
Ruler Adobe Photoshop

Demikianlah informasi cara menampilkan penggaris atau ruler pada program Adobe Photoshop, semoga artikel ini membawa manfaat bagi orang banyak. Bila ada yang kurang jelas dan perlu dipertanyakan silahkan ajukan melalui kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *