Fenomena Pansos

Pengertian Pansos dan Ciri-Cirinya

Posted on 18 views

Sungguh beruntungnya kita hidup di zaman modern seperti sekarang ini dimana perkembangan teknologi semakin cepat sehingga bisa memiliki smartphone/ komputer canggih yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter, dan YouTube. Dari sosial media inilah kemudian muncul istilah baru yang disebut “pansos,” sayangnya hanya sedikit orang yang mengetahui pengertian pansos dan ciri-cirinya seperti apa.

Bila Anda termasuk salah satu pengguna sosial media yang belum tahu pengertian pansos maka tepat sekali membaca artikel ini karena akan dijelaskan secara detail beserta ciri-ciri orang yang melakukan pansos itu seperti apa. Istilah pansos pertama kali dipopulerkan oleh beberapa tokoh atau kalangan artis berpengaruh yang setiap ucapannya dianggap bisa dipercaya meskipun itu negatif.

Sekarang istilah pansos muncul dimana-mana seperti melalui portal berita online, televisi, dan tayangan YouTube. Pengguna sosial media yang hanya bersosial media tidak peduli dengan pengertian pansos, yang penting bisa menjalankan Facebook, Twitter, dan YouTube sudah cukup. Padahal kalau mau mendalaminya bisa menambah pengetahuan kita dalam bersosial media.

 

Pengertian Pansos

Pansos merupakan kependekan dari panjat sosial. Memangnya sosial media bisa dipanjat ya? ini hanya kiasan saja. Arti yang sebenarnya adalah mencari perhatian melalui sosial media.

Pansos merujuk kepada orang-orang yang suka mencari perhatian banyak orang, terutama di sosial media, kalau di luar negeri disebut Attention Seeker alias pencari perhatian.

Tujuan melakukan pansos adalah untuk mendapat pengakuan dari orang lain, dan untuk mencapai kepopuleran di media sosial meskipun harus bersandiwara.

 

Contoh Pansos

Contoh pansos dalam media sosial misalnya ada seseorang yang sikapnya sok kaya, padahal kenyataannya dia orang tidak mampu. Artinya, orang itu menunjukkan dirinya itu orang kaya, padahal kenyataannya itu hanya sebuah ilusi. Ya rata- rata sikap anak milenial zaman now seperti itu.

Terkadang orang pansos juga tidak segan-segan mencuri foto milik orang lain atau foto dari media lain demi mendapat pujian dan perhatian, seolah-olah dia adalah orang sukses atau kaya, padahal aslinya dia biasa saja dan tidak sesempurna itu.

 

Ciri-Ciri Orang Yang Melakukan Pansos

  1. Show Off, selalu menunjukkan sisi kelebihan dari orang pansos seperti rumah, perhiasan, kendaraan, atau yang lain
  2. Merasa terpintar, orang pansos selalu merasa bahwa dirinya adalah orang yang paling pintar dari orang lain
  3. Tampil modis, penampilannya selalu modis dan kekinian banget, dandanannya pun sangat menor
  4. Status kontroversial dan sensasional karena ingin tenar maka orang pansos selalu membuat status di media sosial secara kontroversial atau sensasional
  5. Sombong
  6. Sering komentar di luar topik yang sedang dibicarakan/ OOT (Out of the Topic)
  7. Tidak bisa membaca suasana, membuat candaan yang berlebihan padahal sedang serius
  8. Sering membuat postingan dengan niat bercanda, namun berlebihan
  9. Alay di grup
  10. Bertingkah seperti anak- anak, meskipun di sekitarnya banyak orang dewasa
  11. Postingan yang dibuat kebanyakan mendapat respon yang tidak baik, namun tetap dilanjut terus dan terus.

 

Apakah Selamanya Pansos Itu Tidak Baik

Kebanyakan orang memang melakukan pansos untuk pencitraan namun tidak semuanya, ada yang tujuannya untuk menghibur dan meramaikan grup. Di sini sebenarnya Anda bisa membedakan mana yang benar-benar pansos atau tidak, kalau misalnya candaannya tidak tepat sikon dipastikan itu pansos.

Baca: Pengertian Influencer dan Manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.