Cara Masuk Panel airOS Akses Point Ubiquiti (UBNT)

Posted on 18 views

AirOS adalah system operasi canggih untuk melakukan konfiguasi pada akses point Ubiquiti. Produk ini dikembangkan oleh perusahaan Ubiquiti Networks dengan tampilan antarmuka sederhana yang mudah dipahami oleh para penggunanya. AirOS merupakan panel untuk melakukan pengaturan pada produk Ubiquiti. Menu utama yang terdapat pada system operasi airOS adalah main, wireless, network, advanced, services, dan system.

Untuk menjalankan system operasi airOS tidak harus menginstall di komputer melainkan cukup menggunakan browser. AirOS adalah system operasi berbasis web sehingga untuk mebukanya harus mengetik alamat IP yang telah ditentukan Ubiquiti Networks. Tentu bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan produknya Ubiquiti Networks sedikit kebingungan bagaimana caranya masuk panel control untuk konfiguasi akses point.

Sekilas Tentang Ubiquiti Networks

Ubiquiti Networks adalah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat yang berdiri tahun 2005. Perusahaan ini berbasis di San Jose, California dengan fokus utama membuat peralatan jaringan nirkabel untuk negara berkembang termasuk Indonesia.

Ubiquiti Unggul Dari Segi Kemudahan

Kalau ada yang bertanya kenapa memilih produknya Ubiquiti? padahal harganya lebih mahal dari kompetitor? jawabnya adalah segi kemudahan. Anda tidak perlu khawatir dibikin pusing melakukan pemasangan produk Ubiquiti dan konfigurasinya, semuanya mudah. Berdasarkan hasil wawancara sesama pengguna Ubiquiti mengatakan sinyalnya kuat dan tidak gampang trouble. Mungkin ini salah satu alasan kenapa para pengusaha jaringan internet RT/ RW Net lebih menyarankan menggunakan produknya Ubiquiti, tidak lain karena kemudahan dalam pemasangannya.

Baca: Ganti Password dan Username Netis WF2411E Wireless Router

Cara Masuk Panel airOS UBIQUITI Untuk Melakukan Settingan Konfigurasi Akses Point

1. Hubunghkan komputer/ smartphone dengan iternet, bisa menggunakan kabel jaringan dan atau wireless router yang terhubung ke akses point Ubiquiti

2. Buka browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dll) kemudian ketik 192.168.1.1 pada address bar
3. Ketika membuka pertama kali 192.168.1.1 maka muncul pesan Your connection is not private
4. Beri tanda centang pada Automatically send some system information and page content to Google to help detect dangerous apps and sites… lanjutkan dengan memilih advanced
5. This server could not prove that it is 192.168.1.1 its security certificate is not trusted by your computer’s operating system. This may be caused by a misconfiguration or an attacker intercepting your connection… lanjutkan dengan memilih Proceed to 192.168.1.1 (unsafe)
6. Login airOS, letik User Name: ubnt dan Password: ubnt
Login ke panel AirOS
7. AirOS pada LiteBeam M5
airOS menu
8. Setelah panel airOS terbuka kini dapat melakukan settingan konfigurasi sesuai keperluan
9. AirOS terdiri dari 6 menu utama yaitu main, wireless, network, advanced, services, system.

Baca: Cara Buka Situs Yang Diblokir Dengan Extension Mozilla Firefox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *