Partisi, Format, Defrag, Scan

Pengertian Partisi, Format, Defrag, dan Scan Harddisk

Posted on

Istilah yang sering muncul berkaitan dengan harddisk komputer adalah partisi, format, defrag, dan scan. Meskipun Anda tidak asing dengan kata-kata tersebut namun apakah tahu artinya? atau jangan-jangan yang dimengerti cuma format harddisk saja. Biasanya sih pengguna komputer sering memformat flashdisk, memory hape, dan harddisk kalau ada file yang tidak bisa dihapus atau error.

Sebenarnya istilah tersebut berkaitan erat dengan maintenance dan manajemen harddisk. Untuk mendukung kegiatan tersebut dikembangkanlah tool untuk partisi, format, defrag, dan scan harddisk. Microsoft juga telah melengkapi tool tersebut dalam paket installasi Windows sehingga tinggal menjalankannya saja.

Fungsi harddisk adalah sebagai tempat penyimpan data, tanpa perangkat ini maka komputer tidak bisa menjalankan sistem operasi. Begitu pentingnya harddisk maka diperlukan maintenance dan manajemen. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa istilah yang berkaitan dengan harddisk komputer.

Pengertian Partisi

Partisi adalah proses membagi ruang penyimpanan harddisk menjadi beberapa ruang. Tujuan dilakukannya partisi adalah untuk mengelompokkan data mau disimpan di ruang mana, misalnya sistem operasi Windows di ruang C, file dokumen di ruang D, dan video di E.

Kata partisi berasal dari bahasa Inggris (partition) yang artinya membagi. Selain diterapkan pada harddisk bisa juga pada flashdisk dan SSD, pokoknya semua storage device bisa dipartisi.

Pengertian Format

Format adalah tindakan yang dikakukan untuk menyiapkan harddisk supaya bisa dikenali sistem operasi dan bisa menyimpan data. Misalnya untuk Windows bisa memformat hardisk dengan file system FAT(File Allocation Table) atau NTFS (New Technology File System) dan Linux menggunakan EXT2.

Penerapan format dalam kehidupan sehari-hari juga sebagai alat penghapus data secara cepat pada ruang penyimpanan harddisk dan flashdisk. Daripada memakai opsi delete yang cukup memakan waktu, sebaiknya pakai format saja. Apalagi file yang tersimpan totalnya diatas 500 GB pasti lama banget menghapusnya kecuali diformat.

Pengetian Defrag

Defrag adalah proses menyusun atau menata file yang ada di harddisk. Ibaratnya di ruang tersebut berisi beberapa file yang tertata rapi, namun bisa morat-marit bila sering menyimpan dan menghapus file.

Pada aplikasi Disk Defragmenter, harddisk digambarkan terdiri dari beberapa susunan kotak-kotak kecil/ block. Bila harddisk tidak pernah didefrag maka kelihatan morat-marit, untuk merapikannya dengan mendefragnya.

Pengertian Scan

Scan adalah proses memperbaiki error pada harddisk. Bentuk errornya sangat beragam seperti menghapus file yang tidak bisa dihapus, memperbaiki bad sector harddisk, dan lain sebagainya. Pengguna Windows bisa memanfaatkan fitu scan dengan cara klik kanan pada drive harddisk kemudian pilih Partisi.

Setelah jendela Propertis terbuka pilih tab menu Tool kemudian Error Cheking. Lakukan scan pada harddisk yang error secara berkala untuk menjaga keawetannya.

Demikianlah informasi mengenai pengertian partisi, format, defrag, dan scan. Semoga penjelasan yang diberikan bisa menjawab ketidak tahuan Anda akan istilah tersebut. Oiya di atas dijelaskan diperlukan maintenance dan manajemen harddisk, yang maksud maintenance di sini berupa defrag dan scan, sedangkan manajemen adalah mengelola harddisk baik itu partisi dan format.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.