Cara memotong video YouTube

Cara Memotong Video YouTube Dengan Creator Studio

Posted on

Cara memotong video YouTube dengan Creator Studio artinya memotong video yang telah diupload menggunakan editor bawaan YouTube yang bernama Creator Studio.

Sebelum mengupload atau mengunggah video pada channel YouTube biasanya telah diedit terlebih dahulu menggunakan program video editing. Terkadang apa yang telah kita edit sudah kelihatan sempurna sehingga video tersebut siap untuk diupload.

Namun setelah proses upload selesai dan memutarnya ternyata ada bagian tertentu yang salah atau kurang pas sehingga memutuskan untuk memotongnya. Kalau memotong video secara offline menggunakan program video editing maka harus menghapus yang telah diupload dan mengupload kembali video yang telah diedit.

Baca: 14 Rahasia Membuat Video YouTube Jadi Trending

Tentu proses tersebut cukup memakan waktu yang lama belum lagi kalau durasi videonya panjang sehingga untuk upload butuh waktu berjam-jam. Cara mengatasi permasalahan tersebut silahkan manfaatkan editor YouTube yang bernama Creator Studio.

Creator Studio ini mempunyai kemampuan memotong video secara online pada halaman YouTube Studio (Beta). Caranya tidak sulit kok, silahkan ikuti petunjuknya berikut ini maka InsyaAllah bisa melakukannya.

Memotong Video YouTube Yang Telah Diuload Dengan Creator Studio

1. Silahkan login ke akun YouTube kemudian masuk ke YouTube Studio (Beta). Secara otomatis Anda akan dibawa ke tampilan terbaru YouTube Studio, supaya bisa memotong video yang telah diupload maka harus menggunakan tampilan lama (classic)
2. Cara beralih ke tampilan classic silahkan pilih menu Creator Studio Classic kemudian muncul notifikasi “Thanks for trying out the new experience!” > lanjutkan dengan memilih Skip
3. Cari video yang akan Anda potong pada Video Manager kemudian pilih Edit
4. Pilih tab menu Enhancements > Trim. Selengkapnya silahkan perhatikan contohnya seperti pada gambar berikut ini

5. Geser indikator yang diberi tanda panah berikut ini pada bagian video yang akan dipotong kemudian pilih Done. Bila ingin memotong video pada bagian tertentu seperti ditengah-tengah gunakan fitur Split

6. Langkah terakhir adalah menyimpan video dengan memilih Save
7. Tunggu proses rendering yang dilakukan oleh YouTube, biasanya memakan waktu yang lama sesuai panjang dan pendeknya durasi video.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.