Perbedaan Mobile Banking dan Internet Banking

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking

Posted on 11 views

Di zaman era digital seperti ini masih ada juga yang belum tahu perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking, bahkan mereka mengira kalau keduanya sama. Memang sih baik Internet Banking maupun Mobile Banking keduanya sama-sama menggunakan akses internet, namun kalau dikaji lebih jauh maka akan kelihatan letak perbedaannya.

Penggunakan Internet Banking dan aplikasi Mobile Banking kian meningkat seiring naiknya jual beli barang secara online. Mau beli apa saja bisa cukup dengan membuka hape maka kiriman datang sampai alamat tujuan. Pihak bank juga terus berinovasi menciptakan produk yang bisa memudahkan para nasabahnya melakukan transaksi.

Dengan Internet Banking dan Mobile Banking tidak perlu lagi mencari mesin ATM atau pergi ke bank hanya untuk membayar transaksi. Asalhkan ada internet kedua produk tersebut bisa diakses untuk bertransaksi.

Baca: Cara Mengaktifkan Mobile Banking Bank Jatim Tanpa Pergi ke Bank

 

Perbedaan Mobile Banking dan Internet Banking (iBanking)

Cara mudah memahami perbedaannya adalah dengan menterjemahkan nama kedua istilah tersebut. Sesuai namanya Mobile Banking berarti harus dijalankan dari smartphone (Android dan iOS), sedangan Internet Banking harus melalui koneksi internet. Karena tidak ada batasan penggunaan perangkat device maka Internet Banking bisa dijalankan melalui Komputer/ Laptop, dan Smartphone. Asalkan ada koneksi internet maka bisa melakukan transaksi melalui Internet Banking.

Perbedaan lainnya adalah dari cara konfirmasi transaksi, bila menggunakan Mobile Banking maka tidak perlu token layaknya ketika menggunakan Internet Banking. Bagi pengguna Mobile Banking konfirmasinya cukup menggunakan PIN ATM sedangkan Internet Banking melalui token/ kode yang dikirimkan melalui alat token (seperti key BCA) atau SMS (seperti miliknya BRI).

Fitur yang ditawarkan pada Mobile Banking tidak selengkap seperti ketika menggunakan Internet Banking, biasanya ada bagian yang tidak dicantumkan dalam aplikasi seperti mutasi rekening dan pembukaan rekening baru. Fitur pada Mobile Banking mencakup transaksi standar seperti cek saldo, transaksi, pembelian, dan pembayaran sedangkan fitur pada Internet Banking lengkap sekali.

Untuk menjalankan Mobile Banking, apapun banknya harus menginstall aplikasi pada smartphone Android/ iOS sedangkan Internet Banking yang dibutuhkan hanya browser/ mesin perambahan. Browser bisa dijalankan dari komputer/ laptop, smartphone, dan tablet sekalipun. Setiap bank pasti mempunyai URL/ Alamat Khusus untuk menuju Internet Banking.

Cara mendaftarkan/ mengaktifkan Mobile Banking dan Internet Banking juga beda, untuk Mobile Banking cukup dengan mencari mesin ATM dan mendownload aplikasinya sedangkan Internet Banking harus menemui customer service. Kenapa pengguna Internet Banking harus ke bank karena untuk mendapatkan username/ user ID dan password yang akan digunakan untuk mengakses Internet Banking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.