Cara Membuat Pavicon

Cara Membuat Pavicon Untuk Website atau Blog

Posted on 3 views

Pavicon adalah icon utama yang muncul pada address bar browser ketika membuka halaman website atau blog. Pavicon merupakan simbolis dari judul blog, misalnya blog sekolah yang menggunakan icon gambar logo sekolah. Untuk platfom WordPress menggunakan format gambar .png, sedangkan untuk blogger.com menggunakan format gambar .ico. Secara general icon menggunakan ekstensi .ico (ICON).

Yang mempelopori penggunaan pavicon untuk pertama kalinya adalah Microsoft, pada tahun 2005 merilis browser Internet Explorer 5 dengan pavicon huruf (e). Setelah itu penggunaan pavicon meluas untuk berbagai jenis blog, termasuk yang digunakan oleh teraa.net.

Cara paling mudah mendapatkan icon yang pas untuk website atau blog yaitu dengan browsing di internet. Anda dapat menemukan icon yang dirasa pas dan sesuai dengan situs Anda, namun bila tidak menemukan bisa membuatnya sendiri. Cara membuat icon bisa menggunakan adobe indesign dan atau corel draw, silahkan pilih aplikasi yang paling mudah digunakan dan dikuasai.

Bila tidak mempunyai kemampuan berimaginasi untuk menggambar silahkan edit gambar yang ada kemudian disesuaikan dengan blog Anda. Pavicon yang dimaksud disini adalah mengubah gambar .png menjadi .ico, jadi merubah format gambar yang telah ada menjadi format icon. Yang perlu diperhatikan ketika membuat pavicon adalah ukurannya, karena yang ditampilkan pada address bar browser ukurannya kecil maka buatlah gambar icon kurang dari 300 x 300 px.

Fungsi Pavicon Website atau Blog

Pavicon bukan sebatas gambar icon yang tampil di address bar browser melainkan sebuah identitas logo atau brand dari website perusahaan atau blog personal. Dengan memasang pavicon orang lebih mengenal situs Anda dengan cisi khas tertentu.

Cara Membuat Pavicon Dengan CovertICO

1. Siapkan gambar yang akan dibuat pavicon, yaitu gambar .png. Bila masih .jpg .bmp .gif, dan .tif ubahlah menjadi .png
2. Hubungkan komputer dengan intenet
3. Buka situs CovertICO, cari gambar yang akan diubah menjadi icon
4. Icon sudah jadi, silahkan download

5. Sekarang Anda dapat menambahkan pavicon pada website atau blog.

Kesimpulannya ternyata membuat pavicon untuk website perusahaan, organisasi, pemerintahan, dan blog pribadi sangatlah mudah. Dengan memanfaatkan layanan online ConvertICO bisa membuat pavicon dengan mudah dalam hitungan detik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *