GPU Adreno

Mengenal berbagai macam GPU Pada Smartphone

Posted on

Mengenal berbagai macam GPU (Graphic Processing Unit) yang terdapat pada perangkat mobile merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu tentang 7 Jenis Prosesor Pada Smartphone Android dan iPhone. Prosesor tanpa GPU maka tidak bisa menampilkan gambar pada layar smartphone karena kedua komponen ini saling berkaitan.

Tentu Anda sering mendengar ATI Radeon dan NVIDIA Geforce yaitu GPU yang dipakai pada komputer, namun untuk smartphone varian GPU jumlahnya lebih dari 2 atau banyak sekali. Penasaran ingin tahu jenis-jenis GPU yang ada pada smartphone silahkan baca artikel ini sampai habis.

GPU adalah komponen yang berfungsi untuk memproses gambar pada smartphone. Apabila Anda salah satu pecinta game Android dan iOS maka penting sekali memilih smartphone yang menggunakan GPU bagus. Komponen ini berupa chip tambahan untuk memaksimalkan kinerja grafis.

Selain dari faktor GPU, yang mempengaruhi cepat dan tidaknya dalam mengelola grafis ditentukan oleh prosesor dan RAM yang terdapat pada smartphone. Intinya bila ingin mendapatkan perfoma yang maksimal semua komponen harus berimbang.

Mengenal Jenis GPU Yang Sering Dipakai Pada Smartphone

 

1. Adreno

Banyak yang belum tahu kalau Adreno ini dulunya adalah buatan ATI yang disebut Imageon. ATI merupakan anak perusahaan AMD yang fokus pada kartu grafis (GPU). Pada tahun 2008 AMD Imageon dijual kepada salah satu produsen prosessor terkenal yakni Qualcomm. Setelah Qualcomm membeli AMD kemudian mengubah namanya menjadi Adreno juga merupakan anagram dari Radeon (produk GPU dari ATI).

Jenis GPU ini memiliki beberapa tingkatan, diantaranya adalah Adreno 130, Adreno 200, Adreno 205, Adreno 220, Adreno 225, Adreno 230, Adreno 302, Adreno 305, Adreno 320, Adreno 330.

2. Tegra

Kubu hijau juga tak mau ketinggalan memproduksi GPU khusus untuk smartphone akhinya mengeluarkan GPU dengan kode nama Tegra. NVIDIA sangat berpengalaman selama puluhan tahun membuat GPU komputer sehingga ketika diaplikasikan pada perangkat mobile tidak ada kendala.

Tergra pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008 untuk media player zune HD. Pada tahun 2010, jenis GPU ini digunakan pada perangkat tablet, yakni untuk tablet Galaxy Tab 10.1 dan Acer Tab A200.

Pada tahun 2011 Tegra 3 diumumkan serta mengalami peningkatan sangat tajam. Namun disayangkan GPU Tegra 3 ini masih belum banyak digunakan pada smartphone. Hal ini disebabkan karena pada masa itu belum bnyak terdapat game Android, sehingga membuat para produsen smartphone menganggap bahwa Tegra 3 memiliki keceptan terlalu cepat. Tegra sendiri terbagi pada beberapa jenis, diantaranya Tegra 2, Tegra 3, Tegra 4 dan Tegra K1.

3. Mali

Mali adalah salah satu GPU yang dilahirkan dari perusahaan ARM. Mungkin Anda masih sedikt asing dengan nama Mali karena memang sudah jarang perangkat smartphone yang menggunakan GPU Mali tersebut. Saat ini versi GPU Mali yang tercepat adalah Mali T-720, namun hingga saat ini masih sedikit perangkat yang berjalan dengan menggunakan GPU tersebut.

Tingkatan produk Mali dari terendah hingga tercepat Mali 400MP, Mali 450MP, Mali T628MP6 dan Mali T760, salah satu produk dari samsung yang sudah menerapkan teknologi ini adalah Samsung Galaxy S6.

4. PowerVR

Video Logic merupakan mbahnya GPU di perangkat mobile karena telah ada sejak dulu. Produknya diberi nama PowerVR yang sering dipakai pada iPhone. Yang beda dari produsesn GPU lainnya, Video Logic tidak membuatnya langsung melainkan menyususn draft arsitekturnya kemudian dijual lisensi tersebut kepada produsen prosesor terkemuka diantaranya NEC, Intel, Freescale serta Texas Instruments.

Tingkatan produk PowerVR dari terendah hingga tercepat PowerVR SGX535 (iPhone 3GS), PowerVR SGX543MP2 (iPhone 4S), PowerVR SGX543MP3 (iPhone 5/5C), PowerVR G6430 (iPhone 5S), akan tetapi untuk produk iPhone yang terbaru sudah tidak dibekali dengan teknologi ini, contohnya saja seperti iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, dan iPhone 7 Plus.

5. VideoCore Broadcome

VideoCore Broadcome jenis GPU yang memerlukan konsumsi daya rendah keluaran dari produsen teknologi Broadcome. Saat ini VideoCore Broadcome dikembangkan oleh pihak Alphamosaic Ltd. VideoCore Broadcame menggunakan arsitektur DSP dual dimensi yang membuatnya lebih fleksibel dan efisien.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.