Cara Memasang Video Youtube Responsive di WordPress

Posted on

Untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan lewat postingan artikel biasanya dipasang video Youtube dan gambar. Yang dimaksud responsive adalah video Youtube yang ditampilkan pada postingan artikel bila dibuka menggunakan device dengan ukuran layar yang berbeda-beda video tersebut ikut menyesuaikan ukurannya, bila video tampil separuh atau kepotong disebut tidak responsive.

Memasang vide Youtube responsive di WordPress sangatlah mudah, yang perlu diperhatikan adalah pemilihan theme yang responsive maka secara otomatis bila disisipkan video Youtube akan jadi responsive. Untuk menambahkan video Youtube pada postingan artikel blog yang diperlukan adalah embed Youtube, kode ini bisa Anda dapatkan pada video Youtube.

Cara memasukan video Youtube di WordPress, caranya hampir sama ketika menggunakan platform lain seperti blogger dan joomla yaitu melalui mode HTML. Tentu bagi Anda yang baru belajar menggunakan WordPress self hosting dan WordPress.com sedikit kebingungan gimana caranya insert video Youtbe di postingan artikel.

Bila Anda mempunyai blog dengan nice tutorial komputer dan atau blog masak-masak sangat perlu menambahkan video Youtube supaya pembaca mudah memahaminya. Mencantumkan video Youtube di WordPress ada untungnya juga, apalagi bila Anda mempunyai channel Youtube. Salah satu cara mendapatkan viewer dengan menampilkan video Youtube di postingan artikel.

Baca: Cara Migrasi Blogger Custom Domain ke WordPress Self Hosting

Langka-Langkah Memasang Video Youtube Responsive Pada WordPress

Untuk memasang video Youtube di WordPress ada 2 langkah yaitu yang pertama mengambil embed kode video dan yang kedua menaruh embed kode tersebut pada postingan artikel. Selain ditampilkan pada postingan artikel bisa juga ditaruh pada sidebar blog, yang penting suport HTML maka video tersebut dapat dipasang dimana saja.

Cara Ambil Ebed Youtube dan Memasangnya di WordPress

1. Buka Youtube, kemudian cari video Youtube yang ingin ditampilkan di WordPress
2. Contohnya ingin menampilkan video Via Vallen – Kimcil Kepolen (Official Music Video), arahkan mouse ke menu Bagikan maka muncul Sematkan. Pilih sematkan maka akan muncul embed video
Sematkan Video Youtube3. Yang ditandai dengan kotak merah adalah embed video Youtube, silahkan Anda copy kode tersebut
Copy Paste Embed Video Youtube4. Buatlah postingan artikel, kemudian pada pojok kanan atas text area WordPress pilih Text, jangan Visual
Teks Area WordPress5. Paste embed kode, Anda bisa mengatur letak posisi video tampil dari kanan, kiri, dan tengah
Menyisipkan Embed Kode
Tampil kiri gunakan kode <left>embed kode video Youtube</left>
Tampil tengah gunakan kode <center>embed kode video Youtube</center>
Tampil kanan gunakan kode <right>embed kode video Youtube</right>

Demikianlah tutorial memasang video Youtube responsive pada WordPress, sangat mudah bukan? yang diperlukan hanya kemauan untuk mencoba. Bila ada yan kurang jelas dan belum dipahami silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *