Arti status pengiriman Tiki (Titipan Kilat)

Memahami Arti Kode Pengiriman Tiki (Titipan Kilat)

Posted on

Sebelumnya TERAA.NET telah menulis artikel tentang Cara Cek Resi Tiki dan Layanan Tiki Yang Tidak Memuaskan, ini adalah kelanjutan dari artikel tersebut. Setiap barang yang dikirim menggunakan jasa Tiki mendapatkan nomor resi/ tracking yang dapat digunakan untuk mengetahui status kiriman barang telah sampai mana.

Status kiriman bisa dilacak dengan memasukkan nomor resi kemudian ditampilkan riwayat pengirimannya mulai dari hari dan tanggal kirim, nama kota sebagai transit kiriman hingga barang tersebut diterima. Seperti ekspedisi lainnya, setiap pelacakan pasti dilengkapi kode pengiriman.

Bagi yang sering menggunakan ekspedisi Tiki tentu telah paham arti kode pengiriman tersebut, namun bila Anda baru menggunakannya mungkin sedikit kebingungan dengan beberapa istilah tersebut. Untuk membantu memahami arti kode shipment/ pengiriman Tiki berikut ini akan dijelaskan artinya.

Tiki adalah salah satu bapak perintis ekspedisi di Indonesia bersama PT. POS. Berdiri sejak tahun 1970 membuatnya sangat berpengalaman mengantarkan barang ke seluruh Indonesia hingga luar negeri. Meskipun umurnya tua sepertinya perkembangan Tiki stagnan/ jalan ditempat, kalah bersaing dengan pemain baru seperti JNE dan J&T.

Ekspedisi yang satu ini memang terbilang unik, mungkin kantornya jarang ditemui hingga pelosok kecamatan dan adanya cuma di pusat kota/ kabupaten saja namun kirimannya menjangkau hingga pelosok desa. Baiklah kembali pada topik artikel, berikut ini adalah penjelasan mengenai kode pengiriman pada Tiki (Titipan Kilat).

Arti Status Pengiriman/ Shipment Tiki (Titipan Kilat)

Shipment Data Entry
Data pengiriman paket telah dimasukkan dalam database, ini akan otomatis terjadi saat si pengirim telah memilih jenis layanan pengiriman TIKI dan membayarnya

Arrive
Bahwa barang yang dikirim sudah dijemput keluar oleh mobil pengiriman. Bisa juga diartikan bahwa barang sudah keluar dari loket tempat pengiriman pertama

Departed to 
Paket tersebut telah berangkat dari agen TIKI kota asal pengiriman

Packing List 
Barang/ paket telah dikemas dan dimasukkan dalam daftar pengiriman bersamaan dengan barang lain

Transit 
Barang tersebut sedang transit di Tiki kota lain

Arrived 
Sekarang barang sudah tiba di kota tujuan

With Delivery Courier 
Barang yang ditunggu sudah dibawa oleh kurir TIKI dan akan diantarkan ke alamat penerima yang tercantum

Success / Received By 
Barang telah sampai, dan proses pengiriman telah selesai. Saat barang telah selesai dikirmkan dalam kolom remark akan tertera nama penerima

Exception 
Ada pergantian kurir pengiriman, pergantian tersebut disebabkan oleh suatu hal di dalam manajemen pengiriman barang di tiki

Failed 
Status pengirman barang tersebut gagal, adapun gagalnya atau failed dengan berbagai alasan. Untuk info lebih lanjut silakan hubungi call center TIKI.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.