Perbedaan Kuliah Jurusan TIK SI

Perbedaan Kuliah Jurusan TIK SI TKJ dan Ilmu Komputer

Posted on 36 views

Selain menekuni hobi ngeblog, kesibukan TERAA.NET lainnya adalah mengajar sebagai guru Bimbingan dan Konseling (BK) di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri. Seperti biasa ketika musimnya pendaftaran perguruan tinggi banyak siswa konsultasi mengenai jurusan yang cocok dengan dirinya sendiri. Ada salah satu siswa yang menanyakan apa perbedaan kuliah jurusan TIK dan SI karena untuk mendukung kegemarannya yang suka mengetes keamanan website.

Sebelum menjawab pertanyaan siswa tersebut, coba Saya giring untuk menemukan jawabannya sendiri dengan mencari referensi dari internet. Menurutnya kalau ambil jurusan TIK bahasa pemrogramannya sulit karena siswa tersebut tidak menguasai logika matematika, sedangkan kalau ambil jurusan SI agak ringan dari TIK. Apakah jawaban tersebut benar? tentu ada benarnya juga, namun poin perbedaannya tidak di situ.

Untuk menjelaskan perbedaan jurusan TIK dan SI, Saya jelaskan juga perbedaannya dengan TKJ dan Ilmu Komputer karena ke-4 jurusan tersebut saling berkaitan dan tentunya ada salah satu siswa yang tertarik untuk mengambilnya. Minat siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dengan mengambil kuliah yang berhubungan dengan komputer cukup tinggi untuk mendukung revolusi industri 5.0.

Kembali pada paragraf pertama, seandainya ingin memperdalam ketrampilan keamanan website harus ambil jurusan apa? karena tidak ada jurusan yang spesifik tentang security web, semuanya general. Asalkan menguasai bahasa pemrograman dan komputer jaringan maka bisa melatih ketrampilan keamanan website.

Lowongan kerja di industri yang berkaitan dengan komputer juga mengakomodasi lulusan TIK, SI, TKJ, dan Ilmu Komputer. Semuanya tergantung dari pribadinya masing-masing, apakah bau belajar dan mengembangkan diri atau tidak. Asalkan pendaftar bisa mengerjakan tes yang diberikan perusahaan maka diterima kerja.

 

Apa Bedanya TIK, SI, TKJ, dan Ilmu Komputer

Berikut ini penjelasan perbedaan dari ke-4 jurusan tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

1. Teknik Informasi Komputer (TIK)

Kuliah jurusan Teknik Informasi Komputer akan diajari cara membuat tool atau membuat software dengan beberapa bahasa pemrograman. Jadi lebih ke pengembangan perangkat lunak, sedangkan yang berkaitan dengan hardware hanya sebatas pengenalan saja apalagi tentang jaringan.

2. Sistem Informasi (SI)

Ketika diterima di jurusan Sistem Informasi maka akan mempelajari atau menggunakan tool yang ada. Anda tidak akan mendapatkan pelajaran yang mendalam bagaimana cara membuat tool, biasanya diberikan hanya sebagi pengantar atau pemrograman level bawah.
Yang dimaksud tool di sini adalah aplikasi/ software, cocok sekali untuk Anda yang ingin mahir dalam aplikasi Adobe Photoshop, Adobe Premiere, dan lain sebagainya.

3. Teknik Komputer Jaringan (TKJ)

Cakupan yang paling luas adalah Teknik Komputer Jaringan, karena selain mempelajari jaringan dan komputer server juga ada materi pemrograman web. Selain itu sama seperti jurusan Ilmu Komputer, di sini juga diajari cara merakit PC (Komputer dekstop/ laptop) dan cara menjalan sistem operasi server. Namun variasi pengenalan bahasa pemrograman kalah dengan jurusan Teknik Informasi Komputer.

4. Ilmu Komputer

Ilmu komputer lebih ke pendalaman hardware termasuk komponen di dalamnya dan juga pemrograman dasar untuk menjalankan hardware tersebut. Porsi ilmu komputasinya porsinya lebih sedikit daripada jurusan Sistem Informatika.

Baca: Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Shutdown

Demikianlah informasi perbedaan kuliah jurusan TIK SI TKJ dan Ilmu Komputer, semoga ketidaktahuan Anda tentang perbedaan tersebut dapat terjawab dan bisa menentukan jurusan mana yang akan diambil.

Selanjutnya silahkan daftar melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk ikut jalur SMPTN, SBMPTN, dan reguler. Bagi yang ingin kuliah di Politeknik Negeri melalui jalur undangan bisa melalui protal SMPN di alamat berikut in https://snmpn.politeknik.or.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.