Cara Menggunakan Aplikasi Otentikasi PT Taspen

Posted on

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah pensiun berhak mendapatkan Tunjangan Pensiun, badan yang mengelola adalah PT Taspen. Sebagian besar kalangan menilai bahwa untuk mengambil gaji taspen sekarang ribet, tidak memperhatikan kondisi penerima taspen.

Yang menerima taspen pasti diatas 60 tahun untuk pensiunan PNS guru, 55 tahun untuk TNI. Kebijakan terbaru dari PT Taspen sebelum tunjangannya keluar harus melakukan otentikasi melalui aplikasi PT Taspen.

Aplikasi ini tersedia gratis di Google Play Store dan harus digunakan untuk membuka otentikasi taspen disetiap bulannya, misalnya tanggal 1 atau 2. Pembayaran pensiunan PNS yang ditransfer langsung ke bank lokal biasanya diberikan pada awal bulan, bila tanggal 1 jatuh hari libur maka akan mundur sesuai aktifnya hari kerja.

Tujuan dibuatnya aplikasi Otentikasi PT Taspen untuk memudahkan pensiunan PNS tidak harus datang ke Bank atau POS untuk mengambil uang pensiun. Niatnya sih bagus namun sasaran penggunaan aplikasi tidak sesuai dengan generasi tua. Bayangkan saja diumur 60 tahun rata-rata malas megang hape belum lagi penglihatan yang mulai kabur membuat pensiunan enggan pakai hape.

Faktanya setiap mau mengambil gaji di Bank dan kantor POS, pensiunan ini minta tolong anaknya untuk membuka otentikasi PT Taspen. Ya kalau anak di rumah mungkin tidak jadi soal, masalahnya kalau sendiri di rumah bagaimana? haruskan minta tolong bantuan tetangga?

Kalau diadakan kajian tentang tingkat kepuasan menggunakan Aplikasi Otentikasi PT Taspen pasti semua merasa tidak puas. TERAA.NET nggak bisa membayangkan bagaimana nasip pensiunan yang tinggal di pelosok jauh dari internet dan mengalami masalah kesehatan pasti sulit sekali membuka otentikasi.

Ayo dong kembalika pada kebijakan lama yang tidak menyusahkan pensiunan usia lanjut, niat kalian bagus tetapi tidak pas untuk para pensiunan. Coba turun ke bawah bagaimana susahnya mereka setiap kali ingin ambil gaji pensiun.

Mungkin tujuannya setelah melakukan otentikasi uang langsung ditransfer ke rekening dan mengambilnya melalui ATM, namun pensiunan lebih suka ambil tunai dengan buku tabungan. Pensiunan yang mempunyai kartu ATM juga jarang, kalau punya itu yang mengambilkan adalah anaknya.

Baiklah kembali pada topik artikel, berikut ini akan dipandu cara menggunakan Aplikasi Otentikasi PT Taspen. Selengkapnya baca penjelasannya sampai habis.

 

Membuka Otentikasi PT Taspen Untuk Ambil Gaji Pensiunan

1. Download dan install aplikasi Otentikasi PT Taspen
2. Setelah berhasil download buka aplikasinya
3. Masukkan nomor Kartu Identitas Pensiun (KARIP) kemudian tekan Otentikasi
Cara Buka Otentikasi PT Taspen

4. Lakukan otentikasi sesuai petunjuk yang tertera di aplikasi seperti menatap layar, mengedipkan mata, dan menganggukkan kepala
5. Bila hasil identifikasi telah sesuai maka muncul notifikasi berhasil
6. Silahkan ambil uang pensiun di Bank atau Kantor POS, jangan lupa bersedekah dan beramal.

 

Tips Tidak Gagal Melakukan Otentikasi PT Taspen

Banyak penerima pensiunan yang mengeluh karena selalu gagal melakukan otentikasi, mereka telah mencoba 5 kali lebih tetap gagal. Supaya berhasil Anda harus paham dulu cara kerja aplikasi ini. Untuk menghubungkan rekaman biometrik ke servernya PT Taspen membutuhkan koneksi internet.

Sebelum otentikasi pastikan internet Anda cepat, kalau masih gagal berarti servernya down karena banyak yang mengaksesnya. Cari jam tidak sibuk untuk membuka otentikasi, seperti setelah Ashar dan Magrib, atau ditengah malam dimana kebanyakan orang tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.