Setelah Install Komputer

5 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Install Komputer

Posted on 75 views

Install komputer merupakan ketrampilan yang harus dimiliki oleh setiap pengguna komputer. Tidak peduli dia laki-laki maupun perempuan kalau bisa install Windows merupakan kebangaan tersendiri daripada semuanya diserahkan ke tukang service. Setelah Anda menguasainya ada beberapa hal yang harus dilakukan setelah install komputer seperti install driver dan aplikasi pendukung.

Dalam pembahasan ini diasumsikan Anda sudah menguasai install komputer kemudian perlu penguasaan lain supaya komputer berjalan lebih optimal. Kebanyakan dari mereka setelah bisa install Windows merasa sudah cukup karena semuanya berjalan normal, padahal tanpa install driver itu masih menggunakan driver bawaan Windows.

Memang sih bisa berjalan normal, gambar di layar komputer juga sudah jelas begitupun dengan driver audio dan wifi yang langsung aktif. Tetapi masih bisa dioptimalkan lagi dengan install driver sesuai chipsetnya masing-masing. Baiklah berikut ini ada 5 hal yang harus Anda lakukan setelah install komputer. Selengkapnya silahkan lihat penjelasannya berikut ini.

 

Lakukan 5 Hal Ini Setelah Install Komputer Supaya Lebih Optimal

 

1. Install Driver

Driver komputer itu macamnya banyak sekali mulai dari graphics cards, audio, wifi, chipset motherboard, dan chipset prosesor. Driver ini biasanya diberikan ketika membeli komputer, bila tidak ada atau hilang bisa mendownloadnya di masing-masing website pembuat hardware.

Baca: Cara Install Drive AMD Radeon di Komputer Windows

2. Install Aplikasi Dasar

Yang dimaksud aplikasi dasar di sini adalah yang paling mendasari dan harus ada di komputer yaitu program Office. Silahkan install terlebih dahulu supaya bisa bekerja menggunakan Microsoft Office. Selain itu jangan lupa install pemutar video dan mp3 untuk menjalankan media yang tersimpan di komputer Anda.

3. Install Aplikasi Pendukung

Aplikasi pendukung adalah aplikasi penunjang untuk memudahkan Anda dalam mengerjakan sesuatu, misalnya hobi edit video maka Adobe Premiere dan Corel Video Studio harus terinstall di komputer Anda.

4. Percepat Booting Komputer

Setelah semua driver dan aplikasi pendukung di install sekarang optimalkan kecepatan booting komputer dengan cara mematikan program/ aplikasi yang berjalan pada startup Windows. Semakin banyak aplikasinya maka yang berjalan pada startup juga banyak sehingga membutuhkan resource komputer ketika baru dinyalakan. Matikan aplikasi yang berjalan di startup Windows untuk mempercepat booting komputer, caranya bisa Anda baca melalui tautan berikut ini.

Baca: Cara Disable Program di StartUp Windows

5. Aktifkan Hibernate Komputer

Hibernate adalah mode mematikan komputer dengan tetap membuka program yang berjalan sebelum komputer dimatikan. Ketika menggunakan mode ini tidak perlu menutup program/ aplikasi yang sedang berjalan, cukup klik Power kemudian hibernate. Ketika dinyalakan maka program tersebut tetap terbuka dan ini akan menguntungkan Anda daripada memulainya dari enol dengan membuka satu-persatu programnya.

Demikianlah informasi apa saja yang harus dilakukan setelah install komputer, semoga dapat menambah pengetahuan tentang dunia komputer. Pengaplikasian “install” (pasang) pada komputer itu dikelompokkan menjadi 2 yaitu install hardware (merakit) dan install software.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.