Mengatasi Record Audio Camstasia Studio Tidak Bunyi

Posted on

Camstasia Studio adalah program untuk merekam aktivitas di layar komputer. Program ini kerap digunakan untuk membuat tutorial yang objeknya diambil langsung dari layar komputer. Misalnya Anda ingin membuat tutorial Cara Membuat Poster, maka semua yang Anda lakukan seperti edit gambar menjadi poster dapat direkam menggunakan Camstasia Studio.

Camstasia Studio mempunyai keunggulan sendiri bila dibandingkan program sejenis yaitu mampu mengedit video hasil rekaman. Toolnya juga lengkap, jadi bisa menambahkan captions, video effect, transitions, dan masih banyak yang lainnya. Pokoknya tool dasar video editing tersedia di Camstasia Studio.

Permasalahan yang sering muncul kenapa saat merekam video dan ingin menambahkan rekaman voice suaranya tidak muncul atau tidak bunyi? Atau pernahkah Anda mengira tidak bisa rekam audio dikarenakan headset yang rusak? bila mengalami seperti yang dijelaskan tersebut jangan panik dulu dan jangan buru-buru beli headset baru.

Baca: Cara Mempercepat atau Memperlambat Gerakan Video

Setelah dianalisa ternyata penyebab kenapa record audio Camstasia Studio tidak mau menangkap suara, ternyata permasalahannya terletak pada pengaturan Audio in/ Audio off. System Camstasia Studio secara default tidak membaca device (mikrofon), maka harus melakukan konfigurasi di Audio Settings Camstasia Studio.

Mengatasi Audio Camstasia Studio Yang Tidak Mau Record Audio/ Rekam Suara

1. Jalankan Camstasia Studio, kemudian pilih Record
2. Pilih Audio on/ Audio off, kemudian Options
Audio Settings Camtasia
3. Ubah Audio device dari Do not record microphone dengan microphone lain
Record Settings Camtasia
4. Silahkan coba untuk merekam video bersamaan suara Anda, pasti suara berhasil direkam Camstasia Studio.

Menambahkan Record Audio/ Rekaman Suara Pada Video Sangat Penting

Bila Anda ingin membuat tutorial menggunakan program Camstasia Studio, rekaman suara itu sangat penting. Selain merekam gambar pada layar komputer, Camstasia Studio mampu merekam suara dari microphone. Gambar bergerak tanpa dibarengi suara rasanya ada yang kurang pas, dengan menambahkan suara maka orang yang melihat dan mendengar tutorial yang telah dibuat menjadi gampang mengerti.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.