mengkompres file

Mengkompres File RAR, ZIP, 7Zip dan Cara Membukanya

Posted on 54 views

Pengguna komputer pasti tidak asing lagi dengan ekstensi RAR, ZIP, dan 7Zip karena sering menjumpainya. Meskipun begitu masih ada yang belum tahu bagaimana cara membuat file RAR, ZIP, dan 7Zip serta cara membukanya.

RAR, ZIP, dan 7Zip merupakan file yang telah terkompresi atau dipadatkan sehingga ukurannya menjadi lebih kecil dari aslinya. Banyak sekali keuntungan membuat file RAR, ZIP, dan 7Zip diantaranya untuk menjaga ruang penyimpanan tetap lega.

Cara mengkompres file menjadi RAR, ZIP, dan 7ZIP mudah sekali yang penting ada aplikasi untuk mengkompres file seperti WinRar, WinZip, dan 7Zip. Ketiga aplikasi tersebut mampu menekan ukuran file yang tersimpan dalam folder menjadi lebih kecil, kemudian dibuka kembali dengan cara ekstrak. Ketika telah diekstrak maka ukurannya kembali normal seperti sebelum dikompres.

 

Keuntungan Membuat File RAR, ZIP, dan 7Zip

 

1. Ukuran File Menjadi Kecil

Seperti yang telah dijelaskan di atas, file yang dikompres ke dalam format RAR, ZIP, dan 7Zip ukurannya mengecil hingga 10 sampai 20%. Untuk menjaga ruang penyimpanan tetap lega penting sekali menyimpan dalam format RAR, ZIP, dan 7Zip.

2. Kebal Terhadap Serangan Virus

Keuntungan selanjutnya kebal terhadap serangan virus karena file di dalamnya akan dimasukkan ke dalam wadah yang aman dan tertutp. Cocok sekali untuk mengkompres aplikasi, crack, dan patch yang sering dianggap virus

3. Transfer Data Menjadi Cepat

Memasukkan banyak file ke dalam folder tertentu kemudian dikompres maka sistem akan membaca satu file sehingga transfer data seperti cut, copy, dan paste jadi lebih cepat. Ibaratnya seperti memindahkan banyak baju ke dalam mobil, ketika dipindahkan satu-persatu maka prosesnya lama namun setelah dimasukkan ke dalam koper maka cukup sekali pindah.

4. Mudah Diupload dan Download

Karena terbaca hanya satu file, maka sebesar apapun ukurannya ketika diupload jadi lebih cepat daripada tidak dikompres. Begitu juga dalam hal download yang jadi lebih mudah hanya sekali download.

5. Mengamankan File Dengan Password

Aplikasi kompres file telah dilengkapi password sebagai kemanannya. Anda dapat menambahkan password ketika mengkompres file dan password tersebut diminta ketika ekstrak file.

 

Cara Membuat RAR, ZIP, dan 7Zip

Ada tiga rekomendasi aplikasi untuk mengkompres file yaitu WinRar untuk RAR, WinZip untuk Zip, dan 7Zip untuk 7Zip. Silahkan download aplikasinya satu-persatu kemudian jalankan untuk mengkompres file yang ada di dalam komputer.

Namun dalam pembahasan kali ini TERAA.NET mencontohkan penggunaan 7Zip, untuk kedua aplikasi lainnya kurang lebih caranya sama. Tentukan file yang akan dikompres (wajib dimasukkan ke dalam folder) kemudian klik kanan > 7Zip > Add to archive hingga muncul tampilan seperti ini.

Perhatikan pada Archive format: pilih ekstensi 7zip, tar, atau zip kemudian pilih OK. Untuk menambahkan password silahkan ketik pada Encryption. Tunggu proses kompresi file hingga selesai dan lihat hasilnya.

 

Cara Ekstrak RAR, ZIP, dan 7Zip

Klik kanan pada file yang telah terkompresi kemudian pilih 7-Zip > pilih Extract to… atau Extract Here. Tunggu proses ekstrak hingga selesai kemudian lihat hasilnya.

Demikianlah informasi cara membuat file RAR, ZIP, dan 7Zip serta cara ekstrak RAR, ZIP, dan 7Zip. Selain itu masih ada satu ekstensi lagi yang perlu Anda coba yaitu file ISO. Ekstensi ini biasanya digunakan untuk menyimpan file ukuran besar seperti master sistem operasi dan aplikasi.

Baca: Cara Membuat File ISO, Membuka File ISO, dan Cara Memburningnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.