Pembatalan tiket (refund) Kereta Api

Cara Merubah Jadwal Tiket Kereta Api dan Pembatalan (Refund)

Posted on

Prosedur perubahan jadwal keberangkatan dan pembatalan (refund) tiket Kereta Api Indonesia caranya hampir sama karena keduanya sama-sama dikenakan potongan sebesar 25% dari harga tiket yang telah dibeli. Perubahan jadwal juga harus mengisi formulir pembatalan tiket yang disediakan PT. KAI, setelah itu baru diubah waku keberangkatannya.

Kesalahan pemesanan/ booking tiket Kereta Api yang tidak sesuai dengan jadwal semestinya banyak dialami oleh masyarakat termasuk Admin TERAA.NET. Berdasarkan pengalaman inilah bisa berbagai informasi kepada Anda tentang bagaimana proses perubahan dan pembatalan tiket Kereta Api.

Ceritanya ingin pulang kampung dari Kendal – Jawa Tengah ke Trenggalek – Jawa Timur. Karena di Trenggalek tidak ada stasiun maka kabupaten terdekat yang dilalui kereta adalah Tulungagung. Uniknya tidak ada kereta dari Kendal langsung Tulungagung melainkan harus transit dan ganti kereta di Semarang Tawang.

Satu bulan sebelum keberangkatan sudah memesan tiket secara online di official website PT. Kereta Api Indonesia. Karena harus ganti kereta maka tiket yang dibeli jumlahnya 2 dengan rincian kereta Kamandaka kelas ekonomi dari stasiun Weleri – Kendal tujuan Semarang Tawang dengan jam keberangkatan 20.52 – 21.41 dan kereta Brantas dari Semarang Tawang tujuan Tulungagung dengan jam keberangkatan 00.05 – 07.09.

Pada saat pemesanan kurang begitu teliti soalnya kalau lebih dari jam 00.00 berati ganti hari, sedangkan tiket yang dibeli keduanya di hari yang sama. Menyadari terjadi kekeliruan akhirnya menghubungi call centernya PT. KAI dengan nomor 121/ (021) 121.

Perbincangan singkat dengan customer service tentang tata cara perubahan jadwal keberangkatan dapat diperoleh informasi sebagai berikut. Proses perubahan jadwal harus dilakukan di stasiun terdekat, tidak bisa dirubah secara online sebagaimana pembelian tiket online.

Baca: Pesan Hotel di Traveloka dan Cara Menukar Kode Booking

Perubahan jadwal keberangkatan juga harus memperhatikan ketersediaan kursi untuk keberangkatan selanjutnya, bila penuh maka sebaiknya dibatalkan (refund). Saran saja sebaiknya kalau ingin merubah jadwal berangkat lakukan secepat mungkin daripada kehabisan kursi hehe.

Persyaratan Perubahan Jadwal Keberangkatan dan Pembatalan Tiket Kereta Api Indonesia

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin merubah jadwal atau pembatalan, berikut ini adalah pesyaratannya:
1. Menyerahkan kode bookig (bila beli tiket secara online maka kode bookingnya dikirimkan ke email pembeli, buka email dan cetak)
2. Menunjukkan katu identitas/ KTP untuk masing-masing penumpang
3. Bila Anda membelikan tiket untuk orang lain maka silahkan foto copy dulu identitasnya/ KTP
4. KTP hilang bisa menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KK)
5. Jangan lupa bawa uang saku.

Cara Merubah Jadwal Keberangkatan Kereta Api Indonesia

Bila semua persyaratan terpenuhi maka selanjutnya silahkan datang ke stasiun terdekat. Oiya tidak semua stasiun melayani perubahan jadwal atau pembatalan lho, biasanya stasiun besar saja. Lebih baik hubungi call center Kereta Api Indonesia untuk menanyakan stasiun mana saja yang siap melayani permasalahan tersebut.

Sikahkan ambil antrian untuk menemui customer service, setelah dipanggil diminta menunjukkan/ menyerahkan kode bookingnya. Bila pihak customer service ragu dengan identitas penumpang biasanya disuruh menunjukkannya. Selanjutnya Ada diberi Formulir Pembatalan Tiket, tenang yang ngisi sana kok.

Baca: Cara Cetak e-Ticket Kereta Api Indonesia di Chek-in Counter

Nantinya pihak customer service menanyakan mau dirubah tanggal berapa, setelah Anda menjawab maka di cek dulu ketersediakan kursinya. Bila ada yang kosong maka bisa lanjut dirubah, bila penuh maka dibatalkan.

Karena perubahan jadwal dikenakan biaya 25% maka bila harga tiket Kereta Api yang akan dinaiki pada harganya sama atau lebih mahal maka tinggal mengakumulasikan saja kekurangannya setelah dipotong 25%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.