Aplikasi Kalkulator Zakat Terbaik Untuk Android

Posted on 56 views

Sekarang ini kalau ingin menghitung berapa besar zakat yang harus dibayarkan itu tidaklah sulit karena telah ada kalkulator zakat online yang bisa menghitung zakat fitrah dan zakat maal. Cukup dengan install aplikasi kalkulator zakat pada smartphone Android maka Anda bisa menghitung zakat sambil duduk-duduk maupun tiduran.

Bayangkan saja mudah pakai cara manual atau aplikasi, bila manual maka harus mencari kertas dan bolpoin untuk coretan zakat sedangkan memakai aplikasi dalam hitungan detik Anda sudah tahu berapa zakat yang harus dibayar. Mengenai rumus hitungannya tidak dijelaskan secara detail di sini karena developer pastinya juga tidak sembarangan membuat kalkulator zakat.

Developer berpedoman pada rumus zakat menurut ajaran islam kemudian dikemas dalam aplikasi kalkulator zakat. Meskipun judulnya kalkulator zakat online namun setelah terinstall pada smartphone Android bisa dijalankan secara offline. Online di sini artinya untuk mendownload aplikasinya, namun bila ingin bayar zakat secara langsung melalui aplikasi maka harus online.

Baca: Situs Pembayaran Zakat Online Yang Terpercaya

 

Hitung Zakat Menggunakan Aplikasi Kalkulator Zakat

Untuk mempermudahkan menghitung zakat, berikut ini TERAA.NET sajikan 4 aplikasi kalkulator zakat yang dapat Anda install pada smartphone Android. Berikut ini adalah penjelasan dari aplikasi hitung zakat online tersebut:

 

1. Kita Bisa

Di urutan pertama ada aplikasi Kitabisa.com yang cukup popular sebagai platform pembayaran zakat online. Selain melayani pembayaran zakat ternyata di dalamnya ada kalkulator zakat untuk menghitung zakat profesi dan zakat maal. Bila Anda menginginkan satu aplikasi lengkap yang bisa hitung zakat sekaligus bayar zakat maka memakai Kitabisa.com adalah pilihan tepat.

Kalkulator Zakat Kitabisa.com

Download: Kitabisa.com

 

2. Al-Ihsan

Bila zakat Anda ingin disalurkan secara global (mendunia) bisa menggunakan aplikasi Al-Ihsan yang dapat di download dari Google Play Store. Secara keseluruhan aplikasinya menggunakan bahasa Inggris namun mudah dipahami. Fitur di dalamnya cukup lengkap mulai dari zakat fitrah, zakat maal, sadaqah jaariah, aqeeqah, dan lain sebagainnya.

Kalau dipelajari dari beberapa fiturnya, Al-Ihsan ini sebenarnya bukan fokus pada zakat saja. Anda juga dipermudahkan ikut mendonasikan sebagaian penghasilan untuk biaya aqeeqah, makanan di bulan ramadhan, sadaqah.

Download: Al-Ihsan

 

3. Aplikasi Hitung Zakat

Urutan selanjutnya ada Aplikasi Hitung Zakat buatan anak bangsa. Aplikasi ini memiliki User Interface (UI) yang cukup sederhana sehingga mudah dipahami oleh pengguna. Meski begitu tidak melupakan fitur utama sebagai kalkulator zakat online yaitu untuk menghitung zakat fitrah dan zakat harta (maal).

Aplikasi Hitung Zakat

Hasil hitungan zakat ditampilkan secara apik dengan deskripsi singkat mengenai apa yang dizakatkan. Tertarik ingin menggunakan Aplikasi Hitung Zakat silahkan download melalui Google Play Store atau link berikut ini.

Download: Aplikasi Hitung Zakat

 

4. Zakat Pal

Aplikasi kalkulaltor zakat yang direkomendasikan selanjutnya adalah Zakat Pal. Pengelompokkan hitungan zakat dibagi menjadi dua yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Yang menarik dari aplikasi Zakat Pal adalah tersedianya kolom untuk memasukkan harga beras/ liter untuk zakat fitrah sehingga ditampilkan total yang harus dibayarkan zakat.

Menu Zakat Maal dibagi lagi menjadi: zakat emas dan perak, zakat perniagaan, zakat hasil bumi, zakat ternak, dan zakat rikaz. Pokoknya menunya lengkap banget, mau menghitung jenis zakat apapun bisa dilakukan melalui aplikasi Zakat Pal.

Download: Zakat Pal

 

5. Aplikasi Perhitungan Zakat

Nama aplikasi kalkulator zakat kebanyakan hampir sama, mungkin para developernya bingung memberi nama apa pada kalkulator zakat ini. Sekilas namanya seperti yang dibahas pada poin kedua yaitu Aplikasi Hitung Zakat, bedanya yang terakhir ini ada awalan per- sehingga menjadi perhitungan.

Dari segi kebermanfaatan, Aplikasi Perhitungan Zakat ini cukup bermanfaat sekali karena memudahkan Anda dalam menghitung berapa besar zakat fitrah dan zakat maal yang harus dibayarkan.

Download: Aplikasi Perhitungan Zakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.