Cara Uninstall/ Menghapus Program Windows Yang Benar

Posted on

Uninstall adalah proses menghapus program yang telah terinstall pada komputer. Tergantung komputernya mau memakai sistem operasinya apa, Windows atau Linux. Khusus untuk pengguna Windows pemula/ newbe yang baru belajar memakai produknya Mincrosoft berikut ini ada informasi cara menghapus program komputer yang benar.

Sebenarnya semua cara menghapus program komputer itu benar asalkan tidak langsung dengan klik kanan kemudian Delete. Cara tersebut hanya menghapus shortcutnya saja, bukan program secara keseluruhan. Bahasan ini sepertinya tidak terlalu penting, namun untuk pemula yang baru menggunakan Windows pasti sangat terbantu sekali.

Pengguna Windows yang memutuskan untuk menghapus program biasanya karena sudah tidak digunakan lagi. Daripada memenuhi space harddisk maka diuninstall program tersebut.

3 Cara Uninstall Program Windows Yang Benar

1. Unsinstall Melalui Start Menu Windows

Cara pertama menghapus program komputer adalah melalui Start Menu Windows, caranya silahkan klik atau tekan tombol jendela Windows kemudian cari program yang ingin dihapus. Program yang ditampilkan di sini biasanya meliputi program itu sendiri, tautan menuju official website, dan uninstall.

Pilih Uninstall maka program tersebut akan dihapus dari komputer. Ikuti perintah uninstall program hingga selesai dan kini Anda telah berhasil menghapus program yang sudah tidak digunakan lagi.

Cara Uninstall Program Windows

Menu Start Windows cuma ada di Windows 7, 8.1, dan 10, untuk pengguna Windows 8 namanya Start Screen. Cara menghapusnya kurang lebih sama, tinggal cari menu uninstall maka program bisa dihapus.

Baca: Cara Mematikan Antivirus Bawaan Windows 10

2. Uninstall Program via Control Panel

Cara selanjutnya adalah melalui Control Panel, cara ini direkomendasikan untuk Anda bila tidak menemukan opsi uninstall pada Start Menu Windows. Kenapa tidak semua opsi uninstall muncul? biasanya sih tergantung dari program yang diinstall tersebut telah membundle bersamaan uninstallnya atau tidak.

Buka Control Panel kemudian pilih Program and Features. Cari program yang ingin dihapus dengan klik kanan pilih Uninstall.

Cara Menghapus Program Windows

Tampilan program pada Uninstall or change a program lebih lengkap daripada yang ada pada Start Menu Windows. Itu artinya, Anda diberi kemudahan untuk menghapus program komputer secara cepat dan tepat.

3. Menghapus Program dengan IObit Uninstaller

Tahukah Anda, bila menghapus program komputer tanpa menggunakan program khusus maka sisa file registry tersimpan di komputer. Akibatnya bila sering install program dan menghapus maka registry ini bisa membuat perfoma Windows menurun.

Oleh karena itu cara yang tepat adalah menggunakan program Uninstaller yang memang diciptakan untuk menghapus program sampai keakar-akarnya. Rekomendasinya adalah bisa memakai IObit Uninstaller, CCleaner, dan atau program sejenis lainnya.

IObit Uninstaller

Gambar di atas adalah screenshot IObit Uninstaller yang terinstall di komputer TERAA.NET. Bila Anda tertarik menggunakannya maka silahkan download di official websitenya. Tersedia 2 pilihan yaitu versi gratisan dan berbayar, kalau ingin yang powerfull lebih baik pakai yang berbayar.

Download IObit Uninstaller

Setelah membaca artikel ini dan menerapkannya ternyata cara menghapus program komputer bisa melalui 3 cara yaitu lewat Start Menu Windows, Control Panel, dan program Uninstaller. Anda bisa memilih salah satu dari ke-3 cara tersebut yang dianggap paling mudah dilakukan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.