Mendapatkan Uang Dari Internet

10 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Posted on 254 views

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu tentang Peluang Usaha Offline Modal Kecil Hasil Menggiurkan. Rasanya ada yang kurang bila tidak membahas versi online karena sama-sama bisa mendatangkan uang.

Mencari kerja di dunia nyata itu sulit, butuh perjuangan dan pengorbanan untuk mendapatkannya. Terkadang bila diterima kerja hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Bila Anda termasuk salah satu dari mereka yang kesulitan mencari kerja cobalah peruntungan dari internet.

Hasil yang didapatkan dari internet jauh lebih besar dari kerja offline, makanya kalau ada orang jarang keluar rumah duitnya banyak itu tidak memakai pesugihan/ tuyul melainkan memang bekerja dengan memanfaatkan internet.

Hanya bermodalkan komputer, hape, dan internet Anda bisa mendapatkan uang. Mulai sekarang mari manfaatkan fasilitas yang ada untuk mencari uang bukan sebagai pengguna sosial media aktif.

 

Peluang Usaha Online Yang Bisa Mendatangkan Penghasilan

Penasaran ingin tahu cara mendapatkan uang dari internet, silahkan simak 10 peluang usaha online berikut ini:

 

1. Menjadi Blogger

Blogger adalah sebutan untuk orang yang menekuni dunia blog, seperti apa yang dilakukan TERAA.NET. BIla Anda mempunyai ketertarikan terhadap sesuatu mulai sekarang tuangkan dalam tulisan artikel supaya orang lain bisa membacanya.

Awali menulis artikel dari pengalaman pribadi hingga berbagi informasi yang bermanfaat untuk pembaca. Semakin orang suka dengan tulisan Anda maka kemungkinan mendapatkan trafik/ pengunjung lebih besar.

Kalau ada yang bertanya, Apakah dengan menulis artikel bisa mendapatkan uang? tentu tidak. Ketika sudah mempunyai blog ajukan kerja sama dengan Google AdSense atau bisnis periklanan lain sebagai sumber pendapatannya. Iklan tersebut pasang di blog Anda dan ketika ada yang klik maka dapat uang.

Bukan hanya dari iklan saja, kalau blognya bagus biasa mendapatkan tawaran kerja sama review. Anda diminta untuk menuliskan review dari produk tertentu dan pastinya mendapatkan bayaran.

 

2. YouTuber

Sekarang semua orang ingin menjadi YouTuber karena banyak yang sukses dengan situs berbagi video milik Google ini. Ketika artis mulai sepi job, mereka memanfaatkan ketenarannya dengan membuat channel YouTube.

Video yang diupload bebas,  biasanya orang cenderung mencari tema hiburan. Untuk itu upload video yang bisa menghibur orang banyak, insyaAllah banyak yang suka.

Ketertarikan baca masyarakat Indonesia mulai menurun seiring  berkembangnya YouTube, sekarang orang suka mencari informasi dengan melihat video daripada membaca artikel.

Ayo manfaatkan platform ini untuk mendapatkan uang dari internet. Caranya buat channel YouTube dengan akun Google Mail (GMAIL), kemudian upload video.

Anda harus mengajukan kerja sama dengan YouTube sebagai YouTube Partner Program. Kalau disetujui setiap video yang diupload bisa dimonetize. Kalau sudah monetize video Anda nanti ada iklannya, bila iklan tersebut dilihat tanpa skip atau di klik maka pemilik channel akan mendapatkan uang. Kunci utama sukses sebagai YouTuber adalah jumlah subscribe dan viewer.

 

3. Jualan Artikel

BIla Anda jago merangkai kata menjadi sebuah kalimat yang menarik cobalah usaha jualan artikel. Target pasarnya adalah para blogger yang malas nulis artikel.  Apalagi kalau Anda menguasai bahasa Inggris maka harga per artikel cenderung lebih mahal daripada bahasa Indonesia.

Harganya relatif, kalau sudah mempunyai nama setiap artikel bisa laku hingga 200 ribu lebih. Artikel yang ditulis harus ramah mesin pencari sehingga bisa masuk halaman pertama Google, Yahoo, dan Bing.

Website besar banyak yang membutuhkan jasa ini bahkan terkadang nanti Anda akan direkrut sebagai penulis artikel di situs tersebut. Untuk pemula yang baru mencoba coba tawarkan jasa Anda melalui forum seperti kaskus.com, ads.id, dan bersosial.com, pokoknya forum yang isinya para blogger.

 

4. Jualan Online

Ingin mendapatkan penghasilan dari jualan online silahkan manfaatkan sosial media WhatsApp, Instagram, dan Facebook untuk memasarkan produk. Lebih besar lagi Anda bisa membuka toko sendiri tanpa harus mempunyai website dengan memanfaatkan marketplace seperti Tokopedia, Shoope, Bukalapak, Blibli, dsb.

Bingung tidak punya barang untuk dijual, mulailah dari menjual barang orang lain. Bisa sebagai reseller atau dropshipper, untuk pemula mendingan dropshipper karena tidak direpotkan dengan packing.

Dalam beberapa tahun kedepan dipastikan orang malas belanja offline, lebih memilih online karena mudah dan privacy. Misalnya untuk belanja pakaian dalam seperti G-String, Celana Dalam Transparan orang malu kalau beli di toko offline. Kalau online kan enak, tinggal bayar barang sampai rumah.

Jualan online ini bisa menggenjot penjualan offline bila Anda mempunyai toko sendiri sehingga sumber pendapatan bisa dari online dan offline. Tertarik ingin mencobanya? mulailah jual barang kebutuhan pokok karena itu yang pasti dicari oleh pembeli.

Tidak usah mencari untung banyak, dikit saja yang penting laku. Bangunlah kepercayaan dan reputasi dari toko online yang Anda buat, semakin banyak feedback positif dan rating yang tinggi maka orang akan cenderung belanja di tempat Anda.

 

5. Bermain AdMob

AdMob masih satu platform dengan Blogger dan YouTube karena sama-sama menggunakan iklan dari Google AdSense. Bedanya adalah AdMob khusus untuk aplikasi Android.

Untuk mencoba peruntungan ini paling tidak bisa membuat aplikasi Android atau mengajak kerja sama orang lain yang bisa membuat aplikasi untuk membuatkan aplikasi Android.

Makanya kalau Anda menjalankan aplikasi yang didownload dari Google Play Store ada iklannya itu adalah sumber penghasilan si pembuat aplikasi. Biasanya mereka menyediakan dalam dua versi yaitu free namun ada iklannya dan pro dengan membelinya.

Kemarin pernah ngobrol sama teman yang bermain AdMob ketika mengambil gaji di kantor POS menggunakan Western Union. Katanya dalam sebulan bisa mendapatkan 9 juta dari AdMob padahal yang di upload adalah aplikasi sticker WhatsApp.

Coba bayangkan berapa yang didapat oleh pembuat aplikasi kalau banyak didownload? bisa ratusan juta lebih tiap bulannya.

Baca: 3 Jenis Iklan Google AdSense Untuk Meraup Keuntungan

 

6. Jasa Pembuatan Website

Di dunia teknologi informasi hanya ada dua peluang usaha yang menjanjikan yaitu sebagai developer program dan developer website. Untuk jago bisa membuat website kini tidak harus menguasai PHP, HTML, dan Java Script.

Developer telah membuat Content Management System (CMS) yang siap untuk membangun website seperti WordPress, Blogger, Joomla, Drupal, dsb.

Belajarlah dari yang mudah dulu misalnya dengan membuat blog di blogger.com dan WordPress.com, kalau sudah menguasai lanjut ke level yang lebih tinggi yaitu WordPress.org, dsb.

Merasa sudah mahir mari buka jasa pembuatan website, targetnya adalah instansi pemerintahan, sekolah, pedagang, dan tokoh penting yang ingin dibuatkan website.

Harga satu website bisa 1 juta hingga 2 juta, tergantung dari tingkat keruwetan tampilan yang di inginkan oleh pemesan.

 

7. Jasa Menambah Subscriber YouTuber

Aturan terbaru dari YouTube supaya diterima sebagai YouTube Partner Program paling tidak mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam setahun. Bila tidak memenuhi maka gagal diterima sebagai penayang iklan YouTube.

Karena alasan inilah ada sebagian YouTuber yang ingin serba instan dengan membeli subscriber. Memang dengan cara ini target mereka bisa tercapai namun dalam jangka panjang tetap tidak bisa menambah viewer.

Akun yang digunakan untuk subscbribe dan viewer ini kan sifatnya sementara, hanya sekali subscribe dan beberapa kalai viewer saja. Yang penting bisa menampilkan iklan selanjutnya urusan konten biar diserahkan pemilik channel.

Harga belum subscriber ini lumayan mahal, bisa 500 ribu hingga 1 juta. Lumayan kan? apalagi kalau banyak yang order.

 

8. Menjadi Gamer

Setiap orang pasti pernah bermain game baik itu online dan offline. Jika Anda mempunyai kegemaran bermain game jangan sekedar ngegame saja, mulailah ikut kompetisi untuk mendapatkan uang.

Gabunglah di komunitas game, cari informasi kompetisi dan ikutlah. Hasil yang di dapatkan dari kompetisi ini lumayan lho, bahkan ada beberapa gamer sukes Indonesia yang kaya dengan game seperti Reza Oktovian, Jess No Limit, dan Nixia.

Selain berkompetisi, gamer juga bisa mendapatkan uang dari penjualan karakter. Biasanya gamer yang levelnya tinggi akan menjual karakter tersebut kepada gamer di bawahnya.

 

9. Kelas Online

Terbatasnya nara sumber di beberapa tempat akhirnya lahirlah kelas online. Kelas ini untuk mengakomodasi mereka yang haus akan informasi sehingga keingintahuannya terpenuhi dengan adanya kelas online.

Kelas online ini macamnya banyak sekali seperti Mahir Membuat Blog, Mahir Menggunakan Auto Cad, Cara Memasarkan Barang di Instagram, dsb.

Biaya yang dikeluarkan untuk ikut kelas online ini relatif, ada yang mulai dari 200 ribu hingga 1 juta. Tergantung dari levelnya, semakin sulit semakin mahal biayanya.

Untuk membuka kelas online ini paling tidak Anda harus mempunyai skill yang siap dibagikan kepada khalayak banyak, tanpa skill apa yang bisa dibagikan?

 

10. Afiliasi

Afiliasi adalah kerja sama bisnis antara individu, organisasi, dan badan usaha yang saling menguntungkan diantara kedua belah pihak. Yang memberi afiliasi akan untung karena produknya laku di pasaran sedangkan yang diajak berafiliasi akan mendapatkan uang dari setiap produk yang laku di pasaran.

Afililasi ini lebih ke pemasaran sehingga disebut affilasi marketing. Program affiliasi ini macamnya banyak sekali, cari yang sesuai passion Anda. Misalnya TERAA.NET berlangganan hosting di Domainesia maka untuk mendapatkan penghasilan tambahan akan memasarkan produk hostingnya menggunakan link referal yang telah dibuat. Nanti bila ada orang yang membeli hosting dari referal tersebut dapat komisi.

 

Penyebab Gagalnya Bisnis Online

Di atas telah dijelaskan beberapa peluang usaha online yang bisa menghasilkan uang dan semoga Anda juga berhasil ketika menjalankannya. Namun ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa orang tersebut gagal menekuni bisnis online biasanya karena tidak fokus.

Mereka mudah terpengaruh oleh kesuksesan orang lain sehingga ikutan mencobanya. Satu bidang belum berhasil melirik yang lain dan begitu juga seterusnya. Orang seperti ini takkan pernah berhasil, boleh mendalami bidang lain tapi pastikan dulu satu bidang berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.