Microsoft Edge Engine Chromium

Cara Update Microsoft Edge Engine Chromium

Posted on 44 views

Kabar menarik bagi pengguna Windows 10 kini Anda dapat merasakan Microsoft Edge rasa Chromium. Microsoft telah mengenalkan basis engine Chromium pada Microsoft Edge pada awal tahun 2020 dan kini sudah bisa diupdate untuk merasakan sensasi browsing ala Chromium.

Microsoft Edge merupakan browser bawaan Windows 10, meskipun telah include dalam paket installasi Windows pengguna lebih suka memakasi browser lain seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Tampilan antarmuka yang kurang menarik dari Microsoft Edge membuatnya kalah bersaing dengan browser lain belum lagi dari minimnya dukungan ekstensi.

Basis Chromium juga digunakan Google untuk mengembangkan Google Chrome, karena dari engine yang sama secara otomatis ekstensi yang tersedia pada Chromium bisa diterapkan pada Microsoft Edge. Setelah mencobanya langsung ternyata Microsoft telah mengemas ekstensi ala miliknya sendiri.

Alasan utama kenapa beralih menggunakan basis Chromium karena kalah bersaing dengan browser lain. Strategi Microsoft dengan menjadikan browser bawaan Windows 10 ternyata tak cukup merebut hati para penggunanya untuk menggunakan mesin permbahan buatannya sendiri.

 

Install Microsoft Edge Rasa Chromium

Sebenarnya tanpa melakukan installasi manual, Microsoft bakal mengupdate browser ini namun harus menunggunya cukup lama. Anda dapat install sendiri dengan mendownload update dari official websitenya melalui link berikut ini.

Download: Microsoft Edget Edge Berbasis Chromium

Yang perlu diperhatikan adalah ketika selesai download update Microsoft Edge langsung jalankan file MicrosoftEdgeSetup.exe maka akan memperbaharui browser yang lama. Di sini Anda tidak perlu uninstall Microsoft Edge yang lama, cukup menjalankan update maka semua beralih ke engine yang baru.

Update Chromium Microsoft Edge
Proses update engine Chromium pada Microsoft Edge

 

Memiliki Tampilan Yang Mirip Chromium Browser

Microsoft Edge versi terbaru memiliki tampilan yang mirip Google Chrome, flat sederhana namun kelihatan menarik. Rencananya TERAA.NET akan menjadikan browser ini sebagai daily driver untuk ngeblog maupun surfing di internet.

Dukungan ekstensi Interned Download Manager juga langsung aktif, berbeda dengan versi sebelumnya yang tidak support ekstensi IDM. Di pojok kanan atas sebelahnya icon profil (tiga tanda titik), bila di klik maka akan masuk ke menu utama Microsoft Edge. Dari sini Anda bisa menggunakan Incognito Window atau New inPrivat Window, mode aman tanpa meninggalkan jejak.

Microsoft Edge Mirip Google Chrome

Microsoft tidak menghilangkan ciri khas Microsoft Edge pada halaman utama dengan tetap menampilkan deretan berita/ news. Di atas Microsoft News terdapat shortcut beberapa sosial media dan martketplace yang sering dikunjungi orang Indonesia.

 

Tersedia Pilihan Tema Dark Mode

Sekarang ini orang lebih suka memakai tema gelap atau dark mode karena nyaman dimata ketika dilihatnya. Rupanya Microsoft mengerti kebutuhan pengguna sehingga tersedia pilihan Dark Mode.

Dark Mode Microsoft Edge

Cara mengaktifkan dark mode pada Microsoft Edge cukup mudah, silahkan buka Setting kemudian pilih Appearance. Custom browser > Theme: ubah dari Light menjadi Dark.

 

Dukungan Ekstensi Yang Cukup Lengkap

Untuk memanjakan pengguna, Microsoft telah melengkapi ekstensi yang dapat di download melalui Microsoft Edge Addons. Tersedia beragam ekstensi yang diklasifikasikan berdasarkan kategori yang ada.

Bingung mencari ekstensi lain yang tidak tersedia di Microsoft Edge Addons? jangan panik, Anda tetap bisa mendownload dan mengaplikasikan ekstensi tersebut dari link pihak ketiga.

Tampilan Microsoft Edge Addons

 

Memiliki Kecepatan Yang Luar Biasa

Satu kata untuk browser ini “mengagumkan”… sungguh diluar ekspektasi ketika mencobanya secara langsung. Kecepatannya bisa bersaing dengan Google Chrome dan Mozilla Firefox, yang pasti tidak terlalu banyak memakan memory sehingga ringan digunakan bahkan untuk membuka beberapa tab secara bersamaan.

Baca: Review Opera GX, Browser Khusus Gaming

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.