Perangkat Jaringan

10 Perusahaan Pembuat Alat Jaringan Beserta Asal-Usulnya

Posted on

Alat jaringan adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet, smartphone dengan internet, dan device lainnya yang membutuhkan koneksi internet. Perusahaan pembuat alat jaringan yang ada di dunia banyak sekali jumlahnya namun yang dibahas di sini hanya 10, itupun yang produknya telah dikenal dan dipakai oleh kebanyakan orang.

Yang termasuk perangkat jaringan adalah seperti access point, router, hub, wireless router, range extender, repeater, dan lain sebagainya. Kebutuhan masyarakat akan internet yang semakin besar membuat perusahaan networking tumbuh pesat. Para produsen bersaing ketat memproduksi perangkatnya dengan harga bersaing sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Mengenal Asal-Usul 10 Perusahaan Pembuat Alat Jaringan

Berikut adalah 10 perusahaan pembuat alat jaringan yang produknya telah dikenal masyarakat dunia termasuk Indonesia. Selain yang disebutkan sebenarnya masih banyak yang lainnya, untuk itu bila produk kesayangan Anda tidak tercantum pada ulasan ini mohon maklum.

1. Ubiquiti Networks

Ubquiti berasal dari Amerika Serikat, perusahaan ini jago memproduksi perangkat jaringan untuk skala besar dan menengah. Meskipun harganya sedikit lebih mahal dibandingkan produk dari produsen lain namun kualitasnya dijamin. Ada beberapa alasan kenapa orang lebih suka menggunakan Ubiquiti diantaranya adalah kemudahan installasi.

Ubiquiti (UBNT) menggunakan firmware airOS yang dapat dibuka langsung dari browser komputer/ smartphone. Segala pengaturan jaringan dikontrol melalui airOS. Untuk itu para teknisi jaringan RT/ RW Net yang menggunakan produknya UBNT jarang menggunakan komputer/ laptop, cukup dikontrol dari smartphone.

2. Mikrotik

Banyak yang mengira kalau Mikrotik berasal dari Rusia padahal perusahaan ini bermarkas di Rigia – Latvia, negara kecil yang berbatasan dengan Rusia. Dulunya masih tergabung dengan Unisoviet, setelah bubar memisahkan diri dari Rusia. Yang menjadi unggulan dari Mikrotik bila dibandingkan kompetitor adalah manajemen bandwidth.

Soal pengaturan dan pembagian bandwidth serahkan saja sama Mikrotik karena mudah dioperasikan. Mikrotik menggunakan sistem operasi RouterOS, dari sinilah Anda bisa manajemen bandwidth untuk download, upload, streaming, dsb. Karena kemampuan inilah perangkat Mikrotik selalu ada di kantor-kantor dan pengusaha jaringan RT/ RW Net.

Baca: 15 Fungsi Alat Jaringan Serta Kegunaannya

3. TP-Link

Diantara beberapa produsen jaringan mungkin TP-Link yang paling banyak dipakai di Indonesia. Harga yang ditawarkan cukup bersaing dan terjangkau sehingga banyak yang membelinya. Produk yang ditawarkan TP-Link banyak sekali variannya terutama wireless router. Perusahaan ini didirikan oleh Zhao Jianjun dan Zhao Jiaxing pada tahun 1996 di Shenzhen, Guangdong – China.

4. D-Link

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar D-Link? pasti terkenal akan switch-nya bukan? D-Link adalah produsen networking yang berasal dari Taiwan (China Taipe), masih tetangga sama Korea Selatan sehingga namanya mirip-mirp ada Link-nya hehe. D-Link didirikan oleh Ken Kao pada tahun 1986, termasuk pemain lama dibidang networking.

5. Netgear

Netgear adalah perusahaan jaringan komputer global yang bermarkas di San Jose, California – Amerika Serikat, dan mempunyai kantor lain di 25 negara. Yang artinya produksi produk Netgear begitu besar untuk mencukupi kebutuhan jaringan di dunia. Perusahaan ini memproduksi perangkat keras untuk kelas konsumen, perusahaan dan penyedia layanan.

Produknya mencakup berbagai teknologi digunakan secara luas seperti nirkabel (WiFi dan LTE), Ethernet dan powerline, dengan fokus pada kehandalan dan kemudahan penggunaan. Produk meliputi perangkat kabel dan nirkabel untuk broadband akses dan konektivitas jaringan, dan tersedia dalam beberapa konfigurasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna akhir di setiap wilayah geografis dan sektor di mana perusahaan produk yang dijual.

6. Cisco Systems

Cisco adalah perusahaan besar dalam bidang telekomunikasi yang memproduksi alat jaringan. Termasuk mbahnya jaringan karena didirikan pada tahun 1984 oleh Sandy Lerner, Leonard Bosack di San Jose, California – Amerika Serikat. Perusahaan ini mempunyai visi “mengubah bagaimana cara hidup, bekerja, bermain dan belajar” dengan slogan “Selamat datang kedalam dunia Jaringan”.

Pengalamannya selama bertahun-tahun membuat Cisco Systems jago memproduksi alat jaringan kelas unggulan. Pangsa pasarnya untuk semua kalangan, baik konsumen dan perusahaan besar.

7. Tenda

Tenda didirikan pada tahun 1999 District, Shenzhen – China. Perusahaan ini merupakan pemasok peralatan dan perangkat jaringan terdepan yang diakui. Tenda telah berkomitmen untuk menghadirkan solusi jaringan yang mudah dipasang dan terjangkau, menawarkan produk inovatif dan mutakhir untuk mewujudkan kehidupan manusia yang.

8. Totolink

Sudah tak terhitung lagi berapa perusahaan networking dari Asia yang menguasai dunia, termasuk Totolink. Sumber daya manusia dari benua ini begitu besar sehingga mampu bersaing dengan perusahaan asal Amerika Serikat dan Eropa. Totolink termasuk pemain lama yang produknya telah menyebar kemana-mana sehingga mudah dibeli di toko komputer manapun.

Totolink didirikan pada tahun 1996 di bawah perusahaan ZIONCOM yang berkantor di Hongkong – China. Perusahaan ini memproduksi Wireless Router/AP(Indoor&Outdoor), Wireless USB Adapter, modul nirkabel, Switch dan Router kabel.

9. Netis System

Netis merupakan pemain baru dibidang networking, meskipun begitu produknya telah banyak dipakai orang Indonesia. Selain harganya murah kemampuannya boleh diuji sama produk lain yang selevel. Netis System hadir untuk memudahkan manusia dalam mengelola internet. Firmware bawaannya cukup mudah dipahami penggunanya baik itu untuk pemula sekalipun.

Netis System adalah perusahaan asal negara Tirai Bambung, China. Produk yang ditawarkan Netis cocok untuk Anda yang mempunyai dana terbatas namun tetap mendapatkan kualitas yang baik. Informasi selengkapnya silahkan buka official website Netis.

10. Aruba

Bila Anda menginginkan perangkat jaringan kelas enterprise jawabannya adalah Aruba. Semua produk buatannya tidak ada yang dijual murah, bahkan untuk sekelas wireless router saja pasti diatas satu juta. Soal kualitas dijamin dan rata-rata produknya mempunyai durabilitas yang tinggi. Bila selama ini peralatan yang dipunya belum mampu menjawab kebutuhan Anda maka Aruba adalah solusinya.

Aruba didirikan oleh Keerti Melkote pada tahun 2002 di Sunnyvale, California, Amerika. Sekarang kantor pusatnya pindah ke Santa Clara California, Amerika Serikat. Penasaran ingin tahu produknya silahkan buka official website Aruba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *