Menghidupkan Listrik Pulsa

Cara Memperbaiki Pulsa Listrik Yang Mati

Posted on

Pemberian judul artikel ini yang tepat sebenarnya bukan cara memperbaiki pulsa listrik yang mati melainkan mengatasi listrik rumahan yang menggunakan pulsa tiba-tiba mati. Jadi listrik PLN yang dipasang di rumah-rumah itu dibedakan menjadi 2 yaitu yang menggunakan meteran dan pulsa.

Pengguna yang memasang installasi listrik PLN sebelum tahun 2010 pasti menggunakan meteran sedangkan diatas tahun tersebut wajib menggunakan pulsa. Memperbaiki listrik yang menggunakan sistem pulsa kalau tiba-tiba mati dengan sendirinya cukup mudah karena indikatornya bisa melihat pada spedo listrik.

Bicara tentang mati listrik memang cukup menjengkelkan apalagi sedang menggunakannya. Misalnya lagi mengerjakan tugas di depan komputer, memasak nasi dengan magicom, dan membuat kue menggunakan mikser. Bila listriknya mati maka bisa membuyarkan rencana, kalau cepat nyala kembali tidak jadi soal namun kalau lama?

Bila Anda mengalami hal yang sama seperti yang telah dijelaskan tersebut jangan terburu-buru tlp PLN atau teknisi, cobalah memperbaikinya sendiri sesuai petunjuk yang diberikan TERAA.NET. Baiklah berikut ini ada cara menghidupkan listrik pulsa yang mati.

5 Cara Mengatasi Listrik Pulsa Yang Mati

1. Pastikan Tidak Terjadi Pemadaman Listrik

Langkah awal bila tiba-tiba listrik di rumah Anda mati/ padam yaitu dengan memeriksa apakah terjadi pemadaman listrik atau tidak. Kalau malam hari tinggal buka jendela atau keluar rumah bisa melihat listrik di sekitar rumah padam atau tidak, namun bila terjadi pada siang hari maka tidak ada salahnya bertanya pada tetangga mengenai listrik tersebut.

Pengguna listrik pulsa cukup dimudahkan dengan melihat indikator pada lampu yang tertera pada spedo listrik. Bila tidak pemadaman maka lampunya tetap menyala dan begitu juga sebaliknya. Coba bandingkan dengan yang pakai meteran listrik, pasti tidak ada indikator lampu.

Setelah mengetahui status listriknya tidak padam maka langkah selanjutnya bisa melihat pada poin 2 hingga 4 berikut ini.

2. Periksa Pulsa Listrik

Mestinya kalau pulsa listriknya dibawah 20 KWH (Kilo Watt/ Jam), spedo listrik mengeluarkan bunyi tut-tut. Bunyi tersebut untuk mengingatkan pengguna bahwa pulsanya hampir habis dan baru bisa berhenti ketika diisi ulang kembali. Namun tidak menutup kemungkinan karena ditinggal ke luar kota atau sibuk pekerjaan sehingga lupa isi pulsa sampai listriknya padam.  Kalau matinya listrik disebabkan karena pulsa maka cara mengatasinya ya diisi kembali.

3. Perhatikan Indikator Display Pada Spedo Listrik

Spedo listrik pulsa dilengkapi panel LCD berukuran kecil untuk menampilkan pesan yang behubungan dengan listrik rumahan. Ketika listriknya mati maka segera lihat panel LCD muncul pesan error atu tidak. Kalau pesannya error berarti terjadi konsleting/ hubungan arus pendek.

Coba lepaskan semua colokan kabel yang terhubung ke stop kontak, kalau perlu lampu-lampu juga dilepas. Setelah itu periksa panel LCD, errornya hilang atau tidak. Intinya adalah mencari rangkaian listrik yang konslet tersebut terjadi di mana, bisa lampu satau kabel.

4. Perika Sekring

Fungsi sekring adalah untuk mengamankan arus listrik bila terjadi kelebihan muatan listrik. Setiap installasi listrik pasti menggunakan sekring untuk menghindari terjadinya kebakaran bila terjadi hubungan arus pendek.

Jenis sekring yang dijual di pasaran ada 2 yaitu yang manual dan otomatis. Bila masalahnya diakibatkan karena sekringnya putus maka ganti sekring, kecuali Anda menggunakan yang otomatis maka tinggal menekan tombol jadi listrik hidup kembali.

5. Periksa MCB

Yang terakhir adalah memeriksa saklar pada MCB listrik pulsa. Pastikan kondisi saklarnya dalam keadaan ON, kalau OFF maka ubah menjadi ON. Cara yang terakhir ini bisa diterapkan lebih awal bila matinya listrik diakibatkan jeglek.

Demikianlah informasi cara mengatasi, memperbaiki, menghidupkan kembali listrik pulsa yang tiba-tiba mati. Semoga kelima cara di atas bermanfaat dan bisa membuat nyala kembali.

Baca: Perbedaan Volt Ampere (VA) dan Watt Saat Pasang Listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.