Windows 10

Cara Install Windows 10 Dengan Harddisk External

Posted on

Komputer yang dijual di pasaran tidak bisa dijalankan tanpa terpasang sistem operasi. Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Anda bisa belajar cara install Windows melalui tayangan YouTube atau blog yang membahas tentang cara install komputer.

Cara install Windows pada komputer bisa melalui beberapa cara diantaranya adalah dengan USB Flasdisk atau DVD. Kedua media tersebut sudah umum dilakukan oleh kebanyakan orang untuk membuat installer Windows, namun kalau dengan Harddisk External masih jarang yang melakukannya karena hanya sedikit yang mengetahui caranya.

Sejatinya langkah-langkah cara install Windows 10 adalah sama, baik itu menggunakan installer dari Harddisk External, DVD, maupun USB Flashdisk. Yang membedakan hanya media dan cara membuat file installernya saja. Membuat installer Windows 10 dengan Harddisk External tidak memerlukan aplikasi tambahan layaknya pada USB Flashdisk, melainkan cukup dengan menyalin file Windows ke Harddisk External.

Baca: Menjalankan OS Dalam OS Dengan VMware dan VirtualBox

Bahan Yang Dibutuhkan Membuat Installer Windows Dengan Harddisk External:
1. Harddisk External, minimal free space 6 GB
2. Master Windows 10.ISO.

Supaya Harddisk External tersebut bisa booting harus mengubah status harddisk menjadi partisi aktif. Cara ini lebih efisien waktu dan mudah diterapkan. Supaya lebih paham silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Cara Membuat Installer Windows Dengan Harddisk External

1. Pada umumnya file installasi Windows 10 berekstensi .ISO, untuk membukanya silahkan mount menggunakan Daemon Tool, Power Iso, atau dengan mengekstrak Windows 10.ISO menggunakan WinZip, WinRar, 7Zip
2. Copy semua isi file Windows 10
3. Paste semua file Windows 10 tadi ke harddisk eksternal. Paste saja, dan jangan dibuatkan folder

Membuat Bootable Windows via Harddisk
Contoh file Windows bercampur dengan data

4. Klik Kanan This PCM (My Computer) > Manage > Disk Management
5. Pilih drive harddisk eksternal yang akan dijadikan bootable Windows 10, kemudian klik kanan “Mark Partition Acticve”

Aktifkan partisi pada Harddisk External

6. Silahkan restart Windows Anda, silahkan masuk BIOS dan ubah bootable menggunakan HDD (Harddiks Eksternal)
7. Silahkan install Windows 10 seperti biasanya hingga selesai.

Kesimpulan
Cara menginstall Windows 10 menggunakan Harddisk External sebagai alternatif solusi bila master Windows yang tersimpan pada DVD cepat rusak dan atau menggantikan kapasitas USB Flashdisk yang kecil sehingga tidak cukup menyimpan master Windows. Cara ini bisa diterapkan pada semua versi Windows baik itu Windows 7, 8, 8.1.

Ask & Answer
Ask: Apakah harddisk harus kosong untuk membuat installer Windows? soalnya kalau melalui USB Flashdisk harus diformat dulu?
Answer: Tidak, Anda bisa membuat installer bersamaan data yang ada karena proses membuatnya hanya menyalin file Windows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *