How to insert pdf file into wordpress post

Cara Menyisipkan File PDF ke Postingan WordPress

Posted on

Portable Document Format (PDF) adalah file digital yang diperkenalkan oleh Adobe System dan kini telah menjadi standar file digital. File PDF dibuat dari dokumen yang terdiri dari kombinasi teks dan gambar sehingga layout dan halamanya ditampilkan secara utuh melalui format digital ini.

Untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan penulis kepada para pembaca, terkadang menyisipkan file PDF ke postingan WordPress itu perlu. Bagi mereka yang sudah mahir menggunakan WordPress tentu mudah sekali melakukannya, namun yang baru belajar atau mengenal WordPress pasti kebingungan.

Secara default di halaman post WordPress tidak ada menu untuk menambahkan file PDF, yang ada cuma insert gambar dan video. Meskipun begitu Anda tetap bisa menambahkannya dengan mengikuti tutorialnya berikut ini.

Baca: Cara Menonaktifkan Pingback WordPress Selft Hosting

Sebelum pada tahab menyisipkan file PDF, sebaiknya Anda tahu perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org. Keduanya sama-sama platform WordPress namun yang membedakan hanya hostingnya saja. Untuk menggunakan WordPress.org memerlukan hosting, WordPress.com tidak. Intinya WordPress.org berbayar sehingga semua fitur didapatkannya seperti management plugin.

Cara Menambahkan File PDF ke Postingan WordPress.org

WordPress.org memungkinkan penggunanya untuk menginstall plugin seberapapun yang ia mau. Untuk itu cara paling mudah menyisipkan file PDF ke postingan WordPress.org adalah dengan menggunakan plugin Embed Any Document.

Cara menyisipkan file PDF dengan plugin:
1. Install plugin Embed Any Document
2. Setelah plugin Embed Any Doument terinstall pada pada halaman post muncul menu Add Document, silahkan klik untuk menyisipkan file PDF
3. Lanjutkan dengan memilih Upload Document, kemudian insert. Kini file PDF berhasil disipkan pada postingan WordPress.org.
Note: Plugin untuk menyisipkan file PDF banyak sekali jenisnya dan Anda bisa mencobanya yang dianggap paling baik. Pada tutorial ini admin menggunakan Embed Any Doument karena mudah digunakan.

Cara Menyisipkan File PDF ke Postingan WordPress.com

WordPress.com tidak bisa dipasang plugin, untuk menyisipkan file PDF membutuhkan kode atau embed dari hosting/ tempat mengupload file PDF. Berikut ini adalah caranya:
1. Upload file PDF di Google Drive
2. Setelah selesai Upload buka linknya
3. Klik 3 tanda titik di samping pojok kanan atas, kemudiah pilih Buka di jendela baru
4. Setelah itu pilih Sematkan item…
Sematkan file PDF5. Salin/ copy kode HTML
6. Taruh kode di atas pada postingan WordPress, ingat pilih tab Text jangan Visual
7. Selamat kini Anda berhasil menyisipkan file PDF ke postingan WordPress.com.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.