How to Enable Hibernate Windows 10

Cara Mengaktifkan Hibernate Windows 10 Dengan Mudah

Posted on

Cara mengaktifkan hibernate Windows 10 merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Perbedaan Mode Shutdown, Restart, Sleep dan Hibernate. Kenapa TERAA.NET tertarik untuk membahasnya, karena banyak yang bertanya bagaimana cara menampilkan opsi hibernate di start menu Windows.

Seaca default Windows hanya menampilkan sleep, shutdown, dan restart saja sedangkan untuk hibernate harus diaktifkan sendiri melalui pengaturan Power Options di Control Panel. Uji coba ini dilakukan di Windows 10, untuk versi dibawahnya kurang lebih caranya sama.

Sebelum menuju pada poin inti cara mengaktifkan hibernate Windows 10 alangkah baiknya kalau dipahami dulu pengertian hibernate dan manfaatnya bagi pengguna komputer.

Pengertian Hibernate

Hibernate adalah perintah untuk mematikan komputer dengan menyimpan program aktif atau yang sedang berjalan ke dalam harddisk. Nantinya setelah menghidupkan komputer dengan menekan tombol Power On maka program yang aktif sebelum komputer dimatikan akan terbuka sendiri seperti semula.

Misalnya sekarang Anda sedang mengedit video yang akan diupload ke YouTube menggunakan Adobe Premiere, tiba-tiba teman datang dan mengajak pergi padahal editnya belum rampung. Daripada harus menyimpan project setengah jadi dan menutup programnya kemudian mematikan komputer lebih baik pilih opsi hibernate saja.

Setelah menghidupkan komputer maka Adobe Premiere beserta projectnya akan terbuka seperti semula sama persis sebelum komputer dimatikan. Jadi Anda bisa meneruskan edit video yang belum rampung tadi tanpa menjalankan Adobe Premiere lagi, hems menarik bukan…

Cara Menambahkan Hibernate Windows 10

1. Buka Control Panel di Windows 10 kemudian pilih Power Options
2. Pada jendela Power Options pilih Choose what the power button does
Mengaktifkan Hibernate Windows 10

3. Opsi hibernate hanya bisa dipilih setelah membuka Change settings that are currently unavaliable
Menambahkan Hibernate Windows 10

4. Shutdown settings > beri tanda centang pada hibernate
Enable Hibernate Windows 10

5. Kini menu hibernate telah muncul di menu Power dan bisa langsung menggunkannya. Anda hanya perlu melakukan cara ini sekali saja maka selamanya opsi menu muncul di start Windows 10.

Manfaat Hibernate Bagi Pengguna Komputer

Setelah mempelajari pengertian hibernate dan cara mengaktifkannya di Windows 10, selanjutnya adalah mengetahui manfaatnya. Kalau tidak bermanfaat Microsoft tidak mungkin memberikan mode hibernate pada sistem operasinya. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa hibernate memungkinkan membuka kembali aplikasi yang sedang berjalan meskipun komputer dimatikan.

Manfaatnya tentu menghemat waktu untuk melanjutkan pekerjaan yang telah ada sebelumnya tanpa memulainya dengan membuka program kembali.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.