Peluang Usha Modal Kecil

Peluang Usaha Offline Modal Kecil Hasil Menggiurkan

Posted on 202 views

Peluang usaha modal kecil/ minim sekarang banyak dicari oleh anak muda yang survive dengan tidak menggantungkan pendapatan sebagai PNS, pekerja kantoran, maupun sebagai buruh pabrik. Sudah saatnya sekarang berwirausaha, syukur kalau bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain.

Tantangan berat anak muda untuk berani membuka usaha adalah terbatasnya modal dan stigma gagal. Kalau belum dicoba jangan berkata gagal, itu motivasi yang tepat untuk pelaku usaha baru.

Sebenarnya kalau anak sekarang takut memulai usaha itu bukan salahnya, karena didikan orang tua memang seperti itu. Misalnya anaknya disuruh sekolah tinggi-tinggi supaya kelak bisa bekerja di bank, di kantor, dsb. Jarang sekali ada orang tua yang mendidik anaknya untuk berwirausaha kecuali keturunan China.

Pola pikir yang menyuruh anaknya untuk kerja ikut orang lain itu menurut sejarawan karena pengaruh penjajahan pada zaman Belanda dimana orang telah terbiasa dipaksa bekerja sebagai buruh sehingga secara tidak sadar membentuk pola pikir sebaiknya kerja ikut orang lain.

Memulai usaha itu tidak harus menggunakan modal besar, dengan modal kecil juga bisa memulai usaha. Kali ini TERAA.NET akan memberikan contoh gambaran peluang usaha modal kecil yang sering diremehkan orang namun penghasilannya banyak.

 

10 Peluang Usaha Modal Minim Hasil Melimpah

Berikut ini ada 10 peluang usaha offline yang patut Anda coba untuk mendatangkan penghasilan, peluang usaha tersebut adalah:

 

1. Potong Rambut

Jangan remehkan orang yang berprofesi sebagai tukang potong rambut, karena hanya bermodalkan gunting dan alat cukur elektrik dalam sehari bisa meraup keuntungan 200 hingga 300 ribu rupiah. Nggak usah muluk-muluk membuka babershop, cukup mencari rumah kecil yang ada di pinggir jalan atau membuat sendiri dari papan triplek maka usaha potong rambut bisa dibuka.

Sasarannya adalah rakyat biasa baik itu anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Bandingan dengan babershop, yang datang ke sana hanya orang kaya saja. Biaya potong rambut sangat relatif, kalau di desa mulai 8 ribu hingga 10 ribu rupiah, kalau di kota 15 ribu hingga 20 ribu rupiah.

Hasil yang di dapat dari potong rambut ini bersih lho, seandainya berkurang itu untuk pembayaran listrik untuk menyalakan alat cukur elektrik dan lampu. Silahkan lirik peluang usaha ini sebagai sampingan atau totalitas sebagai pencukur rambut.

Baca: Peluang Kerja Sebagai Admin Sosial Media Gaji Menggiurkan

 

2. Penjual Gorengan

Pernahkan Anda melihat penjual gorengan di pinggir jalan? berapa yang didapat dari hasil jualan tersebut? menurut hasil wawancara dengan beberapa penjual dalam sehari bisa meraup keuntungan bersih hingga 200 ribu. Yang dijual adalah pisang, tahu, tempe, dan aneka gorengan lainnya.

Kebanyakan orang menjadikan jualan gorengan sebagai usaha sampingan karena memulainya pada sore hari mulai jam 4 hingga jam 8 malam. Usaha ini cocok sekali untuk masyarakat Indonesia karena pada gemar makan gorengan. Menginjak bulan puasa, pembeli gorengan juga semakin banyak karena sebagai camilan sekaligus lauk untuk berbuka.

 

3. Usaha Warung Kopi

Membuka usaha warung kopi hasilnya cukup menggiurkan, meskipun judulnya “Kopi” namun biasanya yang dijual beberapa aneka minuman lainnya seperti es teh, susu soda, extra jos, dan gorengan.

Penjual kopi menggunakan kopi sachet yang dijual di pasaran maupun racikan sendiri. Berapa sih harga kopi sachet? kalau dijual di warung kopi harganya sudah 5 ribuan. Hanya cukup menambahkan air panas, nilai kopi sachet bisa naik 3 kali lipat.

Penggemar warung kopi ini dari berbagai kalangan, mulai anak muda yang suka nongkrong dan pekerja kuli ketika istirahat ngopi. Daripada kerja ikut orang lain banyak diperintah mending buka usaha warung kopi, hems lumayan bukan?

 

4. Ahli Kunci

Selanjutnya adalah usaha sebagai ahli kunci, memang butuh ketrampilan khusus untuk menguasainya namun kalau sudah bisa dan berani membuka jasa ahli kunci maka yang dihasilkan cukup lumayan. Berapa biaya menggandakan kunci? membuatkan kunci yang hilang?

Hanya bermodalkan jangka sorong dan kikir, ahli kunci bisa membuatkan tiruannya. Bisa dihitung berapa ahli kunci yang ada di kota Anda? bisa dihitung dengan jari kan? untuk itu ini merupakan peluang bagus bagi anak muda untuk meraup keuntungan.

 

5. Sol Sepatu

Sepatu yang dijual dibawah 200 ribu solnya tidak ada yang awet, rata-rata dalam sebulan sudah mengelupas sehingga membawanya ke tukang sol sepatu. Usaha ini cukup menjanjikan, karena pasti ramai di datangi orang untuk sol sepatu.

Sebagian besar orang Indonesia berekonomi sedang sehingga sepatu yang dibeli dibawah 200 ribu, artinya…! Anda bisa membuka sol sepatu di tempat ramai seperti pasar dan di depan pertokoan. Kelihatannya remeh namun bila sehari ada 20 orang yang datang kepadanya maka tinggal mengkalikan saja.  Misalnya biaya sol persepatu 10 ribu, kalau dikalikan 20 bisa 200 ribu.

 

6. Penjahit

Menjadi seorang penjahit hasilnya cukup menjanjikan karena kebutuhan akan pakaian terus ada. Memang sih pakaian bisa dibeli di toko namun ada kalanya seperti seragam sekolah, pakaian kantor, dan gaun pernikahan yang harus dibawa ke tuang penjahit untuk mendapatkan ukuran yang pas.

Hanya bermodalkan mesin jahit, jarum, dan benang, penjahit bisa mematok harga yang tinggi untuk setiap pakaian yang dijahitnya. Apalagi kalau sudah punya nama, pasti uang akan datang dengan sendirinya.

Momen yang paling menguntungkan sekaligus melelahkan bagi penjahit adalah pada saat memasuki tahun ajaran baru, hari raya, dan musim pernikahan. Kalau sudah lelah terkadang penjahit menolaknya, ini membuktikan bahwa menjadi seorang penjahit cukup menjanjikan.

 

7. Bengkel Motor

Untuk Anda yang mempunyai kegemaran otak-atik sepeda motor tidak ada salahnya membuka bengkel motor. Hasil yang didapatkan dari service cukup banyak, selain itu Anda juga bisa menjual olie dan spareparts motor dari bengkel Anda. Seperti dalam peribahasa “Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.”

Modal awal membuka bengkel motor adalah ketertarikan, tanpa ambil SMK jurusan otomotif Anda bisa mengikuti pelatihan service motor di BLK. Kalau sudah mahir baru berani membuka bengkel motor sendiri.

 

8. Cuci Motor

Dalam sepanjang sejarah tidak ada yang namanya penurunan penjualan sepeda motor, artinya kebutuhan akan motor selalu meningkat. Meskipun ada yang turun penjualnya itu hanya dari merek tertentu saja, namun kalau ditotal dari keseluruan pembeli pasti naik.

Artinya kalau 1 motor saja di bawa ke pencucian motor seharga 20 ribu rupiah, berapa kalau 10 hingga 20 motor sehari? Belum lagi kalau musim hujan tiba pasti ramai sekali yang datang ke pencucian motor.

Hanya bermodalkan pompa air dan shampoo, Anda bisa membuka jasa pencucian motor di daerah Anda. Buat promo menarik misalnya yang 5 kali cuci mendapatkan gratis 1 cuci, pasti orang senang mencucikan motornya.

 

9. Laundry

Usaha sampingan bagi ibu rumah tangga dengan penghasilan tinggi adalah membuka laundry. Dengan bermodalkan mesin cuci dan setrika, Anda bisa memulai usaha ini. Untuk mendapatkan parfum laundry yang khas bisa membelinya di toko parfum.

Tahukah Anda bahwa sekarang orang pada malas mencuci pakaian meskipun di rumahnya ada mesin cuci. Rata-rata memilih membawanya ke tukang laundry terima beres. Bersih, harum, dan rapi karena telah disetrika ini yang menjadi alasan kenapa orang lebih memilih membawa pakaian kotor ke laundry.

Membuka usaha laundry ditengah pemukiman padat penduduk dan di dekat perguruan tinggi dimana banyak anak-anak yang kos cukup menjanjikan. Sempitnya area untuk menjemur pakaian menjadikan laundry sebagai pilihan utama membersihkan pakaian.

 

10. Sedot WC

Sedot WC merupakan usaha yang paling menggelikan daripada yang telah disebutkan di atas. Modal utama untuk berani menjadi tukang sedot WC adalah berani kotor karena berhubungan dengan kotoran manusia.

Ditinjau dari peralatannya ada 2 jenis tukang sedot WC yaitu yang pertama menggunakan alat sedot dan yang kedua secara manual. Yang paling banyak dicari dan mahal biayanya adalah sedot manual karena menggunakan ember untuk membersihkan kotoran.

Tidak semua WC bisa disedot menggunakan alat, yang telah lama tidak disedot bisa mengeras sehingga butuh bantuan cangkul dan ember untuk membersihkannya. Biayanya sekitar 600 hingga 900 ribuan per WC, lumayan kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.