Mengusir Tikus

Mengusir Tikus di Rumah Dijamin Ampuh

Posted on 27 views

Cara ampuh mengusir tikus di rumah merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Cara mengusir cicak atau membunuhnya. Rasanya ada yang kurang bila tidak membagikannya untuk yang tikus karena sama-sama hewan yang menyebalkan. Keberadaannya bakal memporak-porandakan seisi rumah karena semua dicacahnya.

Tempat sampah, tutup nasi, bahkan celana juga dibologi si Tikus. Selain itu hewan pengerat ini juga sering kencing di sembarang tempat yang baunya menyengat. Tikus suka hidup di sela-sela kursi, almari, alau lobang-lobang kecil yang ada di rumah.

Dimanapun ada rumahnya di situ pasti ada tikusnya, rumah yang baru dibangun dalam beberapa hari bakal dimasukkin tikus yang datang dari ladang atau sawah. Tikus semakin menggila ketika musim hujan datang, banyak sekali yang masuk ke rumah untuk berteduh.

Jangan sampai Anda menaruh pakaian di bawah tempat tidur atau dimanapun juga karena biasanya tikus akan beranak di sini. Tak jarang TERAA.NET menjumpai anak tikus yang baru lahir di dalam rumah, karena alasan inilah ingin berbagi kepada Anda cara mengusir atau membunuh tikus yang ampuh.

Pernah juga membaca berita luar negeri ada seorang bayi yang meninggal dikeroyok tikus karena ditinggal ibunya pergi ke klub malam. Pokoknya hewan ini horor dan Anda wajib mengusir bahkan membunuhnya.

Diperbolehkan membunuh tikus karena termasuk hewan perusak yang merugikan. Ini juga berlaku pada hewan yang memiliki sifat perusak yang sama. Diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu Anha, bahwasanya Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda…

خَمْسُ فَوَاسِق يُقْتَلْنَ فِي الْحِل وَالْحَرَمِ : الْحَيَّةُ وَالْغُرَابُ الأْبْقَعُ وَالْفَأْرَةُ وَالْكَلْبُ الْعَقُورُ وَالْحُدَيَّا

“Lima binatang jahat yang boleh dibunuh, baik di tanah halal atau tanah haram: ular, burung gagak, Tikus, anjing hitam, dan burung buas.” (HR. Muslim)

Dalam riwayat lain disebutkan, “Lima binatang jahat yang boleh dibunuh di tanah haram: Tikus, kalajengking, burung buas, gagak, dan anjing hitam.”(HR. Bukhari & Muslim)

 

Cara Mengusir dan Membunuh Tikus

Setelah diulas bahasan bahwa tikus merupakan hewan yang menyebalkan hukum membunuh tikus berikut ini adalah hal yang bisa dilakukan untuk mengusir dan membunuh tikus. Setidaknya ada 10 cara, berikut ini adalah penjelasannya:

1. Racun Tikus

Cara membunuh tikus yang paling jitu dengan memasang racun namun harus pintar memilih racun tikus yang ampuh. Berdasarkan pengalaman pribadi dan orang lain yang telah menggunakan racun tikus yang ampuh adalah beras merah.

Racun tikus beras merah dapat Anda dibeli di toko pertanian atau toko bangunan karena mereka sering menjualnya. Harganya 10 ribu, bahkan ada yang lebih murah dari itu. Kemasan beras merah ini tulisan China yang sulit dipahami, mungkin memang diimpor dari sana.

Kenapa disebut beras merah karena racunnya ditaruh pada beras berwarna merah (sebenarnya warnanya pink), taruh beras tersebut pada alas kertas kemudian taruh di tempat yang sering ada tikusnya. Kelebihan racun ini adalah tidak meninggalkan bau meskipun tikusnya mati, bahkan kalau pemilik rumah tidak tahu tikusnya tidak busuk, akan mengering dengan sendirinya.

2. Lem Tikus

Selanjutnya Anda dapat menangkap tikus dengan memasang lem tikus. Banyak dijual lem tikus siap pakai seperti lem Gajah, taruh lem tersebut di pojok rumah atau yang sering dilalui tikus maka ketika menginjak lem akan terperangkap. Jangan lupa kasih umpan pada lemnya, selain tikus yang tering terperangkap adalah cicak.

3. Jepretan Tikus

Selain menggunakan racun dan tikus, Anda dapat memanfaatkan Jepretan Tikus yang dijual di pasaran. Cara kerja alat ini dengan memberi umpan pada Jepretan, ketika dimakan umpannya maka si Tikus bakal ke Jepret. Harga Jepretan tikus tidak terlalu mahal, ada yang dijual mulai harga 10 ribu rupiah saja.

4. Kurungan Tikus

Ingin menangkap tikus hidup-hidup kemudian dibunuh gunakan Kurungan Tikus, bentuk kurungannya kotak persegi yang di dalamnya terdapat alat untuk menaruh umpan. Ketika tikus tertarik untuk memakan umpan tersebut dan masuk ke dalam kurungan maka akan menutup dan tidak bisa keluar.

5. Buat Perangkap Tikus Menggunakan Air

Tikus merupakan hewan yang tidak tahan air dan cepat mati ketika tercebur ke dalamnya. Anda dapat membuat perangkat tikus dari timba atau ember yang di dalamnya terisi air. Kasih media berjalan seperti papan kecil dan diujung papan taruh umpannya. Ketika tikus berjalan menuju umpan maka jatuh ke dalam air, dan tikuspun mati dengan sendirinya.

6. Pelihara Kucing

Kucing merupakan hewan yang ditakuti tikus, dengan mendengar suaranya saja membuatnya bersembunyi bahkan lari terbirit-birit. Betapa tidak, kalau sampai tikus dilihat kucing bakal diburu dan dimakannya. Karena alasan inilah memelihara kucing merupakan solusi terbaik terhindar dari tikus.

7. Simpan Makanan dan Bahan Makanan

Tikus suka dengan makan dan bahan makanan yang ditaruh terbuka tanpa tutup. Kalau pemiliknya tidak ada tikus segera mendekat untuk memakannya, untuk itu selalu simpan ditempat tertutup rapat.

8. Pasang Keramik

Tahukah Anda tikus hanya bisa merayap di dinding yang belum dihalus dengan semen atau masih batu bata, untuk itu halusnya dinding dengan semen untuk mencegah tikus berkeliaran melalui sela genting. Tikus juga tidak bisa berjalan di atas keramik karena menurutnya licin. Rumah yang dikeramik dan temboknya dihalus semen cenderung aman dari tikus.

9. Rapikan Barang

Tikus suka dengan rumah yang kondisinya berantakan untuk itu rapikan barang-barang dan kalau perlu masukkan ke dalam kotak penyimpanan. Tikus nyaman tinggal di rumah yang berantakan karena akan bersembunyi disela-sela barang tersebut.

10. Kurangi Sela-Sela Ruangan

Tikus masuk ke rumah melalui sela atau celah rumah seperi pintu, jendela, dan genting. Dalam kondisi pintu terbuka tanpa sepengetahuan pemilik rumah tikus dapat menyelinap untuk itu bila rumah Anda dekat dengan kebun dan sawah tutuplah pintunya.

Dalam kondisi pintu terutup tikus juga bisa masuk melalui sela antara pintu dan lantai karena biasanya ada jaraknya. Untuk itu ketika memasang pintu, minta pada pak Tukang untuk memasang serapat mungkin untuk mencegah tikus masuk ke rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.