Cara Menambahkan Link (Cards) Pada Video YouTube

Posted on

Untuk meningkatkan jumlah viewer pada video YouTube bisa memanfaatkan fitur Cards/ Kartu yang tersedia di menu edit video YouTube. Masih banyak content creator yang tidak menggunakan Cards karena belum tahu fungsi dari kegunaan fitur ini.

Mungkin ketika melihat tayangan video milik orang lain Anda melihat link yang tiba-tiba muncul di pojok kanan atas player YouTube itu disebut Card. Anda bisa menyisipkan link sebanyak 5 kali pada video yang telah diupload ke YouTube.

Sebenarnya fitur ini mirip related post pada blog karena fungsinya sama-sama menampilkan link terkait yang masih berkaitan dengan video tersebut. Bisa sih menggunakan link video dengan topik berbeda namun rasanya ketika disisipkan pada video jadi tidak nyambung.

Baca: 14 Rahasia Supaya Video YouTube Jadi Trending

Mereka yang lama berkecimpung di dunia YouTube pasti telah memanfaatkan fitur Cards dan End Screen supaya viewernya jadi meningkat. Cocok banget buat content creator yang telah diterima sebagai YouTube Partner Program untuk menggali pundi-pundi uang dari viewer YouTube.

Cara menambahkan atau menyisipkan link ke video YouTube tidak sesulit yang dibayangkan, melalui artikel ini akan dijelaskan cara menggunakan Cards/ Kartu pada YouTube.

Cara Menyisipkan Link Pada Video YouTube

1. Buka YouTube.com kemudian login menggunakan akun gmail Anda
2. Setelah berhasil login silahkan masuk ke YouTube Studio (Beta) > ubah tampilan menjadi Creator Studio Classic, cara adalah sebagai berikut (lihat gambar)
YouTube Creator Stuido Classic

3. Cari video yang akan ditambahkan link (card) kemudian pilih Edit
4. Pada halaman Edit pilih tab menu Card/ Kartu kemudian putar video untuk menentukan posisi yang tepat dimana link tersebut dicantumkan
Kartu YouTube

5. Add Card > pilih Video or Playlist > Create Card
6. Sekarang Anda berhasil menambahkan link/ card pada video YouTube Anda. Selain mengambil card dari Video or Playlist juga bisa memilih opsi lain seperti Channel, Poll, dan Link yang mengarah ke situs Web/ Blog Anda.

Selain menjelaskan melalui tulisan, TERAA.NET juga membuat video tutorialnya yang bisa Anda lihat melalui berikut ini.

Demikianlah informasi cara menambahkan link video dengan menggunakan fitur Cards/ Kartu yang terdapat pada editor YouTube. Setelah menerapkannya pada video YouTube Anda sekarang bandingkan dengan sebelum ditambahkan link dan sesudahnya terjadi kenaikan viewer apa tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.