Panduan Menggunakan Bandicam

Panduan Menggunakan Bandicam Untuk Rekam Layar

Posted on 143 views

Bandicam adalah aplikasi screen recorder yang cukup popular dan banyak digunakan oleh para YouTuber untuk merekam game yang sedang dimainkannya atau membuat tutorial komputer yang diambil dari aktivitas layar komputer. Sayangnya untuk pemula, Bandicam ini terasa sulit dioperasikan sehingga butuh panduan menggunakan Bandicam supaya bisa merekam layar komputer.

Tanpa diberikan panduan yang jelas maka beberapa permasalahan seperti tidak bisa merekam suara, rekaman tidak fullscreen, dan tidak dapat digunakan untuk merekam game akan muncul. Sebenarnya kalau penggunanya mau teliti, biasa mempelajari sendiri semua menu yang ada di Bandicam untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Daripada kelamaan mempelajarinya sendiri berikut ini akan dijelaskan panduan menggunakan Bandicam untuk pemula. Silahkan baca dan langsung praktikkan di komputer Anda.

 

Panduan Cara Menggunakan Bandicam

Berikut ini adalah panduan penggunakan aplikasi screen recorder Bandicam. Selengkapnya silahkan baca penjelasannya sampai habis.

 

1. Pengaturan Screen

Ini adalah pengaturan pertama yang harus Anda lakukan untuk menentukan pada bagian mana yang ingin direkam. Bisa secara fullscreen atau pada area tertentu sesuai keinginan Anda. Kalau hasil rekaman ingin diunggah ke YouTube, rasio yang digunakan adalah 16:9 bisa 1280×720 pixel atau 1920×280 pixel. Semakin besar ukuran pixel maka hasil rekaman semakin bagus namun file video rekaman jadi cukup besar.

Pengaturan Screen Bandicam

Bandicam menyediakan 4 pilihan pengaturan screen yaitu:

  • Select a recording area
  • Retangle on a screen
  • Fullscreen
  • Around Mouse.

 

2. Menu Tambahan (Audio, Cursor Effect, dan Webcam)

Silahkan perhatikan angka 1, 2, 3 pada gambar berikut ini, dimana untuk angka 1 adalah pengaturan Audio, 2 untuk menambahkan cursor effect, dan yang ke-3 untuk Webcam.

 

Audio

Silahkan klik Audio (icon Mikrofon) untuk menambahkan mikrofon internal (laptop) maupun eksternal untuk komputer dekstop. Tanpa memilih device yang digunakan untuk merekam suara maka yang ketangkap cuma gambar video saja.

Baca: Cara Setting Bandicam Supaya Bisa Merekam Suara

Kebanyakan pemula yang menggunakan Bandicam adalah suaranya tidak ikut kerekam karena tidak melalukan pengaturan pada audio.

Cursor Effect

Silahkan klik icon Cursor untuk menambahkan efek pada kursor mouse Anda. Nantinya setiap Anda mengeklik mouse maka animasi kursor akan muncul pada screen yang direkam sehingga kelihatan lebih menarik.

Webcam

Anda dapat menambahkan rekaman dari gambar Anda sendiri dengan memanfaatkan fitur Webcam. Sebelum menggunakannya pastikan bahwa komputer desktop telah terpasang Webcam, kalau untuk laptop pasti ada Webcam.

 

3. Mulai Merekam

Setelah melakukan pengaturan pada screen, audio, cursor effect, dan webcam kini bisa mulai merekam aktivitas yang ada di layar komputer dengan klik “REC” dan mengakhirinya dengan klik “STOP.”

Anda juga bisa menggunakan perintah dengan menekan F12 untuk mulai merekam dam mengakhirinya. Untuk memotret tampilan layar komputer silahkan tekan F11.

 

4. Khusus Untuk Merekam Game

Mode yang digunakan untuk merekam game berbeda dengan rekaman biasa, untuk itu pilih tab Game Recording Mode dengan klik icon JoyStick. Ini adalah salah satu keunggulan dari Bandicam dimana telah support untuk merekam game dimana butuh FPS yang tinggi.

Ketika berada dalam mode Game, nanti akan tampil indikator FPS pada layar yang direkam. Untuk memulai dan nengakhiri rekaman bisa dengan menekan F12.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.