Cara Mengecilkan Ukuran Foto (Mengompres Gambar)

Posted on 1 views

Beberapa hari yang lalu pada saat pendaftaran CPNS banyak yang bertanya bagaimana cara mengecilkan ukuran foto karena tanpa dikecilkan foto tersebut tidak bisa diupload ke server. Otomatis karena banyak yang tidak bisa akhirnya mereka pada minta tolong ke TERAA.NET untuk mengompres foto menjadi kurang dari 2 MB baru bisa diupload sebagai kelengkapan berkas daftar CPNS.

Berkaca dari masalah tersebut akhirnya dibagikanlah tutorial cara mengecilkan ukuran gambar/ foto dengan harapan bila ada permintaan upload foto kurang dari 2 MB bisa mengecilkannya sendiri. Sebenarnya bukan pada pendaftaran CPNS saja yang mengharuskan mengupload foto, registrasi masuk perguruan tinggi juga mengharuskan para peserta untuk mengupload foto.

Intinya adalah bukan pada CPNS namun bagaimana supaya Anda bisa mengecilkan ukuran foto sendiri tanpa bantuan orang lain. Di sini program yang digunakan adalah Adobe Photoshop, selain ini Anda bisa memakai program pengolah gambar lain juga bisa asalkan ada fitur Crop dan Resize.

Gambar foto yang diambil menggunakan kamera smartphone rata-rata memiliki ukuran lebih dari 3 MB, sedangkan yang bidik dari kamera mirroless bisa lebih dari 5 MB. Semakin besar ukuran filenya maka gambarnya kelihatan tajam tanpa nois, begitu juga sebaliknya kalau dikompres menjadi kurang dari 2 MB biasanya jadi kurang bagus.

Kalau itu memang persyaratan yang harus dipenuhi, kita mau apalagi kecuali harus menuruti perintahnya. Meskipun kualitas gambar menurun setidaknya foto yang dikecilkan masih terlihat jelas. Yang dimaksud ukuran di sini adalah kapasitas file fotonya, seperti 100 KB, 2 MB, 3 MB, dan 4 MB.

Mengecilkan ukuran foto sangat mudah sekali, Anda tinggal merubah nilai pixel dari gambar tersebut. Supaya hasilnya sempurna, buang bagian yang tidak perlu kemudian sisakan pada objeknya. Setelah itu baru resize untuk mendapatkan ukuran foto yang lebih kecil lagi.

Supaya cepat paham, baiklah berikut ini cara mengompres ukuran foto supaya menjadi lebih kecil. Selengkapnya silahkan baca penjelasan berikut ini sampai habis.

 

Cara Mengompres File Foto Menjadi Lebih Kecil Lagi

1. Jalan program Adobe Photoshop, kemudian buka foto yang ingin dikecilkan ukurannya
2. Perhatikan foto yang ingin Anda upload, telah sesuai apa belum. Misalnya pada contoh ini memotong bagian yang tidak perlu dengan tool Crop
Cara mengecilkan ukuran foto
3. Foto ini diambil menggunakan kamera digital Sony Cybershot DSC W830 dengan ukuran 7 MB, untuk mengecilkan kapasitas file foto pilih menu Image > Image Size. Atur nilai pada Pixel Dimensions hingga mendapatkan ukuran terkecil
Cara mengompress foto menjadi lebih kecil
4. Setelah itu simpan fotonya, namun pada pilihan Image Options pilih Quality. Bisa merubah dengan opsi yang ada atau menggeserkannya ke kiri. Perhatikan angka di bawah tulisan Preview, itu adalah besarnya file
Cara merubah ukuran foto
5. Sesuaikan besarnya file berdasarkan kebutuhan, kalau yang diupload maksimal 2 MB maka naikkan menjadi kurang dari 2 MB.

Baca: Aplikasi Screenshot Terbaik Untuk Mengambil Gambar dari Layar Komputer
Baca: Cara Crop dan Resize Foto Menggunakan Adobe Photoshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.