Cara Download Distro Linux Mint Gratis

Posted on 5 views

Hampir setahun rasanya TERAA.NET tidak memposting artikel Linux dan akhirnya pada kesempatan kali ini mencoba menuliskannya kembali. Ide artikel ini bermula ketika telah bosan menggunakan Windows akhirnya beralih menggunakan Linux Mint.

Kenapa memilih Linux Mint? simpel saja karena telah terbiasa menggunakannya, distro ini memili user interface mirip Windows yang mudah dipahami oleh pemula sekalipun. Master Linux menyarankan pengguna Windows yang ingin menggunakan Linux direkomendasikan pakai Linux Mint.

Menggunakan Linux itu halal, berbeda dengan Windows yang harus membeli lisensi untuk menggunakannya. Pertanyaannya adalah Anda menggunakan bajakan atau yang asli? silahkan jawab dalam hati ya hehe.

Distro Linux Mint bisa didapatkan dengan mendownload langsung di official websitenya, namun terkadang banyak pemula yang kebingungan cara mendownloadnya. Untuk itu melalui tulisan ini dipandu cara download Distro Linux Mint secara gratis.

Linux Mint menyediakan link download sangat beragam, ada yang menggunakan torrent dan ada yang bisa langsung di download melalui browser komputer. Supaya paham cara downloadnya, di sini akan dijelaskan 2 cara download distro Linux Mint.

 

Download Distro Linux Mint dengan Torrent

1. Buka website Linux Mint kemudia pilih tab menu Download
2. Pada halaman Download Link silahkan pilih variannya, sesuai arsitektur prosesor yang digunakan. Bila suport 64 Bit mendingan download yang 64 Bit. Varian Linux Mint ada 3 yaitu Cinnamon, Mate, dan Xfce
Download Linux Mint tanpa Torrent
Download Linux Mint
3. Setelah memilih variannya maka dialihkan ke dalaman download selanjutnya. Klik “torrent” seperti pada gambar berikut ini
Distro Linux Mint gratis
4. Di sini Anda hanya mendownload file torrent distro Linux Mint, untuk mendownload file aslinya butuh aplikasi yang bernama uTorrent dan BitTorrent
5. Download dan install aplikasi uTorrent
6. Jalankan uTorrent > pilih tab menu File > Add Torrent
7. Cari file torrent Linux Mint yang telah Anda download tadi, kemudian Open
8. Torrent akan mendownload distro Linux Mint, tunggu proses download hingga selesai.

 

Download Linux Mint Tanpa Torrent

1. Buka halaman download Linux Mint, kemudian pilih variannya
2. Pada halaman download geser ke bawah hingga menemukan download mirrors
3. Pilih lokasi server, bisa Canada, USE, China, dan lain sebagainya
Link download Linux Mint
4. Tunggu beberapa detik sampai sistem direct link downloadnya
5. Proses download sedang berlangsung, bila menggunakan IDM biasanya juga langsung terintegrasi.

Demikianlah informasi cara download Linux Mint gratis, setelah membaca cara di atas dapat disimpulkan bahwa mendapatkan Linux Mint bisa didownload melalui torrent atau download biasa.

Keduanya mempunyai keunggulan masing-masing, enaknya pakai torrent jarang ditemukan kasus gagal download meskipun internetnya lemot. Semakin banyak yang download file tersebut maka semakin cepat downloadnya, berbeda ketika mendownload biasa semakin banyak yang download maka jadi lemot.

Keunggulan download Linux Mint tanpa menggunakan torrent adalah kemudahan. Tidak harus menginstall uTorrent atau BitTorrent file bisa di download dengan mudah. Linux Mint menyediakan beberapa server dari berbagai negara, Anda bisa memilih salah satu server download yang paling cepat seperti US dan China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.