Cara Mempercepat atau Memperlambat Gerakan Video

Posted on

Cara mempercepat atau memperlambat gerakan video merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Cara Mengubah Suara Pada Video Menjadi Besar atau Cempreng. Program video editing yang digunakan adalah Wondershare Filmora, bila belum mempunyai silahkan download di internet.

Mungkin Anda pernah melihat tayangan video yang di dalamnya berisi gerakan-gerakan sangat cepat maupun sangat lambat (slow motion). Ada beberapa alasan kenapa si pembuat video melakukan hal tersebut, misalnya gerakan lambat untuk tetesan air hujan, peristiwa pukul-memukul, dan lain sebagainya. Biasanya sih gerakan lambat untuk menguatkan pesan dari isi video yang ditampilkan.

Gerakan cepat bisa diterapkan untuk video yang terlalu panjang, misalnya Anda membuat video tutorial tentang membuat serbuk jahe. Proses pembuatan serbuk jahe membutuhkan waktu yang lama terutama dalam mengaduknya. Supaya penonton/ orang yang melihat video Anda tidak bosan, bisa mempercepat gerakan tersebut.

Belajar video editing mempercepat atau memperlambat gerakan boleh dilakukan oleh siapa saja, baik pemula maupun sudah mahir yang belum tahu caranya. Tutorial ini pasti sangat bermanfaat bagi Anda yang lagi mendalami profesi sebagai Youtuber dimana dituntut membuat video yang unik beda dari yang lain.

Sebenarnya Anda bisa menggunakan program video editing selain Wondershare Filmora, seperti Adobe Premiere atau Corel Video Studio. Meskipun beda program namun cara membuat efek cepat maupun lambat pada video adalah sama yaitu dengan memainkan tool split dan pengaturan speed. Berikut ini contoh efek gerakan video cepat atau lambat.

Video di atas adalah contoh gerakan cepat atau lambat dari cuplikan film serial Naruto. Anda dapat membuat video yang lebih keren daripada contoh ini menggunakan Wondershare Filmora.

Cara Memperlambat atau Mempercepat Gerakan Video dengan Wondershare Filmora

1. Buka program video editing Wondershare Fimora
2. Buat project baru, ambil video yang akan dibuat lambat atau cepat gerakannya
Cara Split Video
3. Silahkan split video menjadi beberapa bagian. Fungsi dari split ini untuk membatasi sampai mana video tersebut dibuat cepat atau lambat
4. Klik 2x pada video yang telah displit, maka muncul pengaturan video
Slowmotion Video
5. Perhatikan menu Speed, untuk memperlambat gerakan video geser ke kiri, untuk mempercepat geser ke kanan
6. Jangan lupa untuk menyimpan video dengan memilih Export.
7. Sekarang Anda berhasil membuat efek video cepat atau lambat.

Demikian informasi Cara Memperlambat dan atau Mempercepat gerakan Video. Dengan mencoba tutorial ini berarti Anda belajar video editing tentang efek gerakan lambat atau cepat. Bila ada yang kurang jelas dan belum dipahami silahkan kirimkan pesan pada kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.