Kartu Indonesia Sehat

Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan Yang Hilang

Posted on

Cara mengurus kartu BPJS Kesehatan yang hilang sangatlah mudah asalkan Anda mengetahui syarat dan prosedurnya. Untuk menanyakan hal tersebut bisa datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan di kota Anda. Namun daripada Anda wira-wiri balik ke sana ke sini menyiapkan berkasnya silahkan simak panduan Minta Kartu BPJS Kesehatan yang hilang berikut ini.

Risiko kehilangan kartu BPJS Kesehatan sangat tinggi karena kartu ini harus di simpan dalam dompet bersama ATM, KTP, SIM, dan STNK. Jadi tidak boleh di simpan di rumah karena bila Anda butuh sewaktu-waktu misalnya dalam perjalan terjadi kecelakaan atau sakit secara mendadak langsung bisa menggunakan BPJS di RSU dan RS Swasta yang telah menjalin mitra dengan BPJS Kesehatan.

Kartu BPJS Kesehatan sekarang telah berubah namanya menjadi Kartu Indonesia Sehat (KIS), hal serupa juga berlaku bagi pemegang Askses (Asuransi Kesehatan). Jadi bila kartu Anda masih berupa BPJS dan Askes silahkan tukarkan di kantor BPJS Kesehatan maka akan diganti secara gratis.

Penyebab hilangnya kartu asuransi kesehatan milik pemerintah ini sangat beragam mulai karena jatuh bersamaan dompet. hilang karena dicuri, dan atau hilang akibat lupa naruh. Ketika mengetahui dan sadar kartunya hilang jangan panik dulu, lebih baik siapkan tekat untuk mengurusnya kembali. Karena pendaftaran BPJS Kesehatan menggunakan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) maka kedua persyaratan tersebut harus ada ketika minta kartu baru.

Untuk meyakinkan kehilangan maka perlu Surat Pengantar Kehilangan dari Kepolisian. Anda bisa meminta surat ini di POSEK atau POLRES, pilih saja yang paling dekat dengan rumah Anda. Persyaratan yang diminta oleh pihak Kepolisian adalah foto kopi KTP, untuk itu siapkan persyaratan tersebut minimal 1 lembar (lebih banyak malah bagus untuk jaga-jaga kalau kurang).

Baca: Persyaratan Mengurus Surat Kehilangan KTP, SIM, STNK, ATM

Persyaratan Mengurus Kartu BPJS Kesehatan

1. Foto Kopi Kartu Keluarga (KK)
2. Foto Kopi Kartu Penduduk (KTP)
3. Surat Kehilangan dari Kepolisian.

Cara Minta Kartu BPJS Kesehatan Karena Hilang

1. Silahkan bawa persyaratan seperti KK, KTP, dan Surat Kehilangan ke kantor BPJS Kesehatan di kota Anda
2. Ambil nomor antrian, tunggu gilirannya dipanggil
3. Setelah dipanggil silahkan ngomong apa adanya tentang kehilangan kartu BPJS Kesehatan
4. Pihak BPJS Kesehatan akan mencetak ulang Katu BPJS yang hilang dengan yang baru. Kartunya ada yang langsung jadi dan adapula yang dikirim via POS Indonesia ke alamat rumah Anda
5. Simpan kartu BPJS Kesehatan dengan aman, jangan sampi kehilangan lagi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.