Cara Mengaktifkan Fitur Fingerprint Lock WhatsApp

Posted on 16 views

Salah satu fitur keamanan WhatsApp yang masih jarang digunakan penggunanya adalah Fingerprint Lock, fitur ini mampu mengunci WhatsApp dan bisa dibuka hanya menggunakan Fingerprint.

Facebook selaku pemilik WhatsApp memberikan update Fingerprint Lock pada bulan November 2019, karena masih baru penggunanya jarang yang mengetahuinya. Untuk itu, melalui tulisan ini TERAA.NET akan membagikan tutorial cara mengaktifkan atau melindungi WhatsApp dengan Fingerprint Lock.

Sesuai namanya Fingerprint Lock berarti syarat utamanya smartphone harus dilengkapi fitur pemindai sidik jari. Pemindai ini letaknya ada dibelakang smartphone atau di dalam layar (Fingerprint in Display), keduanya fungsinya sama yaitu sebagai pemindai sidik jari.

Dengan mengaktifkan Fingerprint Lock, akun WhatsApp lebih aman dari tangan jahil. Orang yang biasanya kepo dengan Anda dengan meminjam hape untuk membuka WhatsApp bakal kesulitan membukanya, bahkan istri/ pacar Anda tetap tidak bisa membukanya.

Ketika menjajal fitur Fingerprint Lock di WhatsApp, hanya merekam satu sidik jari saja jadi menambahkan sidik jari orang lain tidak bisa. Daripada penasaran ayo aktifkan Fingerprint Lock WhatsApp dengan membaca penjelasan berikut ini.

 

Cara Melindungi WhatsApp dengan Fingerprint Lock

1. Pastikan Anda telah mengupdate aplikasi WhatsApp terbaru (minimal versi 2.19.351), bila belum silahkan download/ update melalui link WhatsApp Terbaru
2. Kemudian masuk menu Settings/ Pengaturan > Account/ Akun
Melindungi WhatsApp dengan Fingerprint Lock
3. Account/ Akun > Privacy/ Privacy
4. Fingerprint Lock, bukan unlock dengan menggeser ke kanan
Cara menggunakan Fingerprint Lock WhatsApp
5. Verify your identity > tempelkan jari Anda ke Fingerprint Sensor
6. Atur Automatically Lock: pilih salah satu dari immediately, after 1 minute, dan after 30 minute
7. Fungsi Automatically Lock untuk mengunci WhatsApp ketika layar tidak disentuh sesuai waktu yang telah ditentukan dan baru bisa dibuka dengan menempelkan jari ke Fingerprint Lock.

Sepertinya WhatsApp masih malu-malu memperkenalkan fitur Fingerprint Lock karena minimnya pemberitaan tentang fitur ini dan baru diketahui setelah ada update.

Demikianlah informasi cara melindungi akun WhatsApp dengan mengaktifkan fitur Fingerprint Lock, semoga kedepannya fitur POLA dan PIN segera tersedia di WhatsApp untuk mereka yang smartphone/ hapenya belum dilengkapi Fingerprint Sensor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.