YouTube Pakai Hape

Menjadi YouTuber Sukses Hanya Bermodalkan Smartphone

Posted on

Menjadi YouTuber sukses tidak harus harus mahal yang penting ada tekat dan kemauan itu sudah cukup. Mereka yang ingin mencoba peruntungan dari YouTube pada beranggapan bahwa butuh modal besar ketika ingin menjadi seorang YouTuber. Sebenarnya mempunyai anggapan seperti itu tidak jadi masalah kalau Anda mempunyai uang yang cukup untuk memulainya namun kalau tidak gimana?

Jangan patah semangat, konten YouTube itu sangat variatif dan unik lo, bila tidak punya kamera bagus bisa ngevlog menggunakan smartphone. Bila kamera smartphonenya jelek bisa membuat video tutorial komputer yang diambil langsung dari rekaman komputer. Jadi hilangkan pikiran negatif jadi YouTuber itu mahal.

Bicara tentang YouTuber sukses berikut ini akan diulas cara memanfaatkan smartphone untuk merekam video. Meskipun hasilnya tidak sebagus ketika menggunakan kamera Mirroless atau DSLR namun setidaknya gambar videonya tajam dan enak dilihat di mata. Smartphone keluaran terbaru rata-rata sudah suport 4K sehingga kualitas videonya bagus.

Baca: Tips Memilih Smartphone Terbaik Untuk Ngevlog

Sebenarnya tujuan dari ditulisnya artikel ini adalah untuk memberi semangat kepada mereka yang akan memulai bermain YouTube dengan biaya pas-pasan hanya bermodalkan smartphone saja. Berikut ini ada tips memilih kamera smartphone bagus untuk merekam video, selengkapnya silahkan baca penjelasannya melalui tautan di bawah ini.

 

Alat Penunjang YouTube Smartphone

Alat yang digunakan untuk membuat konten YouTube tidak hanya smartphone saja, Anda membutuhkan alat lain seperti tripod, gimbal stabilizer, lampu, dan aplikasi untuk mengolah video. Apabaila alat tersebut dapat dipenuhi semua maka akan menjadi YouTuber smartphone profesional yang bisa mendatangkan penghasilan.

Setidaknya ada 5 alat yang jadi penunjang YouTuber smartphone, alat tersebut adalah:

1. Tripod

Mengambil video menggunakan tangan dipastikan banyak goyangnya meskipun smartphone dilengkapi fitur OIS dan EIS. Lagian untuk merekam objek statis yang tidak memerlukan pindah tempat disarankan menggunakan tripod.

Silahkan pasang smartphone pada holder U bawaan tripod kemudian rekam video, kini Anda bisa fokus pada penyajian konten. Harga tripod sangat terjangkau ada yang dijual kisaran 30 ribu rupiah hingga yang paling bagus 100 ribu keatas.

2. Gimbal Stabilizer

Sesuai namanya fungsi gimbal untuk menstabilkan video supaya tidak goyang. Gimbal dapat berjalan otomatis mengikuti pergerakan Anda ketika sudah dikunci dengan pendeteksi wajah.

Pokoknya alat yang satu ini direkomendasikan untuk Anda yang suka ngevlog sambil jalan-jalan. Rekemendasi gimbal smartphone terbaik adalah produknya Moza, Zhinyun, DJI Osmo, dan Feiyu Tech.

3. Mikrofon

Suara yang dihasilkan dari rekaman smartphone sebenarnya sudah bagus namun noise tidak bisa hilang. Yang dimaksud noise adalah suara bising yang mengganggu suara utama.

Untuk itu belilah mikrofon yang mampu mengurangi noise dan hanya merekam suara Anda secara terfokus. Misalnya ngevlog di pasar yang penuh hiruk pikuk maka suara orang lain bisa masuk dalam rekaman kecuali menggunakan mikrofon bagus.

Merek mikrofon yang sering dipakai oleh para YouTuber adalah seperi Boya dan Rode. Harganya variatif ada yang murah hingga paling mahal.

4. Lampu

Lampu diperlukan untuk menerangi objek yang gelap, misalnya merekam di malam hari. Lampu khusus untuk rekaman tersedia banyak di beberapa toko online, silahkan ketik dengan keyword “lampu studio” maka Google akan menampilkannya.

Bila tidak mampu membelinya gunakan lampu belajar atau apa yang penting bisa menerangi ojek yang diambil videonya.

5. Software/ Aplikasi Edit Video

Aplikasi edit video banyak sekali mulai yang gratis hingga berbayar. Untuk pemula gunakan aplikasi yang gampang dipelajari seperti Wondershare Filmora dan Camtasia, baru setelah mahir bisa mencoba Adobe Premiere Pro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.