Cara Settings Bandicam Supaya Bisa Merekam Suara

Posted on

Bandicam merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk merekam aktivitas di layar komputer. Aplikasi ini banyak digunakan oleh Content Creator gaming untuk membuat video tutorial yang diambil langsung dari game yang sedang dimainkan.

Bila dibandingkan aplikasi sejenis lainnya maka Bandicam mempunyai keunggulan mampu merekam pergerakan game cepat secara halus. Hasil rekaman langsung tersimpan pada harddisk komputer tanpa ada proses rendering sehingga tidak memberatkan kerja komputer.

Karena hasil outputnya berupa video maka terdiri dari gabungan gambar dan suara. Permasalahan yang sering muncul ketika merekam menggunakan Bandicam adalah suara dari mikrofon tidak ikutan kerekam sehingga yang ada cuma video tanpa suara.

Bayangkan saja seandainya Anda membuat tutorial dari rekaman Bandicam dan ngomong sendiri hampir setengah jam namun setelah disimpan suaranya tidak ikut kerekam, pasti menyebalkan bukan? mau ngulangi lagi dari awal keburu tenggorokan kering.

Baca: 5 Aplikasi Screen Recorder (Perekam Layar) Terbaik Untuk Linux

Bila Anda tidak ingin menambahkan suara sendiri dan hanya merekam game yang sedang berjalan maka audionya juga kerekam, intinya suara tersebut tidak kerekam bila menggunakan mikrofon. Mungkin diantaranya pembaca ada yang mengalami kejadian seperti ini maka jangan panik dulu berikut ini adalah cara mengatasinya.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa bukan mirkrofonnya yang rusak melainkan opsi pada settings/ pengaturan yang harus disesuaikan dengan mikrofon. Supaya lebih jelas dan mudah dipahami silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Cara Mengatasi Bandicam Yang Tidak Merekam Suara

1. Jalankan Bandicam, setelah itu pilih menu Video
2. Lanjutkan menuju Settings/ Pengaturan
Suara Bandicam

3. Perhatikan Recording Settings, di situ ada 2 opsi yaitu Primary Sound Device dan Secondary Sound Device. Bila Anda menggunakan mikrofon tambahan maka pilih opsi yang ke-2 kemudian sesuaikan dengan nama chipset audionya, misalnya Microphone (Realtek Audio)

Bandicam tidak merekam suara

4. Simpan perubahan dengan memilih OK
5. Silahkan coba rekam kembali menggunakan Bandicam dan lihat hasilnya, pasti suaranya ikutan kerekam
6. Semoga bermanfaat.

Baca: 4 Aplikasi Screen Capture Terbaik Untuk Foto Layar Komputer

Demikianlah informasi cara mengatasi Bandicam yang tidak mau merekam suara, setelah Anda menerapkannya sesuai petunjuk di atas maka kini bisa melanjutkan berkarya membuat video tutorial yang menarik. Bila artikel ini dirasa bermanfaat bagi orang lain maka bagikanlah dengan menekan tombol share berikut ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.