Cara Mengetahui Peringkat Blog dengan Smilar Web dan Alexa

Posted on

Mengetahui peringkat website/ blog itu penting sekali untuk memacu blogger lebih serius dalam menulis artikel. Semakin bagus peringkat website/ blog maka semangat untuk menulis makin tinggi, namun bila peringkatnya turun maka jadi malas untuk menulis. Dengan mengetahui peringkat situs dapat dijadikan tolak ukur apakah website/ blog kita kompetitif di mesin pencari.

Website/ blog yang keywordnya bermunculan di search engine dipastikan peringkatnya ramping/ bagus. Peringkat website/ blog dapat dikur berdasarkan perbandingan ranking seluruh dunia atau hanya dalam negeri saja. Untuk mengetahuinya Anda bisa memanfaatkan Smilar Web dan Alexa, keduanya merupakan tool gratis yang dapat Anda coba untuk mengecek peringkat sebuah blog.

Dengan cara tersebut Anda bisa membandingkan peringkat website/ blog dengan milik orang lain (compare). Bila ternyata hasilnya kurang memuaskan jadikanlah sebuah PR bagaimana cara menaikkan peringkat tersebut. Memiliki website/ blog dengan jumlah pengunjung tinggi penentu kesuksesan Anda sebagai internet marketing. Anda dapat meraup penghasilan sebagai Google Publisher dan menjalin kerjasama sebagai pereview produk.

1. Smilar Web

Smilar Web adalah aplikasi berbasis online yang menyediakan analisis dan perbandingan website/ blog. Didirikan pada tahun 2009 yang lalu oleh Jason Schwartz, hingga saat ini Smilar Web selalu menjadi pilihan utama selain Alexa untuk mengukur peringkat website/ blog. Anda dapat menggunakan fitur gratisan yang disediakan situs ini, namun untuk menggunakan semua tool yang berkaitan dengan pengoptimalan mesin pencari harus menggunakan versi pro/ berbayar.

Cara Melihat Peringkat Website/ Blog dengan Smilar Web

1. Buka Smilar Web
2. Ketik URL website/ blog, misalnya indoamaterasu.com kemudian enter
3. Ini adalah hasilnya, ditampilkan secara jelas Global Rank, Country Rank, dan Category Rank
peringkat smilarweb 4. Traffic Overview mengetahui rata-rata pengunjung perharinya
overview smilarweb 5. Traffic by Countries, jadi Anda dapat melihat pengunjung website/ blog berasal dari negara mana saja
peringkat website seluruh dunia6. Top Referring Site melihat daftar situs yang mengarah ke website/ blog.
reffering site

2. Alexa

Alexa adalah portal online yang menyediakan informasi ranking/ peringkat sebuah website/ blog. Sayangnya kini Alexa tidak gratisan lagi, harus membeli versi pro. Meskipun begitu yang dulunya mencoba versi gratisan tetap bisa menggunakan Alexa untuk mengecek peringkat situs. Alexa merupakan anak perubahan dari Amazon yang fokus mengenai tool pengoptimalan mesin pencari.

Cara Cek Peringkat Website/ Blog dengan Alexa

1. Buka Alexa, kemudian cari Browse Top Site
2. Ketik URL website/ blog kemudian pilih Find
browse top site
3. Alexa Traffic Rank menampilkan peringkat website/ blog secara global maupun dalam negeri
peringkat alexa
4. Search Traffic memuat informasi keyword yang ada pada website/ blog
search traffic 5. Upstream Site berisi daftar situs referral yang mengarah ke website/ blog.

Smilar Web dan Alexa Tidak Selalu Akurat

Intinya, sebagai pengguna bijak yang ingin menganalisa data traffic sebuah website, jangan langsung percaya dengan angka yang ditujukan oleh Similar Web dan Alexa. Seperti layanan lainnya, kedua layanan ini masih memiliki celah yang dapat diakali. Apakah ada alternatif gratis yang lebih baik daripada Similar Web dan Alexa untuk membandingkan website online? Sejauh ini mungkin belum tersedia, namun pemain terbaik dalam penyedia layanan pembanding traffic website terbaik pun dapat dikatakan belum sempurna.

Baca: Wajib Menggunakan AMP Google Supaya Visitor Naik

Dan seperti yang telah dibahas sebelumnya, angka traffic dari founder website pun belum tentu benar. Hal yang dapat Anda lakukan ketika ingin mengetahui jumlah traffic secara pasti ialah dengan melihat Google Analytics mereka secara langsung tentunya dengan seizin pemiliknya. Apabila Anda benar-benar ingin melakukan perbandingan pada website, maka sebaiknya Anda menggunakan sejumlah tool yang berbeda seperti Similar Web, Alexa, dan Google Trends.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *