Xiaomi Mi Android One

Cara Merubah Bahasa Pada Android One Xiaomi Mi A2 dan Mi A1

Posted on 750 views

Kesulitan merubah/ mengganti bahasa pada sistem operasi Android kerap dialami oleh pengguna smartphone Xiaomi yang menggunakan Android One, termasuk TERAA.NET sendiri. Setelah mengotak-atik sendiri akhirnya menemukan cara mengganti bahasa pada Android One.

Xiaomi memiliki 2 tipe sistem operasi yaitu yang pertama telah dicustom sendiri diberi nama MIUI sedangkan yang asli dari Google namanya Android One. Hingga saat ini ada 3 smartphone Xiaomi yang menggunakan Android One yaitu Mi A1, Mi A2, dan Mi A2 Lite.

Android One mempunyai beberapa keunggulan seperti ringan ketika dijalankan, selalu mendapatkan update langsung dari Google, dan lain sebagainya. Kekurangannya bila dibandingkan MIUI mungkin tidak bisa menjalankan dual aplikasi, dan belum tersedia aplikasi rekam video/ suara. Namun bila Anda menginginkannya bisa install sendiri melalui Google Play Store.

Baca: Cara Merubah Suara Google Map Dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Cara mengganti bahasa pada Android One Pie tidak semudah ketika menggunakan Android Pie MIUI karena harus menambahkan bahasa sendiri dan menghapus bahasa lama baru bisa merubahnya. Karena ketidak tahuan inilah pengguna Android One kesulitan menganti bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan begitu juga sebaliknya. Baiklah kembali pada topik artikel, berikut ini cara merubah bahasa pada Android One Pie Xiaomi.

 

Cara Mengganti Bahasa Asing Dengan Bahasa Indonesia Pada Android One Xiaomi

1. Pastikan Anda menggunakan Android One (tanpa custom) seperti pada Xiaomi Mi A2 dan Mi A1
2. Buka System (languages, time, backup, updates), setelah System terbuka ketuk Languages & input

Mengganti Bahasa Xiaomi Mi A2, Mi A2 Lite, Mi A1

3. Pada contoh ini TERAA.NET menggunakan bahasa Inggris sebagai defaultnya yang kemudian akan diganti dengan bahasa Indonesia
4. Language Preference > kemudian ketuk tiga tanda titik di samping pencarian (kaca pembesar) dan tambahkan bahasa Indonesia

Merubah Bahasa Xiaomi Mi A2, Mi A2 Lite, Mi A1

5. Setelah berhasil menambahkan bahasa tidak langsung bisa merubah salah satu bahasa sebagai defaultnya dan Anda harus menghapus dulu bahasa yang tidak digunakan. Misalnya pada contoh ini bahasa Inggris sebagai default utamanya namun ingin diganti bahasa Indonesia maka yang dihapus adalah bahasa Inggrisnya

Mengganti Bahasa Android One Pie

6. Setelah berhasil menghapus bahasa coba kembali halaman home Android One kemudian lihat hasilnya. Sudah berganti bukan?

Demikianlah informasi cara mengganti bahasa pada Android One, tutorial ini juga bisa diterapkan pada semua merek smartphone asalkan menggunakan Android One. Mungkin Anda bertanya kenapa selalu ada kata Pie pada tutorial ini karena yang digunakan adalah Android generasi ke-9 (Pie), untuk versi dibawahnya kurang lebih caranya sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.