7 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Posted on

Merasa jenuh kerja di dunia nyata, kini saatnya Anda mulai memikirkan bagaimana cara mencari uang dari dunia maya (internet). Syaratnya harus mempunyai komputer/ laptop dan koneksi internet, bila tidak punya komputer bisa menggunakan smartphone Android atau iPhone. Bila tidak punya semuanya silahkan pergi ke warnet untuk online.

Sebelum terjun langsung di dunia maya sebaiknya pahami dulu beberapa peluang yang bisa menghasilkan uang. Melalui tulisan ini TERAA.NET mencoba membantu Anda memberikan gambaran cara mendapatkan uang dari internet.

Kerja online itu ibaratnya kerja cerdas karena akan menguras kemampuan otak Anda, beda dengan kerja keras membanting tulang seperti kerja di dunia nyata. Orang cerdas kerjanya dibalik layar cukup dengan duduk-duduk di depan komputer sambil ngopi maka pundi-pundi uang akan mengalir.

Makanya kalau Anda mempunyai tetangga jarang keluar rumah namun mempunyai rumah dan mobil mewah jangan berfikiran yang macam-macam karena bisa juga orang tersebut kerja online. Baiklah berikut ini cara mendapatkan uang dari internet.

7 Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Internet

1. Membuat Blog

Cara mendapatkan uang dari blog

Blog adalah media online yang menyajikan beragam informasi bermanfaat bagi para pembaca. Membuat blog tidak harus mahir bahasa pemrograman web karena platform gratisannya banyak. Anda bisa memulainya dari blogger.com, kalau sudah mahir baru beralih menggunakan hosting sendiri.

Mungkin Anda masih bingung bagaimana cara mendapatkan uang dari blog dan siapa yang bakal membayar Anda? yang pertama-tama Anda harus menjalin kerjasama dengan para pengiklan seperti Google AdSense, Chitika, dan Revenuehits. Selain yang disebutkan tadi masih banyak sekali.

Namun yang benar-benar terbukti membayar blogger adalah Google AdSense, secara ini milik rajanya mesin pencari. Silahkan daftarkan dulu blog Ada di Google AdSense, bila disetujui maka bisa menampilkan iklan. Faktanya tidak mudah diterima sebagai publisher Google AdSense, artikel harus dari hasil pikiran sendiri dan tidak boleh copy paste.

Melihat ide dari blog lain kemudian menyusun menggunakan gaya bahasa sendiri baru diperbolehkan. Ingat mesin Google lebih pintar dari kita, makanya sekali copy paste bakal ketahuan. Keberhasilan hanya milik orang yang benar-benar berusaha, bila serius maka diterima sebagai publisher.

Setelah iklan terpasang di blog maka ketika ada yang ngeklik pendapatkan masuk ke rekening Google AdSense. Tips dari TERAA.NET kalau ingin berhasil dari blog orientasinya jangan uang, namun lebih pada pemenuhan kebutuhan orang ketika membuka mesin pencari.

Sajikan artikel yang bisa menjawab pertanyaan yang diketik di mesin pencari maka InsyaAllah sukses. Nilai per klik tidaklah besar, kisaran Rp. 200 hingga Rp. 500 namun kalau banyak yang klik semakin bertambah. Kunci suksesnya adalah visitor, uasahakan setiap harinya mendapatkan 5000 visitor baru bisa gajian tiap bulan.

2. Menjadi YouTuber

Cara mendapatkan uang dari YouTube

Sepertinya sekarang adalah masa keemasan para YouTuber, semua ingin jadi YouTuber. Pada mulanya iklan Google AdSense hanya bisa dipasang di blog saja, namun semenjak Google menerapkannya pada YouTube semua pada beralih ke sini. Admin TERAA.NET juga mencoba peruntungan dari YouTube selain ngeblog.

Anda bisa memulainya dengan mengupload video pribadi hasil rekaman selama liburan. Jelaskan secara detail dimana lokasinya, harga tiket masuknya berapa, fasilitas di tempat liburan tersebut apa, dan keindahan alamnya. Selama video yang diupload tadi informatif maka orang menyukainya.

Bila tidak mempunyai kamera bagus bisa membuat tutorial komputer yang videonya diambil langsung dari rekaman layar. Silahkan edit dan beri judul yang menarik supaya orang penasaran dan mau melihat video Anda.

Membuat content YouTube lebih mudah daripada menyusun artikel, ceritanya tidak harus runtut namun bisa menjawab kebutuhan orang saat membuka YouTube. Yang lagi ramai adalah content tentang hiburan, game, bola, dan gosip artis.

Banyak artis tanah air yang memanfaatkan YouTube untuk menambah penghasilan, sebut saja Dedy Corbuzier, Raditya Dika, dan presenter cantik Najwa Shihap juga punya channel YouTube.

3. Bermain AdMob

Mencari uang dari AdMob

Sumber pendapatan iklan bisa dari Blog dan YouTube, selain itu ada AdMob. Bila Anda mendownload aplikasi gratisan di Google Play Store ketika dijalankan biasanya muncul iklan kecil di pojok atas bagian layar atau bawah, terkadang malah memenuhi tampilan layar.

Iklan Google AdSense yang dipasang pada aplikasi Android disebut AdMob. Tentu peluang ini harus dimanfaatkan oleh developer Android, namun bila tidak bisa bahasa pemrograman bisa kerjasama dengan para developer untuk membuatkan aplikasi. Mengenai pembagian hasilnya terserah Anda, yang pasti peluang mendapatkan uang dari AdMob sangat besar.

Kenapa peluangnya besar? karena yang bisa membuat aplikasi hanya sedikit, beda dengan Blog dan YouTube yang semua orang bisa melakukannya. Menarik bukan?

Baca: 3 Jenis Iklan Google AdSense Untuk Meraup Keuntungan

4. Review Online

Mendapatkan uang dari review artikel

Review ini sebenarnya masih berkaitan dengan blog, bila Anda menyajikan artikel menarik tentang ulasan suatu produk terkadang mendapatkan tawaran kerjasama. Bentuk kerjasamanya adalah mereview produk, seperti web/ blog, toko online, dan produk tertentu lainnya.

Pihak yang minta direview biasanya adalah Startup atau perusahaan yang baru berdiri, supaya dikenal khayalak banyak menyuruh blogger untuk mereviewnya. Tawaran ini biasanya langsung masuk ke email blog, dengan isi kerjasama review.

Mengenai besar kecilnya harga review tergantung kesepakatan pemberi review dan blogger, kalau blog ramai visitor mengajukan harga tertinggi sangat percaya diri. Kalau visitor rendah biasanya sanggup membayar kisaran Rp. 100.000 hingga Rp. 200.000 saja.

Yang banyak mendapatkan tawaran kerjasama biasanya blog bertemakan teknologi dan wisata, tema lainnya ada tapi tidak sebanyak yang disebutkan tadi.

5. Jualan Online

Meraup penghasilan dari jualan online

Ingin meraup keuntungan dari berdagang tidak perlu modal banyak dan tidak harus mempunyai toko fisik sendiri melainkan cukup memanfaatkan Market Place seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan Lazada untuk membuat toko online.

Tidak mempunyai uang untuk stok barang maka manfaatkan kamera smartphone. Silahkan foto barang-barang yang dijual di sekitar Anda kemudian catat harganya. Setelah itu silahkan upload fotonya di toko online dan pasang harga lebih tinggi dari yang dijual tadi, nanti kalau ada yang beli tinggal ambil barangnya.

Kalau pendapatannya sudah terkumpul banyak, stok barang sendiri lebih baik dan untungnya juga besar. Untuk pemula sebaiknya jualan barang unik yang jarang dijual orang lain karena kompetisinya sedikit. Belanja online modalnya kepercayaan, kalau bisa layani pembeli sebaik mungkin termasuk kerapian packing dan kecepatan memproses pesanan.

Marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia memberikan fitur ulasan pesanan, kalau rata-rata pembeli puas dan memberikan feedback positif maka toko online Anda akan diburu calon pembeli.

6. Buka Jasa Online

Peluang usaha jasa online

Membuka jasa online juga bisa menghasilkan uang. Pekerjaan ini cocok untuk menyalurkan bakat dan minat secara online. Misalnya Anda membuka jasa pembuatan website, desain logo, dan penulisan artikel. Permasalahan yang umum dialami anak muda adalah tidak menemukan tempat untuk mengekspresikan kemampuannya menjadi uang.

Kalau ada yang mefasilitasi mereka untuk bekerja sesuai bakat dan minatnya tidak jadi soal, masalahnya tidak ada. Untuk itu mari manfaatkan internet untuk buka jasa online. Anda bisa memulainya dari memasang iklan di sosial media Facebook, Twitter, dan Instagram.

Kalau mempunyai kemampuan membuat blog malah lebih bagus, jadi iklankan jasa online Anda melalui tulisan blog. Misalnya buka jasa desain logo, Anda harus menampilkan dulu contoh desain di blog untuk menarik pengunjung. Nantinya bila ada yang pesan suruh transfer ke rekening Anda dan buat logonya.

7. Bermain Game Online

Mengumpulkan uang dari bermain game online

Siapa bilang ngegame hanya menghabiskan waktu luang saja, bila beranggapan seperti itu berarti pikiran Anda seperti awal tahun 2000an. Kebanyakan orang tua melarang anaknya untuk bermain game dengan alasan bla bla bla, asalkan bisa membagi waktu kapan dia harus ngegame, bermain bersama teman-temannya, belajar maka tidak ada salahnya.

Seiring berkembangnya zaman kini game bisa dimainkan secara online, kalau dulu sih offline jadi satu komputer ya main sendiri atau sama robot. Memainkan game online memungkinkan bertemunya para gamer dari berbagai dunia, untuk menentukan siapa yang terhebat biasanya diselenggarakan turnamen game.

Hadiahnya tak main-main, bila juara satu bisa meraup ratusan juta hingga satu miliar rupiah, tergantung eventnya sekala nasional atau internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.