Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi MiA2

Kelebihan dan Kekurangan Android Xiaomi MiA2

Posted on 0 views

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi MiA2 menjadi bahasan yang menarik bagi mereka yang akan membeli smartphone flagship besutan Xiaomi. Sebelum memutuskan untuk membeli rajinlah membaca ulasan mengenai kelebihan dan kekurangannya supaya tidak menyesal di kemudian hari.

TERAA.NET sendiri juga menjadikan Xiaomi MiA2 sebagai daily driver sehingga bisa berbagi pengalaman selama menggunakan MiA2. Kurang lebih selama 2 bulan ini ada rasa suka dan duka ketika menggunakannya.


Tujuan awal pembelian Xiaomi MiA2 adalah sebagai alat untuk merekam video, jadi selain ngeblog mencoba peruntungan juga dari YouTube. Sama seperti YouTuber sukses lainnya, memulai ngevlog menggunakan smartphone karena mau beli kamera belum ada budget.

Bahasan mengenai spesifikasi Xiaomi MiA2 sudah banyak sekali, dan itu rata-rata hanya mengulas fitur dan keunggulannya saja namun untuk kekurangannya masih jarang.

 

Kelebihan dan Kekurangan Android Xiaomi MiA2

Manusia hidup jauh dari kata sempurna, begitu juga dengan produk buatan manusia. Selain ada kelebihan tentu ada kekurangan, yang terpenting adalah jadikan kekurangan tersebut sebagai masukan untuk update yang lebih baik lagi.

 

Kelebihan Xiaomi MiA2

1. Layar Jernih

Xiaomi MiA2 menggunakan LCD tipe LTPS IPS capacitive touchscreen dengan kepadatan warna 16 M. Resolusinya 1080×2160 pixels dengan rasio 18:9 (403 ppi density), ukuran layarnya 5.99 inches, 92.6 cm2 (77.4% screen-to-body ratio).

Gambarnya tajam, jernih, dan tentunya tidak menyakitkan mata ketika digunakan di kondisi gelap. Ketika digunakan untuk ngegame, grafisnya serasa hidup seperti game nyata.

2. Perlindungan Layar Gorilla Glass

Jangan takut layar smartphone Xiaomi MiA2 tergores/ baret karena telah dilindungi Gorilla Glass 3, selain anti gores tentu layarnya juga tahan benturan. Kini Anda tidak perlu was-was lagi memasukkan Xiaomi MiA2 ke dalam celana jean yang permukaannya kasar karena dijamin aman.

3. Kamera Bagus

Salah satu alasan kenapa banyak dari mereka yang tertarik membeli Xiaomi MiA2, karena kameranya bagus. Kamera depan dan belakang sebesar 20 MP dan sama-sama dilengkapi lampu flash untuk mengambil foto/ video pada kondisi gelap.

Terdapat 2 kamera belakang 20 MP + 12 MP sebagai lensanya sehingga dapat mengabadikan momen penting tanpa noise. Tersedianya fitur gyro-EIS mampu mengurangi goyangan video saat merekam sambil bergerak, lebih halus lagi kalau dipadukan dengan Smartphone Gimbal.

Kemampuan kamera belakang mampu merekam hingga 2160p@30fps, 1080p@30fps (gyro-EIS), 720p@120fps, sedangkan kamera depan 1080p@30fps. Anda juga bisa mengaktifkan fitur Image stabilization pada pengaturan video Xiaomi MiA2.

Baca: Cara Mengatur Camera Video Xiaomi Supaya Rekaman Tidak Goyang

4. Menggunakan Android One

Xiaomi MiA2 merupakan smartphone flagship yang menggunakan Android One, sama dengan seri sebelumnya Xiaomi MiA1. Keuntungan menggunakan OS ini adalah ringan karena tidak dicustom oleh Xiaomi seperti MIUI. Pasalnya Xiaomi hanya menjejalkan aplikasi kamera saja pada Android One, selengkapnya murni dari Google. Selain itu masalah iklan yang sering muncul pada MIUI tidak ditemukan di sini.

Kombinasi Qualcomm SDM660 dan RAM 4G membuat Android One berjalan mulus tanpa lag. Bagi yang tidak terbiasa menggunakannya pasti beranggapan ini OS simple sekali dan harus menginstall aplikasi sendiri-sendiri.

 

Kelemahan Xiaomi MiA2

1. Baterai Kecil

Kapasitas baterai hanya 3000 mAh, cukup kecil untuk smartphone keluaran sekarang. Penggunaan normal tanpa ngegame dan lihat video YouTube dalam sehari bisa ngecharge 2 kali yang artinya bertahan selama 12 jam. Ketika digunakan untuk ngegame rata-rata bertahan 4 jam dan untuk merekam video dalam 1,5 jam sudah habis.

Kelemahan sektor baterai ini telah ditutupi fitur fast charging yang mampu mengisi daya kurang dari 1 jam. Tetapi yaitu kalau digunakan untuk traveling harus siap-siap bawa Powerbank dan charger.

2. Mikrofon Jelek

Penyesalan terberat bagi seorang YouTuber adalah tidak bisa mendapatkan kualitas rekaman suara yang bagus dari mikrofon Xiaomi MiA2. Kalau videonya sih bagus banget namun audio parah banget terutama ketika digunakan untuk merekam di luar rumah yang penuh keramaian. Semacam ada suara angin yang masuk ke dalam mikrofon ini.

Menurut pengamatan TERAA.NET yang rusak bukan mikrofonnya melainkan terlalu peka sehingga audio yang dihasilkan suaranya pecah. Pernah digunakan untuk merekam konser band, suaranya tidak enak. Bahkan ketika dibandingkan dengan Redmi 5A yang secara harga dan fiturnya dibawah Xiamoi MiA2 kualitas audion masih bagusan Redmi 5A.

3. Tidak Bisa Nambah Memory Penyimpanan

Xiaomi telah membekali MiA2 dengan memory penyimpanan sebesar 64 GB, cukup besar sih namun kalau digunakan untuk menyimpan foto dan video lama-lama juga cepat penuh. Sayangnya tidak ada slot tambahan untuk menaruh MicroSD Card di smartphone ini sehingga penggunanya harus rajin memindahkan data ke komputer.

4. Tidak Terdapat Audio Jack

Smartphone flagship Xiaomi ini hanya dibekali port USB Type C, tidak ada audio jack 3.5 mm sehingga menyulitkan para penggunaannya ketika ingin menggunakan headset. Sebagai gantinya Xiaomi membekali converter USB Type C ke audio jack dan headsetnya sekaligus. Ini merupakan smartphone Xiaomi pertama yang dalam paket penjualannya dilengkapi headset, biasanya cuma baterai, kabel data, dan SIM Injector saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.