Cara Melakukan Pembatalan Keberangkatan Kereta Api dengan KAI Access

Posted on

Lama tidak naik Kereta Api ternyata ada yang berubah yaitu kualitas pelayanan semakin baik dibandingkan sebelumnya. Kali topik bahasannya adalah aplikasi KAI Access karena hanya dengan aplikasi ini calon penumpang bisa melakukan hal yang sebelumnya tidak bisa seperti ubah jadwal dan pembatalan/ cancel booking.

Semua itu bisa dilakukan dengan aplikasi KACI Access, bagi yang belum punya silahkan download dan install melaui Google Play. Kenapa harus melakukan aplikasi? karena untuk versi web, PT KAI belum melakukan update seperti yang ada pada KAI Acess.

Jujur setelah mencoba sendiri ternyata PT KAI mendengar akan kebutuhan orang ketika akan naik Kereta Api, tidak sesulit dan seribet dulu. Masih banyak orang awam yang kebingungan bagaimana cara beli tiket kereta, namun dengan aplikasi KAI Access orang akan dimudahkan.

 

3 Pembaharuan Fitur KAI Access Yang Memudahkan Orang Naik Kereta Api

Berikut ini 3 pembaharuan penting pada aplikasi KAI Access yang makin memanjakan calon penumpang untuk naik Kereta Api. Apa saja ketiga pembaharuan tersebut silahkan simak penjelasannya sampai habis.

 

1. Bisa Booking Kereta Lokal

Sebelum ada fitur Local Train, booking tiket Kereta Api sangat ribet dan memakan waktu lama. Harus datang ke stasiun Kereta Api terdekat baru bisa booking, belum lagi mengisi blanko secara manual dan ambil antrian untuk dipanggil customer service.

Setelah dipanggil baru melakukan pembayaran tiket Kereta Api, parahnya lagi sesampainya di sana tidak mendapatkan tempat duduk alias berdiri. Ini yang membedakan Intercity Train dan Local Train dimana untuk Kereta Api jarak jauh tidak dijual tiket berdiri sedangkan lokal tersedia.

Pembatalan Kereta Api dengan KAI Access

Tiket Kereta Api Lokal dapat dibooking seminggu sebelum keberangkatan, supaya mendapatkan kursi sebaiknya di awal minggu segera booking. Kalau mepet hari keberangkatan biasanya tinggal dapat jatah tiket berdiri.

Baca: Cara Cetek e-Ticket Kereta Api Indonesia di Stasiun

 

2. Ada Notifikasi Booking di Aplikasi KAI Access

Sebelum dilakukan update, KAI Access hanya menampilkan notifikasi untuk Intercity Train saja namun sekarang Local Train juga tersedia. Keuntungannya adalah tinggal menunjukkan barcode e-ticket kepada petugas maka bisa naik kereta Untuk Intercity Train tetap harus mencetak e-ticket berdasarkan kode booking.

Notifikasi booking ini akan hilang dengan sendirinya ketika sudah naik Kereta Api. Berikut ini adalah contoh e-ticket Intercity Train dari stasiun Tulungagung – Yogyakarta (PP).

Merubah Jadwal Kereta Api dengan KAI Access

3. Bisa Ubah Jadwal Keberangkatan dan Cancel Booking

Yang paling disukai TERAA.NET dari KAI Access terbaru adalah tersedia fitur Ubah Jadwal dan Pembatalan booking. Cancel booking dulu harus datang ke stasiun yang ditunjuk oleh PT KAI, jadi tidak semua stasiun bisa cancel.

Sekarang tinggal buka aplikasi KAI Access pilih menu My Trip maka bisa cancel booking. Keliru menulis jadwal hari dan jam keberangkatan tidak perlu panik karena Anda bisa merubahnya sendiri dengan membuka menu Ubah Jadwal.

Baca: Cara Cancel/ Pembatalan Keberangkatan Kereta Api Secara Manual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.